Rumahweb Blog
opengraph - Penyebab dan Cara Mengatasi Tampilan Mercusuar Saat Akses Website

Penyebab dan Cara Mengatasi Tampilan Mercusuar Saat Akses Website

Kendala akses pada website merupakan masalah yang krusial, terutama untuk pengguna awam yang tidak terlalu memahami teknologi informasi secara detil. Apabila kebetulan Anda adalah pengguna layanan internet dari Telkom Indihome, mungkin pernah atau sedang mengalami kendala akses website yang tiba-tiba dialihkan ke tampilan Mercusuar.

Apa yang sedang terjadi? Apa yang harus Anda lakukan? Anda tidak perlu panik. Artikel blog kali ini, Rumahweb ingin membahas cara mengatasi Mercusuar dan apa yang harus dilakukan supaya website Anda bisa diakses kembali seperti sediakala.

Apa Itu Mercusuar?

Mercusuar adalah sebuah tampilan landing page yang dimunculkan oleh provider Telkom apabila alamat domain yang sedang dituju gagal untuk diakses karena DNS domain tidak ditemukan atau tidak aktif. Secara teknis, kendala ini mirip ketika Anda mencoba memanggil nomor telepon yang tidak aktif, sehingga Anda akan dialihkan ke nada sambung tertentu yang menginformasikan bahwa nomor telepon yang sedang Anda panggil dalam kondisi tidak aktif.

Jadi secara sederhana bisa disimpulkan, bahwa tampilan Mercusuar menginformasikan bahwa alamat domain yang sedang Anda tuju tidak aktif, sehingga dialihkan ke tampilan landing page Mercusuar dari provider Telkom.

Penyebab Gagal Akses Domain

Ada beberapa penyebab domain menjadi tidak aktif dan gagal diakses oleh provider Telkom dan kemudian dialihkan ke Mercusuar. Berikut beberapa penyebab gagal akses domain yang akan secara otomatis dialihkan ke Mercusuar:

  1. Domain Suspended Karena Pending Verification

Sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), setiap aktivasi domain baru diwajibkan melakukan verifikasi Registrar Accreditation Agreement (RAA). Apabila 15 hari terhitung dari tanggal aktivasi tidak dilakukan verifikasi, maka domain secara otomatis ter-suspend.

Untuk mengatasinya, Anda cukup melakukan proses verifikasi dengan cara mengklik link verifikasi yang dikirimkan ke email, kemudian memasukkan nomor kartu identitas (KTP) dan nomor telepon yang masih aktif. Setelah dilakukan proses verifikasi, domain akan aktif kembali. 

  1. Konfigurasi DNS Yang Tidak Valid

Konfigurasi DNS yang tidak valid adalah penyebab lain yang paling banyak terjadi karena kurangnya pengetahuan user mengenai konsep dan alur kerja DNS pada domain.

Kasus yang sering terjadi adalah user melakukan custom DNS melalui menu DNS Management di Clientzone Rumahweb, sehingga nameserver domain otomatis diubah ke nameserver Managed DNS. Kalau begini, solusinya cukup dengan mengembalikan nameserver domain ke nameserver default hosting, maka domain akan bisa diakses kembali dengan baik.

  1. Domain Suspended Karena Terjadi Pelanggaran

Selain pending verification, domain bisa juga di-suspend karena melakukan pelanggaran perjanjian penggunaan layanan (AUP), yang meliputi konten pornografi, perjudian, SARA, dan konten lain yang bertentangan dengan hukum.

Untuk kasus pelanggaran, pelanggan akan menerima email pemberitahuan untuk menghapus konten-konten tersebut supaya domain bisa dipulihkan kembali.

  1. Kesalahan Penulisan Alamat Domain (Typo)

Meskipun terasa konyol, tapi kesalahan penulisan nama domain, meskipun hanya satu karakter, akan berakibat gagal akses, dan dilarikan ke Mercusuar. Apabila Anda mengalami gagal akses, perlu untuk mengecek kembali, apakah alamat domain yang Anda ketikkan di browser sudah valid.

Penutup

Tampilan Mercusuar pada provider Telkom menginformasikan kepada Anda bahwa domain yang sedang dituju tidak aktif, yang disebabkan oleh beberapa hal yang sudah kami sebutkan di atas. Apabila Anda pengguna layanan internet Telkom dan mengalami hal tersebut, tidak perlu panik. Segera hubungi tim Technical Support Rumahweb, untuk mendapatkan bantuan pengecekan dan solusi untuk mengatasinya.

Demikian artikel tentang penyebab dan solusi mengatasi tampilan mercusuar pada website, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Alwan Rosyidi