Rumahweb Blog

Tiga Tips Membangun Website Restoran Yang Menarik

Di era digital seperti sekarang, kebanyakan restoran mempunyai website sendiri untuk memasarkan produknya secara online. Namun belum terlalu banyak yang berhasil mengelola website restorannya dengan baik. Konsumen masih kesulitan menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Website restoran dianggap berhasil jika banyak menarik pengunjung menjadi pelanggan. Website tersebut sebisa mungkin dibuat sederhana, namun sarat informasi seperti nomor yang dapat dihubungi, layanan reservasi secara online, dsb. Jika Anda berhasil mengatur itu semua dengan baik, maka bersiaplah untuk memiliki restoran yang semakin ramai.

Pada artikel kali ini, Rumahweb akan membahas tentang cara membangun website yang menarik untuk memasarkan sebuah restoran.

Apa yang Membuat Website Restoran Menjadi Luar Biasa?

Jika dipersiapkan dengan sungguh-sungguh, website restoran akan tampak stylish,  informatif, dan pastinya membuat calon pelanggan menjadi betah mengikuti menu terbaik Anda. Berikut ini beberapa elemen utama yang harus disertakan di website Anda jika ingin menarik pelanggan:

  • Menu
    Biasanya pengunjung akan mencari daftar menu terlebih dahulu sebelum melihat daftar harga.
  • Gambar makanan dan suasana restoran
    Tidak ada cara yang lebih baik untuk memikat orang untuk berkunjung selain memajang foto-foto cantik dari layanan di restoran Anda.
  • Informasi kontak dan jam operasional
    Informasi kontak dan jam operasional wajib dicantumkan jika restoran Anda memerlukan reservasi

Selanjutnya, kami akan jelaskan cara yang tepat untuk memasukkan elemen-elemen di atas ke website Anda.

1. Unggah Gambar Makanan dan Lokasi Restoran

Cara ini sangat efektif untuk menarik pengunjung. Beberapa website restoran membuat kesalahan dengan hanya menampilkan menu tanpa melampirkan gambar masakannya. Terkadang mereka menyertakan banyak gambar, namun menyisipkannya dalam tautan menu sehingga sulit dilihat. Selain itu ada juga yang mengunggah gambar dengan ukuran sangat kecil dan berkualitas rendah sehingga menyulitkan pembaca melihat detailnya. Cobalah untuk menghindari beberapa hal tersebut.

Salah satu website  restoran yang bagus adalah The Monocle Cafe:

Hal pertama yang biasa dilihat ketika berkunjung ke website restoran adalah gambar dari stafnya yang ramah. Scroll kebawah sedikit terlihat lampiran menu lengkap, dengan harga dan foto yang menyertainya. Inilah kombinasi yang sempurna.

Contoh ini digunakan untuk menampilkan hidangan terbaik dan paling populer dari restoran Anda. Intinya, sertakan gambar di setiap unggahan.

2. Cantumkan Informasi Kontak

Pengunjung website sangat butuh informasi kontak. Selain itu mereka ingin tahu beberapa informasi dasar lainnya seperti alamat restoran Anda, jam operasional, dsb. Jika informasi itu sulit ditemukan, pengunjung bisa saja meninggalkan website Anda dan beralih ke website yang lain. Saran kami, sertakan semua informasi tersebut di website Anda. Jangan lupa untuk tautkan alamat website ini ke profil media sosial Anda.

Berikut ini contoh website dari The Quay yang meletakkan ikon-ikon penting diatas di bagian atas website, sehingga membuatnya menonjol

Website lain yang sangat bagus dalam menampilkan informasi kontak adalah Big Apple Hot Dogs. Bagian headernya menggunakan maps/peta yang menampilkan lokasi restoran yang membuatnya terlihat stylish dan informatif.

Saran kami, tempatkan semua detail kontak Anda di bagian atas, sehingga tidak terlewat oleh pengunjung. Namun, boleh juga diletakkan di footer dan sidebar Anda, selama Anda memastikan informasinya terlihat dari elemen website Anda yang lain.

3. Pajang Menu Anda

Cukup rumit menyertakan menu lengkap di website Anda, terutama jika Anda sering memperbarui variannya. Selain itu saat orang melihat menu, mereka juga melirik harga dan bahkan informasi nutrisi, yang menjadikannya semakin rumit untuk di desain.

Namun kerumitan ini akan berbuah manis karena dengan ini akan meningkatkan kesempatan menarik pembaca untuk berkunjung ke restoran Anda.

Ada dua kesalahan umum di website restoran saat menampilkan menu, yaitu menampilkannya sebagai PDF atau gambar, seperti pada contoh di bawah ini:

Cara seperti ini mengharuskan pembaca memiliki aplikasi eksternal untuk mengunduh dan melihat menu Anda. Ini yang jadi masalah. Di sisi lain, menggunakan gambar akan mempersulit Anda saat memperbaruinya. Sebaiknya gunakan daftar sebagai tampilan item menu Anda dan harganya, seperti yang digunakan The Quay:

Cara lainnya adalah dengan menggunakan tabel sederhana, seperti di website Giraffe World Kitchen:

Website restoran seringkali sulit untuk dibuat. Banyak restoran fokus pada hal-hal rumit demi terlihat menarik, tetapi mengabaikan hal-hal penting yang ada di dalamnya.

Sejauh yang kami ketahui, website restoran haruslah stylish dan informatif. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk menerapkan ketiga point ini saat mengolah website Anda:

  • Sertakan banyak gambar makanan dan peta lokasi Anda.
  • Tampilkan informasi kontak Anda, alamat, dan tautan media sosial.
  • Pamerkan menu Anda dalam daftar atau tabel.

Demikian artikel tentang tips membangun website restoran yang menarik dari Rumahweb.  Semoga restoran Anda semakin ramai. Untuk keperluan web hosting dan domain, percayakan selalu pada Rumahweb.

 

Berikan Komentar

RumahWeb