Rumahweb Blog
Banner - Program ELS dari cPanel

Program ELS dari cPanel untuk OS Centos 7 dan Cloudlinux 7

Program ELS (Extended Lifecycle Support) dari cPanel adalah layanan tambahan yang menyediakan pembaruan keamanan dan perbaikan untuk server yang masih menjalankan OS yang sudah mencapai tahap End of Life (EOL). Jadi, apa sebenarnya program ELS dari cPanel dan siapa saja yang membutuhkannya? Mari simak penjelasannya lebih lanjut dalam artikel ini.

cPanel secara resmi telah menghentikan dukungan untuk server dengan OS CentOS 7 dan CloudLinux 7 pada tanggal 30 Juni 2024. Dengan berakhirnya dukungan ini, cPanel tidak lagi menyediakan pembaruan resmi maupun perbaikan keamanan untuk kedua sistem operasi tersebut.

Efek dari tidak adanya dukungan atau pembaruan keamanan adalah meningkatnya kerentanan dari sisi keamanan. Namun, bagi Anda yang masih menggunakan kedua OS tersebut dengan cPanel sebagai control panel web hosting di server, cPanel menyediakan dukungan keamanan tambahan melalui program ELS.

Apa itu ELS dari cPanel

ELS adalah singkatan dari Extended Lifecycle Support, yaitu sebuah program dukungan tambahan yang diberikan cPanel. Program ini ditujukan kepada pengguna cPanel yang masih menggunakan OS Centos 7 dan OS Cloudlinux 7.

Program ini berjalan mulai 1 Juli 2024 hingga 1 Januari 2026 (sekitar 2 Tahun). Dengan adanya program ELS cPanel, dapat memberikan keuntungan terutama pada sisi pembaruan keamanan untuk mencegah potensi masalah keamanan.

Walaupun adanya program ELS dari cPanel, sangat disarankan untuk ke depannya melakukan migrasi ke OS yang masih didukung. Seperti migrasi ke OS Almalinux 9 atau Cloudlinux 8. Migrasi data memang akan memerlukan waktu, terutama jika data yang dimiliki sangatlah besar. Namun lebih baik untuk tetap melakukan migrasi OS terbaru agar tetap mendapatkan dukungan keamanan.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Manfaat Program ELS dari cPanel

Seperti yang kita ketahui, dukungan cPanel untuk CentOS 7 dan CloudLinux 7 telah berakhir. Namun, untuk tetap menerima pembaruan dari cPanel pada OS tersebut, Anda dapat memanfaatkan Program ELS dari cPanel yang menawarkan beberapa keunggulan berikut:

1. Pembaruan keamanan

Dengan layanan ELS cPanel (Extended Lifecycle Support) memungkinkan Anda masih dapat menerima pembaruan keamanan yang diberikan oleh cPanel khususnya untuk OS yang statusnya sudah EOL seperti Centos 7 dan Cloudlinux 7. Pembaruan keamanan ini memberikan Anda perlindungan dari potensi celah keamanan.

2. Dukungan

cPanel juga akan tetap memberikan dukungan kepada pengguna layanan ELS cPanel, khususnya untuk lisensi cPanel yang berjalan di Centos 7 dan Cloudlinux 7 pada cPanel versi 110.

3. Transisi yang lebih halus

Program layanan ELS cPanel (Extended Lifecycle Support) memberikan waktu lebih kepada Anda untuk mulai merencanakan migrasi ke OS terbaru. Selain itu, Anda juga memiliki waktu untuk melakukan eksplorasi pada OS terbaru.

Biaya Program ELS dari cPanel

Program ELS (Extended Lifecycle Support) dikenakan biaya sebesar 20% dari harga lisensi cPanel/Plesk bagi pengguna dengan OS yang sudah tidak lagi didukung, seperti CloudLinux 7 atau CentOS 7. Program ini akan dimulai pada Juli 2024.

Selain itu, cPanel/Plesk berencana menaikkan harga ELS pada Januari 2025 jika pengguna belum memperbarui OS mereka ke versi yang masih didukung, seperti AlmaLinux atau Ubuntu 22. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna segera memperbarui OS server ke versi terbaru untuk menghindari biaya tambahan dari ELS.

Migrasi yang Aman

Migrasi data dari OS lama memang memerlukan waktu. Namun, cPanel telah memberikan 3 opsi migrasi yang aman untuk dapat digunakan. Berikut diantaranya:

Opsi 1. Transfer Tools

cPanel menyediakan alat migrasi yang aman dan efisien untuk membantu memindahkan data dari OS lama ke OS baru, yaitu Transfer Tools yang tersedia di WHM.

Dengan menggunakan Transfer Tools, proses migrasi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjamin keamanannya. Alat ini dirancang khusus untuk memastikan data tetap utuh dan minim risiko kesalahan.

Anda bisa memigrasi seluruh akun hosting, termasuk file, basis data, dan konfigurasi, dengan hanya beberapa klik, menjadikan migrasi server jauh lebih sederhana. Dengan solusi ini, Anda dapat memastikan transisi ke OS baru berjalan lancar tanpa mengganggu operasional server.

Opsi 2. cPanel Elevate Project

cPanel juga memberikan sebuah fitur bernama cPanel Elevate Project. Dimana proses migrasi OS dilakukan langsung di antara RHEL 7 dan RHEL 8.

Resiko kegagalan dalam migrasi tetap ada, sebaiknya Anda sudah membaca dengan detail atau mencari referensi terlebih dahulu mengenai cPanel Elevate Project sebelum mulai menggunakan opsi ini.

Opsi 3. ELS (Extended Lifecycle Support)

Menggunakan layanan ELS cPanel (Extended Lifecycle Support) memungkinkan Anda tetap menggunakan OS CentOS 7 atau CloudLinux 7 di cPanel versi 110 sambil terus menerima pembaruan keamanan dari cPanel.

Namun, perlu diingat bahwa program ELS cPanel hanya berlangsung selama 2 tahun, hingga 1 Januari 2026. Oleh karena itu, Anda masih memiliki waktu untuk melakukan upgrade ke OS yang lebih baru sebelum dukungan berakhir.

Kesimpulan

Program ELS cPanel memberikan dukungan tambahan berupa pembaruan keamanan bagi pengguna CentOS 7 dan CloudLinux 7 hingga 1 Januari 2026, meskipun masa dukungan resmi telah berakhir.

Namun, untuk jangka panjang, disarankan agar pengguna segera meng-upgrade OS ke versi yang masih didukung, seperti AlmaLinux 9 atau CloudLinux 8, guna memastikan keamanan dan performa server tetap optimal.

Seperti halnya keamanan rumah agar tidak kehilangan data berharga, upgrade OS ke versi terbaru yang masih mendapatkan dukungan juga merupakan cara untuk tetap menjaga data berharga agar tidak hilang dan rusak karena celah keamanan.

Demikianlah artikel Rumahweb mengenai Program ELS dari cPanel untuk OS Centos 7 dan Cloudlinux 7.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dedicated Server

Risang Mahendra