Rumahweb Blog

Plugin Keamanan WordPress Terbaik di Tahun 2018

WordPress adalah salah satu CMS yang paling terpercaya dan banyak digunakan untuk menggerakkan lebih dari 30% website di seluruh dunia. Sebagai pemilik website, menjaga keamanan website Anda adalah sebuah prioritas. Mengenkripsi website Anda menggunakan Sertifikat SSL atau website security solution seperti SiteLock adalah beberapa bentuk keamanan WordPress yang paling umum. Cara lain untuk memastikan keamanan website WordPress Anda adalah dengan menginstal plugin keamanan.

Dalam tulisan ini, Rumahweb akan membahas bagaimana plugins dapat membantu mengamankan website Anda serta menampilkan daftar plugin keamanan WordPress terbaik yang dapat Anda gunakan.

 

Bagaimana plugin membantu mengamankan website?

Kebanyakan orang berpikir bahwa menginstal plugin artinya mengundang masalah. Namun ini tidak sepenuhnya benar. Menginstal plugin adalah cara termudah untuk mengintegrasikan fitur di situs WordPress Anda. Namun Anda harus berhati-hati bahwa plugin yang Anda pasang harus berasal dari sumber tepercaya dan memiliki peringkat yang baik.

Beberapa cara yang ditawarkan plugin WordPress untuk mengamankan website Anda adalah memantau kerentanan terhadap malware, mengelola kontrol akses, backups, perlindungan dari email spam, perlindungan pencurian data, email, firewall, dll.

Setelah mengetahui fungsi dasar yang disediakan plugin dalam mengamankan website, mari kita simak 4 plugin keamanan WordPress di tingkat teratas.

 

WordFence Security

Dengan lebih dari 2 juta instalasi aktif, WordFence Security adalah pemindai firewall dan malware yang populer dan open source. WordFence melindungi website Anda dari peretasan dan memperingatkan Anda saat situs Anda menjadi rentan. Sebagai salah satu plugin keamanan WordPress yang terbaik, cara kerja WordFence adalah memindai file inti website Anda dan tema & plugin yang dipasang melalui repositori resmi WordPress untuk memeriksa keasliannya.

Fitur Keamanan WordFence:

  • Memiliki basis data lebih dari 44.000 jenis malware yang dikenal sebagai WordPress security threats.
  • Terlepas dari file inti, plugin dan tema, wordFence juga memeriksa bad URLs, backdoors, SEO spam, malicious redirect, malware dan code injections.
  • Melindungi website dari serangan brute force (login terus menerus dengan kredensial yang salah).
  • Memiliki versi premium yang mencakup fitur-fitur seperti Real-Time Blacklisted IP Adress and firewal

 

iThemes Security

iThemes Security, sebelumnya dikenal sebagai Better WP Security memiliki lebih dari 900.000+ instalasi aktif. Ini bersifat open source dan tersedia dalam versi gratis dan premium. Plugin ini adalah salah satu plugin keamanan WordPress terbaik dan tersedia dalam lebih dari 10 bahasa dan membantu memperkuat kredensial pengguna dengan menghentikan serangan otomatis dan memperbaiki kerentanan.

Fitur Keamanan iThemes:

  • Untuk menjalankan plugin keamanan, salah satu persyaratan utama adalah WordPress Anda harus diperbarui karena tidak berjalan pada versi yang tidak update.
  • iThemes Security memperkuat keamanan sisi server dan mencegah serangan brute-force dengan melarang pengguna, bot atau agen ketika mereka melewati batas login.
  • Memiliki otentikator 2-arah (Google) dan Google reCAPTCHA untuk melindungi website Anda dari spammer dalam versi pro-nya.
  • Menyediakan wp-cli integration, manajemen dashboard WordPress otomatis dan perbandingan file online untuk memeriksa apakah ada kode sumber yang dimodifikasi atau tidak.

 

All in One WP Security & Firewall

Tersedia dalam lebih dari 4 bahasa dengan lebih dari 600.000+ instalasi aktif, All in One WP Security & Firewall adalah plugin gratis dan open source yang mengamankan situs Anda dengan memantau kerentanan dan serangan malware. Ini mendorong pengguna untuk mengatur kata sandi yang kuat untuk meminimalkan upaya login. Juga, plugin dapat diterjemahkan ke bahasa apa pun. Saat ini tersedia untuk terjemahan dalam 11 bahasa.

Fitur All in One WP Security & Firewall:

  • Memantau login yang berbahaya dengan melindungi dari serangan Brute-Force. Bukan hanya menghentikan pengguna dari login, tetapi juga mencatat id pengguna / kata sandi, tanggal dan waktu, serta alamat IP, yang digunakan untuk masuk ke website WordPress.
  • Untuk memperkuat keamanan website, plugin ini me-logout semua pengguna yang login setelah jangka waktu tertentu. Juga memungkinkan persetujuan manual akun pengguna WordPress.
  • Plugin memungkinkan admin untuk menjadwalkan one-click automathic backups dan pemberitahuan email.
  • Memungkinkan firewall dan memblokir beberapa serangan seperti XSS (Cross Site Scripting), crawlers seperti fake Google bots dan juga mencegah image hotlinking.

 

Sucuri Security

Plugin keamanan WordPress terbaik lainnya adalah Sucuri Security. Ini adalah plugin gratis dan open source dengan instalasi aktif lebih dari 400.000+ dan tersedia dalam dua bahasa. Ini adalah sebuah plugin pemindaian keamanan, pemindaian malware, dan security hardening. Ini juga termasuk firewall untuk melindungi situs WordPress Anda.

Fitur Keamanan Sucuri Security:

  • Salah satu fitur utama dari Sucuri Security adalah Security Activity Auditing. Dalam hal ini, admin sistem memiliki kemampuan untuk memantau siapa yang telah masuk ke sistem atau melakukan perubahan padanya.
  • Hal ini memungkinkan pemindaian malware jarak jauh, blacklist monitoring and scanning dan file integrity monitoring.
  • Meskipun hampir semua fitur Sucuri termasuk dalam versi gratis, fitur firewall website adalah bagian dari versi premium dan dapat diaktifkan saat pembelian. Ini mengamankan website Anda dari serangan seperti DoS / DDoS (Distributed Denial of Service), serangan Brute-Force dll.
  • Memberikan pemberitahuan keamanan yang digunakan untuk memberi tahu pemilik masalah terkait keamanan apa pun saat dikonfigurasi.

 

Memastikan keamanan website Anda adalah tugas yang penting. Selain menginstal plugin keamanan WordPress, melakukan pemeriksaan keamanan secara teratur, perbarui situs WordPress Anda secara teratur dan lakukan backup.

Memasang plugin membantu Anda memantau dan melindungi website Anda dengan mudah. Jika Anda memiliki blog sederhana, Anda dapat memilih plugin gratis. Untuk kebutuhan server hostingnya, percayakan selalu pada Rumahweb yang menyediakan layanan WordPress Hosting terbaik.

Berikan Komentar

RumahWeb