Rumahweb Blog
Banner - Apa Itu Pop Up adalah - Arti, Contoh, dan Cara Membuatnya

Apa Itu Pop Up? Arti, Contoh, dan Cara Membuatnya

Pop up adalah notifikasi berwujud jendela yang muncul ketika sedang membuka sebuah website Pop up menjadi salah satu fitur yang dapat mencuri perhatian pengguna dalam sekejap mata. 

Salah satu contoh pop up adalah ketika Anda sedang mengakses sebuah website berita, lalu tiba-tiba muncul jendela iklan yang harus ditutup terlebih dahulu agar bisa mengakses berita secara komplit.

Atau contoh lain dari pop up di aplikasi misalnya, saat WhatsApp memberi notifikasi chat baru berupa isi chat serta kolom untuk membalasnya, dan masih banyak lagi contoh-contoh penerapan pop up lainnya.

Ingin tahu lebih lengkap tentang apa itu pop up, manfaat, contoh pop up pada website, hingga cara membuat pop up di website ANda? Simak penjelasan Rumahweb sampai selesai, ya!

Apa Itu Pop Up?

Dalam Bahasa Indonesia, pop up adalah istilah yang bermakna muncul. Dalam pengertian yang lebih lugas, pop up adalah tampilan pada komputer, aplikasi, website, atau lainnya dalam bentuk jendela kecil atau tampilan grafis interface yang muncul dengan informasi tertentu di sebuah perangkat.

Kemunculan pop up yang tiba-tiba memiliki tujuan untuk memudahkan sistem dalam meraih atensi pengguna. Disadari atau tidak, Anda akan memencet tombol tertentu atau melakukan gerakan spesifik lain sesaat setelah pop up muncul di layar gadget.

Manfaat Pop Up

Pop up tidak hanya berfungsi sebagai estetika saja, tetapi juga ada banyak manfaat lainnya. Beberapa fungsi pop up adalah sebagai berikut:

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

1. Memunculkan Menu 

Manfaat pertama dan yang paling sederhana dari pop up adalah untuk menampilkan menu atau pengaturan.

Contohnya, ketika Anda melakukan klik kanan pada mouse komputer atau laptop. Selanjutnya, akan muncul pop up yang menampilkan berbagai menu untuk mengelola file atau pengaturan perangkat tersebut.

2. Menampilkan Notifikasi

Manfaat berikutnya dari pop up adalah untuk menampilkan notifikasi dari sistem. Biasanya, pop up juga akan menampilkan fitur berupa tombol untuk melakukan tindakan lanjut, seperti membalas pesan, membuka folder, dan masih banyak lagi.

3. Memberi Peringatan

Manfaat ketiga dari pop up adalah untuk memberi peringatan sistem error atau yang lainnya. Sebagai contoh, saat Anda akan membuka sebuah aplikasi, lalu muncul pop up berisi informasi bahwa aplikasi tersebut tidak dapat dibuka atau tidak merespon.

Pendek kata, pop up juga bisa memberi peringatan bahkan yang sifatnya buruk sekalipun.

4. Sarana Promosi

Manfaat terakhir dari pop up adalah sebagai media promosi suatu produk atau jasa pada aplikasi maupun website. Pop up jenis ini banyak ditemui di berbagai website, baik iklan produk serupa maupun iklan dari pihak ketiga.

Biasanya pop up untuk promosi ini memunculkan informasi tentang diskon atau promosi yang sedang berlaku.

Contoh Pop Up Pada Website

Selain bisa ditemui di berbagai aplikasi, seperti WhatsApp atau Instagram, pop up adalah fitur yang juga sering ditemukan pada sebuah website. Biasanya, pop up di website berisi poster, flyer atau infografis untuk memasarkan sebuah produk atau jasa.

Meskipun umumnya digunakan sebagai sarana promosi, Anda juga perlu berhati-hati terhadap jenis pop up iklan di website.

Pop up pada website yang perlu Anda waspadai adalah pop up iklan yang muncul pada website ilegal, seperti streaming film ilegal, atau web berisi cheat software karena berpotensi menjangkiti gadget Anda dengan virus.

Berikut adalah contoh pop up promosi yang aman untuk diklik dari website Rumahweb:

apa itu pop up adalah - contoh rumahweb

Cara Membuat Pop Up di Website

Setelah mengetahui bahwa pop up adalah sarana untuk mendongkrak bisnis dan penjualan, apakah Anda tertarik mengetahui bagaimana cara membuat pop up untuk website? Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat pop up di website dengan menggunakan plugin Pop up Builder pada WordPress. Berikut langkahnya:

BACA JUGA: 8 Plugin Popup WordPress Terbaik yang Bisa Anda Pilih

  1. Login ke akun WordPress Anda.
  2. Klik menu Plugins > Add New.
  3. Ketikkan Pop Up pada kolom pencarian.
  4. Klik Install Now pada plugin Pop up Builder.
  5. Aktifkan plugin dengan cara klik Activate.
  6. Pada bagian menu Pop up Builder, pilih Add New.
  7. Pilih jenis pop up yang diinginkan Image, HTML, Facebook, Subscription. Pada panduan ini, kami akan membuat pop up berisi gambar saja, sehingga klik opsi Image
  8. Isi judul pop up yang akan dibuat.
  9. Pilih gambar yang akan dijadikan tampilan pop up dengan klik Select Image.
  10. Klik Select Files pada bagian Upload Files.
  11. Pilih gambar yang sudah disiapkan sebelumnya > klik Choose Image.
  12. Klik Publish untuk mengaktifkan pop up.

Selengkapnya tentang cara membuat pop up di WordPress bisa dilihat pada artikel berikut: Cara Membuat Popup di WordPress Tanpa Ribet

Kesimpulan

Pop up adalah tampilan berbentuk jendela kecil yang tidak hanya bertugas untuk menampilkan notifikasi, tetapi juga sebagai sarana promosi agar dapat mendongkrak bisnis dan penjualan Anda.

Demikian artikel kami tentang apa itu pop up, semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.