Rumahweb Blog
Apa Itu PPDB adalah

Apa Itu PPDB? Contoh dan Cara Memilih Hosting untuk PPDB

Menyambut penerimaan peserta didik baru, ada berbagai hal yang perlu disiapkan oleh setiap lembaga pendidikan untuk memberikan fasilitas terbaik bagi calon murid. PPDB adalah istilah yang sering ditemui pada musim penerimaan siswa baru. Lalu, apa sebenarnya PPDB itu? 

Melalui artikel ini, Rumahweb akan berbagi informasi mengenai PPDB, contoh, hingga tips memilih hosting bagi sekolah untuk persiapan PPDB. Berikut informasi selengkapnya!

Apa itu PPDB?

Penerimaan Peserta Didik Baru, atau disingkat menjadi PPDB adalah proses terpusat penerimaan calon murid jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA. PPDB diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) dengan tujuan pemerataan akses dan kualitas pendidikan. 

PPDB adalah proses yang dapat dilakukan secara daring maupun luring, sesuai dengan kemampuan dan rencana tiap sekolah.

Meski cara pelaksanaannya bisa berbeda-beda, PPDB online memiliki tujuan yang sama. Yakni memfasilitasi otomasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), mulai dari pendaftaran, seleksi, dan pengumuman berbasis internet, sehingga bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

PPDB yang diselenggarakan secara online akan membantu calon murid untuk mendaftar di sekolah yang diminati dan mendapatkan sekolah yang tepat, sehingga perkembangan pendidikan akan lebih merata.

Selain itu, calon murid dan wali murid juga bisa dengan mudah mendapatkan akses informasi berita terbaru seputar PPDB dari sekolah tersebut.

PPDB adalah kesempatan bagi sekolah meningkatkan reputasi mereka. Selain meningkatkan reputasi sekolah, PPDB online juga dapat memudahkan kinerja panitia PPDB. Tujuannya agar pendataan menjadi lebih cepat, transparan, akurat, akuntabel, dan tentunya dari segi biaya akan menjadi lebih hemat.

Dengan demikian tidak dapat dipungkiri bahwa PPDB online tidak hanya menguntungkan bagi calon murid dalam mendaftar dan memantau pendaftaran, namun juga bagi pihak sekolah dalam mengelola informasi PPDB.

Baca juga artikel : Apa itu Web Hosting dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Contoh PPDB

Setelah memahami pengertian dan informasi PPDB secara umum, selanjutnya kami sudah merangkum daftar contoh website PPDB online dari beberapa sekolah yang bisa jadi inspirasi pembuatan website PPDB sekolah Anda.

1. Website PPDB Terpusat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PPDB umumnya dilakukan secara terpusat. Dalam praktiknya, proses PPDB dikerucutkan untuk tiap provinsi, kabupaten, atau kota, demi kualitas pendidikan yang lebih merata. 

Dari laman tersebut, terdapat dua tingkat pendidikan dengan beberapa kategori yang bisa dipilih, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan calon murid.

2. Website Informasi PPDB

Website PPDB tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mendaftar saja. Sebagai contoh, pada website PPDB salah satu sekolah swasta di atas, hanya menampilkan menu berisi informasi seputar PPDB, mulai dari informasi pembelian formulir hingga ke pendaftaran dengan pengisian formulir. 

Selain informasi mengenai alur PPDB, sekolah juga memberikan gambaran video profil sekolah yang dapat membantu calon murid memiliki gambaran akan sekolah tujuan mereka.

Website PPDB online seperti ini dapat sangat membantu calon murid dan wali murid untuk mendapatkan informasi sekolah di mana saja dan kapan saja.

3. Website PPDB Sekolah

Berbeda dengan dua contoh website PPDB pada poin sebelumnya yang menyajikan informasi terkait PPDB, contoh website PPDB yang ketiga memberi tampilan kolom login pada website. 

Contoh website PPDB online pada poin ketiga akan langsung mengarahkan pada halaman login untuk para calon murid baru.

Terdapat tombol “Register” bagi calon murid yang belum pernah mendaftar akun, atau “Sign In PPDB” apabila sudah memiliki akun untuk selanjutnya akan diarahkan ke laman informasi PPDB lebih lengkap.

Website PPDB seperti ini tentunya juga akan memudahkan para calon murid untuk mendapatkan update informasi seputar pendaftaran hingga hasil pengumuman dengan lebih mudah, dari mana saja, dan kapan saja.

Bagi Anda yang ingin membuat website PPDB online, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti CMS Sekolahku hingga WordPress dengan plugin tambahan.

Jika Anda ingin kemudahan dalam pengelolaan website, maka CMS Sekolahku menjadi pilihan yang menurut kami lebih baik dan efektif untuk membuat website sekolah dan PPDB online.

Cara Memilih Hosting untuk PPDB

PPDB adalah proses yang memerlukan persiapan matang. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah layanan hosting yang digunakan.

PPDB adalah aktivitas yang memerlukan resource cukup besar. Jika Anda berencana melakukan PPDB online, maka Anda memerlukan server yang dapat menunjang kebutuhan PPDB sekolah Anda. 

Beberapa hal utama yang harus diperhatikan dalam proses PPDB adalah banyaknya data yang harus disimpan, serta traffic website yang tinggi. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan memilih layanan hosting.

Sebelum menentukan sebuah layanan hosting yang sesuai, Anda harus memperhatikan kapasitas, resource, serta fitur lain yang diberikan oleh provider hosting.

Rumahweb Indonesia menawarkan dua pilihan layanan hosting yang cocok digunakan untuk PPDB, yakni:

1. Cloud Hosting

Cloud Hosting untuk PPDB adalah salah satu pilihan hosting yang dapat memenuhi kebutuhan PPDB online, dengan biaya ekonomis namun memiliki performa yang dapat diandalkan.

Layanan Cloud Hosting merupakan hosting yang sudah menggunakan dedicated resource, sehingga Anda bisa menggunakan alokasi storage, CPU, dan RAM secara maksimal, tanpa khawatir ada gangguan dari tetangga yang menggunakan resource berlebihan.

Tidak hanya itu, Rumahweb juga menawarkan fitur backup mingguan, sehingga Anda akan lebih aman dari ancaman kehilangan data.

Terakhir, layanan Cloud Hosting juga sudah termasuk dengan website panel cPanel yang dapat memudahkan pembuatan dan pengelolaan website.

Dengan menggunakan cPanel, Anda yang tidak memiliki kemampuan programming  atau tidak memiliki tim IT maupun developer khusus pun dapat mengelola website dengan mudah!

2. VPS 

Jenis layanan hosting lain yang cocok digunakan untuk PPDB adalah VPS. Dengan fitur yang hampir sama seperti Cloud Hosting dan biaya sangat ekonomis, VPS menawarkan kelebihan lain, yakni kebebasan pengelolaan server sesuai keinginan Anda!

Pasalnya, VPS merupakan layanan di mana pelanggan akan mendapatkan satu server khusus, dengan tiga jenis IP Address berbeda. Selain itu, pelanggan bisa memilih Operating System sesuai kebutuhan.

Dengan layanan berbasis KVM, tentu Anda akan lebih bebas untuk melakukan pemasangan aplikasi khusus yang dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan PPDB sekolah Anda. Layanan VPS sangat direkomendasikan bagi sekolah yang sudah memiliki tim IT atau developer khusus untuk pengelolaan sistem informasi.

Menariknya, Anda dapat memilih lokasi datacenter yang diinginkan. Rumahweb menawarkan dua pilihan datacenter tier 3 dan tier 4 yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Penutup

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa PPDB adalah proses penerimaan siswa baru dari berbagai tingkat sekolah, yang dilakukan secara terpusat dari Kemdikbud dengan tujuan pemerataan kualitas pendidikan. 

PPDB online dapat memberikan kemudahan bagi kedua belah pihak, baik calon murid maupun pihak sekolah. Hal ini karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja, untuk melengkapi kebutuhan informasi sekolah yang diminati.

Dalam membuat website PPDB online, salah satu hal terpenting yang harus Anda persiapkan adalah server atau layanan hosting sebagai tempat penyimpanan file website dan databasenya.

Dengan pertimbangan banyaknya orang yang mengakses hingga storage website dan database yang besar, Anda juga harus menyiapkan hosting atau server yang memiliki resource besar juga.

Paket Cloud Hosting atau VPS menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan resource dan traffic yang besar. Kedua layanan ini dapat dipesan melalui Rumahweb dengan harga yang cukup murah. Selain memiliki dedicated resource, paket Cloud Hosting atau VPS juga memiliki storage yang besar untuk memenuhi kebutuhan PPDB Online Anda.

Demikian artikel mengenai apa itu PPDB hingga cara memilih hosting yang tepat dari Rumahweb. Semoga artikel ini membantu mempersiapkan dan membuat website PPDB sekolah Anda!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Bernadetta Azalia

suka motret