Rumahweb Blog
banner blog - tetap asik walau nggak mudik dengan video call

Tetap Asyik Walau Nggak Mudik Dengan Video Call

Lebaran bagi kebanyakan orang Indonesia identik dengan mudik, maaf-maafan, silaturahmi, dan kumpul dengan keluarga besar. Namun untuk lebaran tahun ini ceritanya sedikit berbeda. Ditengah pandemi covid-19, tetap berdiam diri di Rumah adalah perbuatan yang mulia. Sebisa mungkin kita tidak merepotkan mereka yang masih berjuang di Garda terdepan.

Mudik setelah lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Entah sejak kapan tradisi seperti ini dimulai, tapi hal ini sudah turun temurun dilakukan khususnya di Indonesia sendiri. Tak hanya dilakukan oleh orang yang tengah merantau di kota besar di Indonesia saja, orang yang berada di Luar Negeri pun turut menggunakan momen Idul Fitri sebagai waktu yang tepat untuk pulang ke rumah berkumpul dengan keluarga. 

Namun semua harus sadar dan paham, bahwa yang membuat seru lebaran itu bukanlah karena meriahnya perayaannya. Bukanlah karena baju baru, atau berbagai hidangan enak yang harus segera dilahap. Melainkan yang terpenting adalah semua harus membuka pintu maaf, baik dengan sesama muslim, kerabat, saudara, dan masyarakat lainnya. Karena itulah yang menjadi hakikat perayaan Idul Fitri yang tahun ini bertepatan dengan tahun 1441 H.

Untuk mengatasi rasa rindu karena sementara tidak bisa bertemu, lebaran akan tetap asyik dengan melakukan Video Call. Banyak sekali aplikasi baik yang gratis atau yang berbayar menawarkan fitur Video Call atau Video Conference. Saling sapa walau lewat video menjadi alternatif pengobat rindu pada mereka yang sedang berjarak. 

Aplikasi Video Call

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, aplikasi Video Call ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Berikut ini beberapa yang terbaik. 

WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi besutan dari Facebook. Hingga saat ini WhatsApps masih bisa dinikmati secara gratis dan juga tanpa iklan. Memiliki fitur Video Call yang bisa Anda gunakan di lebaran tahun ini. Untuk bisa saling Video Call, lawan bicara Anda harus menginstall aplikasi ini di Ponselnya terlebih dahulu. Namun aplikasi ini belum bisa digunakan untuk ramai-ramai. Kalau untuk beberapa orang saja, aplikasi ini sudah cukup untuk digunakan Video Call. 

Skype 

Skype adalah aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan juga. Bahkan skype ini pernah juga digunakan untuk wawancara online. Untuk bisa menikmati skype, Anda harus download aplikasi dan mendaftar akun terlebih dahulu. Pastikan orang yang akan Anda ajak bicara, telah menginstall aplikasi dan juga telah mendaftarkan akun. 

Google Suite

Google Suite adalah layanan yang diterbitkan oleh Google. Sebenarnya layanan ini adalah layanan email. Namun dalam perkembangannya, selain menawarkan tampilan dan fasilitas email yang mumpuni lebih dari Gmail(gratisan), Google Suite juga menawarkan fasilitas Video Conference. Fitur ini merupakan fitur yang cukup baru dari Google. Selain bisa digunakan untuk banyak partisipan, dilengkapi juga fasilitas Screen Sharing. Menariknya, orang yang akan Anda ajak silaturahmi via video tidak perlu memiliki akun Google Suite atau tanpa perlu install aplikasi. Anda cukup membagikan link Video Call yang telah Anda buat, dan silaturahmi ramai-ramai dengan keluarga besar via Video Call pun bisa dilakukan. 

Ketika Anda menggunakan layanan Google Suite, selain bisa digunakan untuk Video Call, bisa juga digunakan untuk ujian online dan sharing materi online. Ini yang banyak dicari para pengajar untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. 

Flock Mail

Flock Mail adalah layanan email yang berbayar, memiliki fitur mirip Google Suite namun biayanya lebih murah. Flock Mail menawarkan fitur Video Call dan Sharing Conference. Tanpa batasan waktu dan bisa digunakan ramai-ramai. Anda cukup membagikan link Video Call yang telah Anda buat, dan mereka para partisipannya pun tak perlu install aplikasi apa apa. 

Semoga referensi tetap menjalin silaturahmi tanpa harus mudik ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Tak lupa kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin. Semangat itu menular. Mari ceritakan pengalaman Anda dan semangat Anda untuk saling menyemangati supaya lebaran tahun ini tetap seru walau tidak mudik. Lebaran ini tidak mudik? Siapa Takut!!!

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi