Rumahweb Blog
banner artikel - Request artinya adalah

Arti Request dalam Berbagai Bidang beserta Contohnya

Meski sudah mulai banyak digunakan, mungkin masih ada yang ingin tahu lebih jauh tentang request artinya apa. Kata ini tak hanya lagi ada di bangku sekolah saat Anda belajar Bahasa Inggris. Kini, percakapan sehari-hari pun tak jarang menggunakan kata request

Request artinya sangat beragam, tergantung dari konteks kalimat yang digunakan. Oleh karena itu, Rumahweb akan mengulas seputar request, artinya, beserta contoh kalimatnya. 

Arti Request

Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, request artinya permintaan atau permohonan. Menurut dictionary.com, request adalah meminta sesuatu untuk diberikan atau dilakukan (biasanya) secara sopan atau formal.

Anda beberapa sinonim dari kata request, misalnya, appeal, application, demand, desire, offer, asking, begging, dan lain sebagainya. Meski memiliki arti yang serupa, namun penggunaan kata-kata tersebut tetap disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Nyatanya, request tidak hanya ada di media sosial saja, tetapi juga di berbagai bidang lain. 

Request dalam Berbagai Bidang

IT

Dalam dunia IT, ada istilah HTTP Request. HTTP Request artinya proses saat server membaca apa yang dikirimkan klien melalui aplikasi web server. Permintaan dari klien tersebut kemudian direspon dan dikirimkan kembali kepada mereka. Hal ini disebut dengan HTTP Response.

Selain HTTP Request, di bidang IT juga dikenal RTO. RTO atau Request Time Out artinya komputer server tidak merespons atau menjawa permintaan klien setelah beberapa saat.

Baca juga artikel: Apa itu Reminder? Arti, Jenis dan Contoh yang Tepat

Media Sosial

Kata request juga semakin populer terutama di media sosial. Misalnya friend request, message request, dan request saat live di Instagram. Friend request artinya permintaan pertemanan, di mana ada orang yang ingin berteman dengan Anda di platform tersebut.

Sedangkan message request adalah permintaan untuk dapat mengirimkan pesan. Biasanya, permintaan ini muncul dari orang atau akun lain yang belum berteman dengan Anda di platform tersebut.

Istilah request terbaru ada pada tombol “request” saat menonton live Instagram seseorang. Tombol tersebut berguna untuk memberitahu pemilik akun yang sedang live bahwa Anda ingin bergabung (join) dengannya.

Bahasa Milenial/Bahasa Gaul

Dalam bahasa gaul, request sering disingkat penulisannya menjadi req. Bagi kaum millennial, singkatan ini biasa digunakan untuk mengajukan permohonan atau permintaan yang bersifat informal, misalnya minta diputarkan lagu tertentu.

Selain penulisannya yang disingkat, ada pula istilah “by request” yang sering digunakan. By request artinya berdasarkan permintaan. Hal ini biasanya menjadi catatan atau note. Entah itu saat memesan makanan dengan permintaan khusus, dan lainnya.

Contoh Kalimat Request yang Tepat

Agar Anda semakin memahami kata request ini, berikut Rumahweb lampirkan contoh penggunaan kata request yang tepat dalam sebuah kalimat. Perlu diketahui, ketika Anda ingin meminta, Anda tak harus mencantumkan kata request di dalam kalimat.

Anda bisa meminta sesuatu secara sopan dengan menggunakan kata can, could, would you mind if, dan may. Sedangkan jika Anda ingin meminta seseorang melakukan sesuatu, Anda bisa menggunakan kata would you, could you, dan diakhiri kata please agar semakin sopan. Berikut contohnya:

  1. Could you turn off the light, please?
    Bisa tolong matikan lampunya?
  1. Would you mind buying the apples before coming home?
    Maukah Anda membeli apel sebelum pulang?
  1. Would you dance with me?
    Maukah Anda menari bersamaku?
  1. Please buy me some snacks.
    Tolong belikan aku beberapa makanan ringan.
  1. He sang my favorite song by request.
    Dia menyanyikan lagu favoritku berdasarkan permintaan.

Kesimpulan

Secara umum, request artinya permohonan atau permintaan. Sedangkan secara bahasa request adalah meminta sesuatu untuk diberikan atau dilakukan (biasanya) secara sopan atau formal. Namun, arti ini juga dapat bergantung pada makna keseluruhan kalimat.

Itulah penjelasan mengenai request, dan juga contohnya dalam kalimat. Semoga semakin menambah wawasan Anda!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing