Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Template Artinya

Apa itu Template? Arti, Fungsi, dan Contohnya

Jika adonan bolu kukus bisa mengembang sempurna karena bantuan cetakan adonan, maka template adalah “cetakan” yang dapat membantu Anda mengembangkan presentasi maupun konten website agar lebih menarik dengan lebih mudah.

Cetakan pada adonan dapat berfungsi untuk memaksimalkan uap air agar masuk ke sela-sela adonan, sehingga bolu dapat matang merata, begitu pula dengan cara kerja template.

Tentu saja, cetakan atau template dalam dunia internet tidak akan menghasilkan bolu kukus, muffin, apalagi cupcake. Simak penjelasan dari Rumahweb Indonesia berikut untuk mengetahui apa itu template, kekurangan, kelebihan, hingga contohnya.

Apa itu Template?

Tema dan template adalah elemen yang dapat membantu Anda untuk membuat konten agar terlihat menarik, konsisten, sekaligus bisa menghindari banyak pemformatan manual.

Tema adalah kumpulan warna, font, serta efek visual yang sudah ditentukan dan dirancang sebelumnya, yang kemudian bisa diterapkan untuk menghasilkan tampilan menarik dan profesional.

Template adalah tema ditambah beberapa konten yang memiliki tujuan tertentu, misalnya presentasi penjualan, pelajaran kelas, atau rencana bisnis. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa template adalah elemen desain hasil perkawinan antara warna, font, latar belakang, dan efek.

Dalam dunia pemrograman dikenal juga istilah web template, yakni komponen dasar dari sistem template website yang memisahkan antara bagian konten dengan bagian presentasi suatu desain website. 

Jika diibaratkan dengan membedah tahu isi, maka Anda akan menemukan kol, tauge, daun bawang, seledri, dan bahan lainnya. Pada web template, Anda bisa menemukan file HTML, CSS, serta Javascript berisi perintah desain halaman website.

Beberapa contoh perintah desain halaman website misalnya seperti pengaturan tata letak teks dan gambar yang ditayangkan, jenis serta ukuran huruf yang digunakan untuk menampilkan teks, warna background halaman website, dan masih banyak lagi.

Web template adalah perangkat pembelajaran yang fleksibel, karena pada bagian gambar dan teks pada file HTML bisa diganti dengan teks dan gambar milik Anda sendiri. Sangat memudahkan, bukan?

Template juga akan memudahkan Anda yang tidak memiliki kemampuan pemrograman website untuk tetap bisa mengembangkan website sesuai keinginan. karena memang sudah banyak web template yang dirancang khusus agar dapat dipakai untuk pemula. 

Jika Anda memiliki sedikit modal pengetahuan seputar bahasa pemrograman, Anda juga bisa mengotak-atik web template untuk membuat sebuah website dengan tampilan yang lebih menarik dan autentik.

Fungsi Template

Template adalah elemen penting dalam berbagai bidang, termasuk dunia pemrograman. Dengan template, pemula dapat turut membuat atau mengembangkan website yang menarik, tanpa perlu mempelajari berbagai bahasa pemrograman yang rumit, apalagi menjadi ahli dalam desain template.

Berikut kami rangkum fungsi-fungsi template yang penting untuk Anda ketahui:

1. Memudahkan Pekerjaan 

Pernah mendengar pepatah dari pengarang Coleman Cox, “keeping your clothes well pressed will keep you from looking hard pressed”, atau yang dapat diartikan dengan “menjaga pakaian Anda tetap rapi akan membuat Anda tidak terlihat tertekan”?

Pepatah ini juga berlaku dalam dunia pemrograman. Dengan menyusun tampilan yang rapi, pengunjung akan merasa lebih betah berlama-lama mengunjungi website Anda.

Template adalah solusi yang akan memudahkan Anda dalam membuat slide presentasi penjualan, pelajaran kelas, maupun rencana bisnis. Dalam dunia pemrograman, web template juga dapat memudahkan Anda dalam mengatur konten dengan pilihan huruf atau font yang sudah disediakan. 

Dengan adanya template, pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah. Presentasi lancar, tampilan produk pada website juga terlihat lebih menarik. Tak terlihat seperti Anda merupakan seseorang yang sedang tertekan dalam melakukan presentasi maupun menjual produk-produk Anda secara daring.

2. Membuat Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan jika Anda harus menguasai HTML, CSS, dan Javascript terlebih dahulu sebelum bisa menjual produk melalui website?

Alih-alih fokus menata lapak pada etalase online, Anda malah terjebak dalam pembelajaran bahasa pemrograman yang mungkin tidak ada korelasinya secara langsung dengan produk yang dijual.

Dengan adanya web template, Anda dapat memangkas kegiatan yang memakan banyak waktu, sehingga bisa mengalokasikan konsentrasinya terhadap hal lain yang bagi Anda lebih produktif.

3. Ragam Pilihan Sesuai Kebutuhan

Selain sangat membantu mempersingkat pekerjaan, template adalah jawaban bagi mereka yang memiliki pekerjaan lintas bidang. Beragam pilihan template yang ditawarkan tentu membuat orang-orang tak perlu lagi mendesain dari nol pada bidang yang ingin dipresentasikan. 

Kekurangan dan Kelebihan Template

Setiap hal tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. ada kelebihan. Template adalah sesuatu yang juga tidak bisa lepas dari keharusan tersebut. Berikut kekurangan dan kelebihan template:

Kekurangan Template

1. Kurang Unik

Pernahkah Anda pergi ke sebuah tempat, lalu melihat orang yang memakai baju sama persis seperti yang sedang Anda pakai? Nah, bisa diibaratkan template adalah baju yang bisa dipakai oleh siapa saja 

Maka, jangan heran jika template yang Anda pikir unik ternyata juga dipakai oleh orang lain. Tentu saja, kesamaan ini dapat membuat website Anda terlihat monoton di mata pelanggan.

Namun, tak perlu bersedih hati. Karena Anda masih bisa mengubah warna layout dan jenis teks agar, walau sedikit, setidaknya terlihat agak berbeda dengan website pengguna lain.

2. Kurang Fleksibel

Kekurangan kedua dari template adalah pada sisi fleksibilitas. Penting untuk memilih desain template yang sesuai dengan branding produk bisnis Anda, karena akan sulitnya melakukan perubahan pada  tata letak desain.

Pendek kata, Anda tidak bisa mengubah tampilan website karena dapat merusak desain template yang sudah dibuat. Meski demikian, Anda masih bisa melakukan perubahan warna, jenis teks, atau logo perusahaan.

3. Sulit Melakukan Pembaruan

Template adalah elemen yang umumnya dapat digunakan secara gratis. Sehingga, tidak perlu heran jika template yang Anda gunakan mungkin tak mendukung fitur lain yang ingin ditambahkan, dan menjadikan pembaruan sulit dilakukan.

Ditambah lagi, banyak desain template yang hanya mendukung halaman statis. Sehingga Anda akan sangat membutuhkan bantuan dari pihak pengembang bila memiliki database yang ingin diintegrasikan ke dalam situs, atau fitur interaktif lain.

Kelebihan Template

1. Hemat Anggaran

Kelebihan pertama dari template adalah menghemat anggaran. Karena Anda bisa memperoleh template menarik dengan harga murah atau bahkan gratis. Adanya template tentu dapat memangkas anggaran untuk menjalankan bisnis Anda secara online.

2. Hemat Waktu

Kelebihan kedua dari template adalah menghemat waktu dalam mengembangkan bisnis Anda secara online. Dengan adanya template, Anda cukup menyiapkan teks, gambar, informasi dan narasi yang ingin ditampilkan pada website.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan template adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin website bisnis dapat segera dioperasikan.

3. Transparansi Tampilan

Penting bagi Anda untuk memilih desain template yang sesuai dengan branding produk bisnis, karena template adalah perwakilan jati diri perusahaan.

Biasanya penyedia layanan memiliki beberapa pilihan alias katalog desain template, sehingga Anda tidak perlu membayangkan seperti apa tampilan website Anda nanti setelah template diterapkan. 

Contoh Template Web

Bagi pengguna layanan hosting di Rumahweb, Anda bisa memanfaatkan fitur website builder yang telah dilengkapi dengan berbagai template web gratis untuk membuat website secara instan.

Anda bisa mengaktifkan Weebly builder atau SitePro builder di hosting, untuk menggunakan template web secara cuma-cuma. Selain kedua website builder tersebut, Anda juga bisa menginstall CMS seperti WordPress yang template gratisnya dapat ditemukan dengan mudah diinternet.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat website secara instan, berikut penjelasan dan contoh template web yang bisa Anda dapatkan di web builder Rumahweb.

1. Weebly

Weebly adalah salah satu website builder yang dapat Anda aktifkan secara gratis di Rumahweb. Walaupun diaktifkan secara gratis, namun pilihan template Weebly akan sama dengan versi berbayar.

Ada setidaknya 60 template lebih yang bisa Anda gunakan untuk membuat website secara instan di Weebly. Lalu seperti apa itu template di Weebly? Berikut contoh template web Weebly builder yang bisa anda gunakan:

Contoh Template Web dari weebly

Anda bisa memilih satu diantara template-template yang telah disediakan. Untuk mengaktifkan Weebly, pastikan layanan hosting Anda telah aktif sebelumnya. Lalu, Anda bisa mengaktifkan weebly melalui Clientzone dengan panduan berikut.

Anda juga dapat menonton tutorial pembuatan website menggunakan Weebly melalui channel rumahwebtv

2. SitePro

Senada dengan Weebly, SitePro juga merupakan salah satu platform untuk membuat website secara instan. Sehingga Anda tidak harus memiliki keahlian scripting terlebih dahulu untuk bisa membuat sebuah website profesional. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan layanan SitePro, pilih tema, edit website dan publish. Sangat cepat dan mudah, bukan?

Jika dibandingkan dengan Weebly, SitePro memiliki pilihan template yang lebih banyak dengan berbagai konsep yang ditawarkan. Hal ini juga yang membuat Rumahweb lebih memilih SitePro builder untuk jasa pembuatan website instan.

Lalu seperti apa itu template di SitePro? Berikut beberapa contoh template yang bisa Anda gunakan di SitePro.

Bagi pengguna layanan shared hosting, unlimited hosting dan cloud hosting, Anda bisa mengaktifkan fitur SitePro melalui Clientzone dengan panduan berikut.

Untuk memudahkan Anda dalam menggunakan layanan SitePro, Anda juga bisa melihat video yang telah kami buat melalui Rumahwebtv.

3. WordPress

Di antara tiga contoh platform web builder yang dipaparkan pada bagian ini, tentu Anda paling familiar dengan WordPress. Hal tersebut beralasan, karena saat ini lebih dari 40% website yang ada di Internet dibuat dengan WordPress. Sehingga ketika Anda mengunjungi empat website, setidaknya ada satu di antaranya yang dibuat dan dikelola menggunakan WordPress.

Sebagai platform yang paling banyak dipakai, WordPress menyediakan banyak template gratis yang dapat Anda gunakan dan temukan di sini. Selain itu, tersedia juga banyak template Premium yang bisa Anda beli dengan harga yang cukup mahal.

Namun bagi Anda pengguna layanan hosting di Rumahweb, tersedia beberapa theme premium gratis yang bisa Anda klaim. Penjelasan detail tentang plugin dan theme WordPress Premium gratis bisa Anda simak melalui artikel yang telah kami publikasi sebelumnya.

Itulah penjelasan dari Rumahweb tentang apa itu template, fungsi, kelebihan, kekurangan, serta contoh template yang bisa digunakan. Semoga membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 11

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb