Rumahweb Blog
Banner - Apa itu RAM adalah

Apa itu RAM? Arti, Fungsi, hingga Perbedaannya dengan ROM

ROM dan RAM adalah media penyimpanan yang digunakan pada komputer dan gadget. Meskipun secara istilah hampir sama, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Simak penjelasan lengkap tentang apa itu RAM hingga perbedaannya dengan ROM pada artikel berikut ini!

Ketika kita akan membeli handphone atau komputer, biasanya akan tertera informasi di box terkait kapasitas ROM dan RAM yang Anda dapatkan. Namun terkadang, kedua istilah ini membuat sebagian orang bingung karena kemiripan nama dan fungsinya.

Secara sederhana, ROM bisa diartikan sebagai harddisk, yaitu tempat penyimpanan data secara permanen. Sedangkan RAM adalah hardware yang berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara. 

Lalu, penyimpanan seperti apa yang berjalan di RAM dan bagaimana cara kerjanya? Pada panduan ini, kami akan menjelaskan secara detail apa itu RAM dan perbedaannya dengan ROM. Berikut informasi selengkapnya.

Arti dan Kepanjangan RAM

Random Access Memory, atau yang disingkat menjadi RAM adalah hardware yang berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara.

Penyimpanan data sementara adalah semua aplikasi atau program berjalan, yang akan disimpan sementara waktu ke dalam RAM, sebelum nantinya data tersimpan secara permanen ke dalam harddisk

Untuk memudahkan Anda dalam memahami apa itu RAM, kami akan memberikan analogi sederhana berikut:

Ketika Anda ingin membuat surat melalui aplikasi Microsoft Word. Ketika Anda membuka aplikasi tersebut lalu mulai menulis, secara otomatis tulisan-tulisan yang Anda buat akan tersimpan sementara waktu di RAM. Sampai nanti akhirnya Anda akan menyimpan surat tersebut di hard disk atau penyimpanan utama.

Bayangkan jika tidak ada RAM, tulisan yang Anda buat secara otomatis akan hilang dan tentu Anda tidak akan pernah menyelesaikan surat tersebut. Hal ini disebabkan karena tidak adanya perangkat yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara, sehingga semua tulisan-tulisan anda hilang bersama kenangan. 

Baca juga artikel: Apa itu Cache Memory dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Tidak hanya digunakan untuk menyimpan data sementara, RAM juga berfungsi untuk membantu CPU dalam memproses aplikasi yang berjalan. Sebagai contoh, proses penyimpanan data, menjalankan aplikasi tertentu hingga proses rendering video, semua membutuhkan RAM. 

RAM dapat memproses informasi jauh lebih cepat hingga 100 kali lipat, jika dibandingkan dengan pengambilan data pada harddisk. Namun, angka ini juga tergantung pada perangkat keras dan task yang dilakukan. 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa semakin besar nilai RAM pada sebuah perangkat, maka akan semakin cepat pula perangkat tersebut memproses sebuah data atau aplikasi yang berjalan.

Fungsi RAM

RAM adalah salah satu hardware yang pasti ada disetiap perangkat. Tanpa RAM, perangkat pintar menjadi “bodoh: karena tidak dapat berjalan seperti seharusnya. Berikut beberapa fungsi RAM yang perlu Anda ketahui:

1. Membaca File

Fungsi pertama RAM adalah untuk membaca file. Harddisk komputer Anda menyimpan data dalam jumlah besar. Besarnya data yang disimpan ini tentu dapat berakibat pada melambatnya kinerja harddisk.

Misalnya, ketika Anda ingin mengambil file di harddisk. Anda harus mencari file tersebut di komputer, yang akan memakan banyak waktu, karena semua data di hardisk tersebar ke dalam berbagai folder dan subfolder.

Saat Anda mencari data di komputer, harddisk komputer Anda akan berputar ribuan putaran per menit, yang dapat menyebabkan penundaan.

Untuk mempersingkat waktu, sistem komputer akan menyimpan data apapun untuk pertama kali di RAM, sehingga RAM komputer akan membaca dan memuat data lebih cepat daripada harddisk.

2. Penyimpanan Sementara

Fungsi kedua dari RAM adalah sebagai tempat penyimpanan sementara. Setelah Anda membuka atau mengedit file komputer, RAM akan menyimpan data tersebut secara sementara.

RAM juga akan menyimpan data yang digunakan secara tidak sengaja dari program atau file yang sedang digunakan berulang kali di sistem komputer Anda. Dengan demikian, ketika Anda mencoba mengakses kembali data tersebut, maka data yang akan diproses pertama kali adalah yang berasal dari RAM.

RAM adalah media penyimpanan sementara yang hanya menyimpan program dan file yang digunakan berulang kali, dan akan menghapus program atau file lain yang tidak digunakan.

3. Mempercepat Pengelolaan Data

Fungsi terakhir RAM adalah untuk membantu membuat data agar lebih cepat diakses. Sebagai contoh, ketika Anda membuka aplikasi Microsoft Excel di komputer lalu menerapkan rumus di kolom atau baris tertentu. 

Selanjutnya, Anda ingin mengimplementasikan rumus tersebut ke baris atau kolom yang lainnya dengan cepat. Nah, di sini RAM berfungsi untuk membantu aplikasi dapat memproses data Anda dengan cepat.

Dengan RAM, rumus dapat diterapkan secara cepat walaupun diterapkan pada puluhan atau bahkan ratusan baris. 

Sebenarnya tidak hanya pada satu aplikasi saja. RAM juga mampu menyimpan dan memuat data lain secara bersamaan dan dalam jumlah besar. Seberapa besar data yang mampu dimuat atau disimpan tergantung juga dari kapasitas RAM yang digunakan.

Perbedaan RAM dan ROM

ROM atau Read-Only Memory adalah bentuk memori yang dapat dibaca oleh komputer, tetapi tidak dapat ditulis ulang. ROM mengacu pada chip memori komputer yang berisi data permanen atau semi permanen. Tidak seperti RAM yang hanya menyimpan data secara sementara, isi ROM akan selalu ada.

Hampir setiap komputer dilengkapi dengan sejumlah kecil ROM berisi firmware boot yang terdiri atas beberapa kilobyte kode untuk memberitahu komputer apa yang harus dilakukan ketika dinyalakan.

Sebagai contoh, firmware boot BIOS yang akan menjalankan diagnostik perangkat keras dan memuat sistem operasi ke dalam RAM.

Awalnya, ROM hanya bisa membaca file sesuai dengan namanya. Jika ingin memperbarui program dalam ROM, maka Anda harus menghapus dan mengganti chip ROM secara fisik.

Namun pada versi ROM kontemporer, Anda bisa melakukan beberapa penulisan ulang secara terbatas, sehingga Anda dapat meningkatkan firmware, seperti BIOS, dengan menggunakan perangkat lunak penginstalan. 

Beberapa jenis chip ROM yang dapat ditulis ulang adalah PROM (Programmable Read-Only Memory), EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory), EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory), dan variasi umum EEPROM yang disebut flash memory.

BACA JUGA : Apa Itu PC (Personal Computer) serta Komponennya

Apa itu RAM pada Hosting

Pada dasarnya, cara kerja dan fungsi RAM di hosting dengan di komputer/laptop sama. Jika di komputer atau laptop RAM membantu menjalankan program atau aplikasi desktop, maka RAM di hosting membantu mempercepat loading website serta menjalankan aplikasi berbasis website.

Ada beberapa manfaat RAM di Hosting, seperti:

  1. Sebagai media penyimpanan data sementara.
  2. Mempercepat loading website atau aplikasi ketika diakses.
  3. Memudahkan user dalam mengedit atau mengelola websitenya.
  4. Meningkatkan user experience ketika mengakses atau mengelola websitenya.

Rumahweb menyediakan layanan hosting murah dengan kapasitas RAM mulai dari 512MB hingga 3GB. Sedangkan bagi Anda yang membutuhkan RAM lebih besar, maka Anda bisa menggunakan layanan Cloud Hosting yang menyediakan Dedicated Resource RAM hingga 16GB.

Cloud Hosting - dedicated CPU dan RAM pada hosting

Sebelum memilih hosting, kenali kebutuhan resource aplikasi atau website yang akan Anda buat, agar website dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh Anda ingin membuat toko online atau berita online yang posting setiap jam, maka kami sarankan Anda untuk memilih paket Cloud hosting yang telah menggunakan dedicated resource.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka perbedaan mendasar dari RAM dan ROM yakni, RAM adalah media penyimpanan data secara sementara yang dapat dimodifikasi kapanpun sedangkan ROM adalah chip memori yang berisi data permanen atau semi permanen.

Itulah penjelasan dari Rumahweb Indonesia mengenai RAM, fungsinya, hingga perbedaan RAM dengan ROM. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memahami kedua media penyimpanan ini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Fredric Lesomar