Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Python adalah

Apa Itu Python? Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Contohnya

Python adalah bahasa pemrograman yang powerful, cepat, mudah dipelajari, dapat dikolaborasikan dengan bahasa pemrograman lain, dan juga gratis. Temukan informasi mengenai apa itu Python, pengertian, fungsi, hingga contohnya di artikel berikut!

Python adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh programmer asal Belanda, Guido van Rossum, pada 1991. Saat itu, van Rossum bermaksud mengisi libur Natalnya dengan menciptakan sebuah bahasa pemrograman.

Siapa sangka, bahasa pemrograman yang ia ciptakan kala itu bisa menjadi besar dan banyak digunakan hingga sekarang. Salah satu alasannya adalah karena Python dinilai dapat membantu dalam banyak aspek.

Apa itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman populer yang dapat digunakan untuk berbagai hal, mulai dari membangun website, menganalisis data, scripting, hingga pembuatan game

Python adalah bahasa pemrograman yang bersifat open source, sehingga Anda dapat menggunakannya secara gratis. Bahkan, Anda pun bisa ikut berkolaborasi untuk pengembangannya.

Sebagian besar programmer tentu setuju dengan pernyataan bahwa Python adalah bahasa pemrograman yang interpretatif dan multiguna. Sintaksnya mudah dibaca dan dipahami, sehingga pemula pun bisa dengan mudah mempelajarinya.

Fungsi

Setelah mengetahui apa itu Python yang merupakan bahasa pemrograman multifungsi, selanjutnya kami akan membahas tentang fungsinya.

1. Aplikasi Berbasis Web, Mobile, dan Desktop

Python dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi berbasis website, mobile, maupun desktop. Namun dalam proses pembangunan dan pengembangannya, Anda membutuhkan bantuan Framework.

Framework adalah kerangka kerja yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web, mobile, atau desktop. Dengan Framework, Anda dapat menciptakan aplikasi yang tersusun secara rapi, terstruktur, dan efisien.

Contoh Framework Python
Aplikasi WebFlask, Pyramid, Django, CherryPy
Aplikasi MobilePython for Android, pyqtdeploy, Kivy, BeeWare
Aplikasi DesktopPyGUI, PyQt5, Tkinter, wxPython

2. Data Science

Python juga dapat digunakan untuk mengolah hal-hal yang berkaitan dengan data (data science). Python adalah bahasa pemrograman yang akan memudahkan data scientist dalam mengekstraksi, membersihkan, hingga memvisualisasikan data dengan mudah. 
Data scientist menjadi profesi yang banyak diminati karena semakin banyak perusahaan yang mencari ahli dalam pengolahan data. Python dapat dipilih karena lebih fleksibel dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.

Beberapa library khusus di Python yang digunakan untuk data science antara lain, Numpy, Pandas, dan Matplotlib.

3. Data Analysis

Data analysis masih memiliki keterkaitan dengan data science yang telah dibahas sebelumnya. Bahkan, library yang digunakan pun masih sama.

Perbedaannya adalah pada data analysis, Python digunakan untuk menganalisis data yang dihasilkan agar menjadi informasi yang lebih bermanfaat.

4. Machine Learning

Apakah Anda tahu apa itu machine learning? Sederhananya, machine learning adalah sistem yang dibuat supaya mesin dapat belajar sendiri, tanpa perlu diprogram berulang kali.

Python menjadi salah satu opsi tepat untuk membuat sistem machine learning karena dinilai sederhana, mudah dimengerti, fleksibel, efisien, dan multi-implementasi.
Banyak perusahaan yang menggunakan Python karena dapat memudahkan dalam pengembangan sistem, memudahkan pekerjaan, dan juga mampu menganalisis data dengan cepat dan akurat.

Beberapa Library Python yang bisa digunakan untuk machine learning di antaranya seperti, Scikit-Learn, Keras, dan TensorFlow.

5. Artificial Intelligence

Berbicara soal Artificial Intelligence (AI), pasti Anda terbayang dengan teknologi robot yang menyerupai manusia. Apakah itu benar? Sederhananya, artificial intelligence menjadi simulasi kecerdasan yang dilakukan oleh mesin, agar mampu berpikir seperti manusia.  

Sebagai contoh, dahulu ada aplikasi catur yang bisa mengalahkan juara dunia catur. Mungkin, si pembuat aplikasi tidak terlalu mahir dalam bermain catur, tapi dengan pemrograman yang tepat, aplikasi catur miliknya bisa mengalahkan juara catur dunia.

Library Python yang digunakan untuk machine learning juga bisa digunakan untuk mengembangkan artificial intelligence. Anda juga dapat menggunakan Library yang secara khusus digunakan untuk artificial intelligence, seperti PyTorch.

6. Robotics

Robot adalah cermin nyata dari teknologi yang terus berkembang. Python adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk pengembangan teknologi robot ini.

Salah satu contoh penggunaan Python dalam teknologi robot adalah Trash Collector. Robot Trash Collector mampu mendeteksi sampah, memungut, dan meletakkannya di tempat yang tepat.

Trash Collector dibuat menggunakan Raspberry Pi, hasil pengembangan Python. Selain itu, robot ini juga menggunakan framework untuk robotika, PyRobot.

Kelebihan dan Kekurangan Python

Python adalah bahasa pemrograman yang multifungsi dan dapat digunakan di berbagai bidang. Jadi, tidak mengherankan jika banyak perusahaan besar, seperti Instagram, YouTube, Google, Facebook, Netflix, hingga Spotify menggunakannya.

Namun, Python tetap sama seperti bahasa pemrograman lain yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Python yang perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan!

Kelebihan Python

1. Mudah Dipelajari

Hal ini bisa dilihat dengan jelas dari kode program yang dibuat: simple, mudah dibaca, mudah dipahami, dan juga mudah dikembangkan. Dengan Python, Anda dapat membuat aplikasi sesuai kebutuhan.

2. Meningkatkan Produktivitas Developer

Dengan banyaknya pilihan library dan sintaks kode yang mudah dibaca dan dipahami, para developer dapat menjadi lebih produktif. Tidak perlu menghabiskan banyak waktu, keleluasaan bisa didapatkan saat menggunakan Python.

3. Fleksibel

Python dapat diintegrasikan dengan berbagai bahasa pemrograman lain. Dengan kelebihan ini, Anda dapat bekerja lintas platform dengan mudah. Tentunya hal ini akan membantu pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih efisien dan maksimal.

4. Mendukung IoT

Internet of Things, atau biasa disingkat IoT, juga dapat dikembangkan dengan bahasa pemrograman Python.

Saat ini, proses pengiriman data tidak lagi harus menggunakan perangkat komputer. Sebagai contoh, Anda menggunakan metode pembayaran cashless dengan QR Code (Quick Response) saat berbelanja.

Python berperan membuat proses transfer data lebih mudah, cukup dengan koneksi internet saja.

5. Memiliki Banyak Library

Python adalah bahasa pemrograman dengan pilihan Library yang luas dan beragam. Ada berbagai modul yang siap digunakan untuk berbagai keperluan, seperti regular expressions, documentation-generation, unit-testing, databases, CGI, email, dan masih banyak lagi.

Banyaknya library ini tentu dapat membuat pekerjaan Anda jauh lebih efisien. Jadi, Anda tidak perlu menuliskan kode secara lengkap dan manual yang akan menyita waktu dan menyulitkan proses maintenance.

6. Bersifat Open Source

Satu lagi kelebihan Python yang semakin membuat banyak orang memilih untuk menggunakannya adalah bahasa pemrograman ini bersifat open source. Artinya, Anda tidak perlu membayar untuk bisa menggunakannya, alias gratis!

Anda bisa membangun aplikasi baik untuk keperluan pribadi atau untuk tujuan komersil tanpa perlu membayar royalti pada pengembang Python.

Kekurangan Python

1. Kurang Populer untuk Pembuatan Mobile Apps

Masih sedikit programmer yang berpengalaman dalam menggunakan Python untuk pembangunan mobile apps. Jadi, jika Anda berencana membuat mobile apps menggunakan Python, mungkin Anda akan sulit menemukan orang yang benar-benar ahli.

2. Membutuhkan Banyak Memory

Python adalah bahasa pemrograman yang fleksibel. Namun, kelebihan ini menjadikannya membutuhkan banyak memory untuk beroperasi, hingga membuat ​​Memory Intensive Task-nya cukup tinggi.

3. Multiprocessing

Multiprocessing adalah istilah yang merujuk pada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan serentak. Python mendukung kemampuan untuk multiprocessing, namun tidak sebaik bahasa pemrograman lain. 

4. Kecepatan

Kecepatan proses Python belum sebaik bahasa pemrograman kompilasi lain, seperti C dan C++. Namun hal ini juga tentu tergantung dari banyaknya program dan perintah yang dieksekusi.

Cara Install Python di cPanel

Saat ini, Anda tidak hanya bisa menggunakan Python di layanan VPS saja. Anda bahkan bisa men-deploy Python pada paket shared hosting!

Namun, tidak sembarang paket hosting bisa digunakan untuk men-deploy Python. Anda membutuhkan paket hosting dengan teknologi tinggi, serta menyediakan alokasi sumber daya yang besar.

Di Rumahweb, kami menyediakan paket shared hosting yang bisa digunakan untuk deploy Python. Anda bisa menggunakan paket Medium yang menjadi merupakan paket standar untuk memulai program Python.

Berikut ini adalah langkah instalasi Python di cPanel Hosting Rumahweb

  1. Login ke cPanel Anda > klik menu Setup Python App.
menu setup python di cpanel - apa itu python adalah
  1. Klik tombol Create Applications untuk melakukan deploy Python.
Create Applications - apa itu python adalah
  1. Isi field konfigurasi sesuai dengan aplikasi yang dibuat.
konfigurasi python di cpanel - apa itu python adalah

Pada field tersebut, Anda dapat mengisi :

  • Python version : versi Python yang Anda butuhkan.
  • Application root : nama direktori tempat aplikasi Python dibuat.
  • Application URL : URL aplikasi di mana nanti Python akan diakses. Apabila Anda ingin mengaksesnya menggunakan domain, maka kosongkan field tersebut.

Field lainnya dapat Anda kosongkan saja. Lanjutkan dengan klik tombol CREATE. Setelah berhasil, akan muncul tampilan berikut.

aplikasi python di cpanel
  1. Terakhir, akses alamat website Anda melalui browser untuk memastikan Python telah berhasil diinstal.

Setelah selesai melakukan deploy Python melalui cPanel hosting, selanjutnya anda dapat menginstall framework Python sesuai dengan jenis program yang akan dibuat. Kunjungi artikel baca artikel berikut untuk informasi lebih lanjut: Cara Deploy Python di cPanel Hosting

Tipe Data Python 

Seperti bahasa pemrograman yang lain, Python juga memiliki tipe data, yakni suatu media untuk menampung informasi pada memori komputer. Ada apa saja tipe data di Python?

Tipe DataContohPenjelasan
BooleanTrue atau FalseMenentukan kondisi benar True dengan nilai 1 atau salah False dengan nilai 0.
String“Websiteku keren”Menyatakan kalimat atau karakter. Dalam penggunaannya menggunakan tanda petik dua atau petik satu “Websiteku keren” atau ‘Websiteku keren’
Integer14 atau 376Menyatakan bilangan bulat.
Float3.14 Menyatakan bilangan desimal.
Hexadecimal9a atau 1d3Menyatakan bilangan dalam format heksa (bilangan berbasis 16).
Complex1 + 5j Menyatakan pasangan angka real dan imajiner. 
List[‘xyz’, 786, 2.23]Menyatakan data untaian yang menyimpan berbagai tipe data dan isinya bisa diubah-ubah
Tuple(‘xyz’, 768, 2.23)Menyatakan data untaian yang menyimpan berbagai tipe data tapi isinya tidak bisa diubah.
Dictionary{‘nama’: ‘adi’,’id’:2}Menyatakan data untaian yang menyimpan berbagai tipe data berupa pasangan penunjuk dan nilai.

Contoh Program Sederhana Python

Setelah mengenal apa itu Python, fungsi, kelebihan, kekurangan, hingga cara instalasinya di cPanel hosting, belum lengkap rasanya bila belum mencoba langsung cara menulis program menggunakan Python.

Pada bagian ini, kami akan mendemokan cara membuat program sederhana menggunakan Python:

1. Membuat Program Hello World

Hello World adalah program pertama yang selalu menjadi contoh dalam membuat bahasa pemrograman pertama kali. Setiap bahasa pemrograman memiliki standarisasi sendiri dalam penulisan sintaksnya.

Pada Python, untuk menampilkan tulisan “Hello World” menggunakan perintah Print dapat dilakukan dengan sintaks berikut:
print(‘Hello World!’)

Berikut ini hasilnya bila sudah dijalankan:

2. Membuat Program Penjumlahan

Demo selanjutnya adalah membuat program penjumlahan. Program ini menggunakan fungsi input untuk masukannya. Fungsi input ini akan dibaca String oleh komputer, sehingga Anda perlu mengonversinya menjadi angka menggunakan tipe data Integer agar bisa dijumlahkan.

  1. Memasukkan Inputan Angka
number1 = input('Tulis angka pertama: ')
number2 = input('Tulis angka kedua: ')
  1. Mengkonversi Angka lalu Menjumlahkannya
sum = int(number1) + int(number2)
  1. Menampilkan Hasil Penjumlahan
print('Hasil Penjumlahan {0} dan {1} adalah {2}'.format(number1, number2, sum))

Ketika program dijalankan, maka akan tampil tampilan berikut:

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai bahasa pemrograman Python. Selain menggunakan bahasa pemrograman yang tepat, Anda juga perlu memilih layanan hosting andalan untuk membantu Anda mewujudkan program dan aplikasi idaman.

Bila Anda sudah siap untuk membuat program menggunakan Python, pastikan Anda memesan layanan shared hosting atau VPS yang terpercaya di Rumahweb!

Python adalah bahasa pemrograman yang powerful, mudah dipelajari, dapat dikolaborasikan dengan bahasa pemrograman lain, dan tentunya, gratis. Tertarik untuk menggunakan bahasa pemrograman satu ini?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 13

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Anggit Puguh