Rumahweb Blog
banner - Passion artinya adalah

Apa Itu Passion? Arti, Contoh, dan Cara Menemukannya

Passion adalah kata yang cukup populer digunakan dalam percakapan sehari-hari maupun di media sosial. Istilah passion juga kerap digunakan ketika seseorang berbicara mengenai cita-cita, pekerjaan, atau hobi.

Passion adalah salah satu hal yang perlu dimiliki setiap orang yang ingin bekerja atau berkarya. Dalam ulasan kali ini, Rumahweb Indonesia akan membahas tentang passion artinya apa, contoh, manfaat, bedanya dengan hobi, hingga cara menemukan passion itu sendiri.

Arti Passion

Passion adalah istilah bahasa Inggris, berarti gairah atau keinginan besar terhadap sesuatu; semangat, atau perasaan; dan dorongan yang kuat terhadap sesuatu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), passion artinya kegemaran, gairah, keinginan yang besar, semangat, emosi, kemarahan, dan kecemasan.

Dari berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa passion adalah keinginan seseorang melakukan sesuatu sesuai motivasi, keinginan, dan antusiasme yang tinggi.

Passion juga biasanya berkaitan dengan kecenderungan seseorang dalam menentukan prioritas hidup. Biasanya, orang yang diminta melakukan sesuatu di luar passion akan merasa tidak semangat dan kehilangan antusiasmenya.

Tidak sedikit orang yang menjadikan passion sebagai dorongan positif untuk mencapai tujuan hidup. Orang yang mengikuti passion umumnya lebih berpotensi mencapai kesuksesan, sebab ia melakukan sesuatu yang disenangi dan membuatnya bersemangat.

Selain itu, orang yang mengikuti passion juga jadi lebih jarang mengeluh karena melakukan hal tersebut dengan senang hati.

BACA JUGA : Domain .CLUB : Kembangkan Passion Bersama Dengan Komunitas

Contoh Passion

Passion adalah istilah yang sangat luas dan digunakan di hampir semua bidang kehidupan. Berikut kami rangkum beberapa contoh passion dalam berbagai bidang:

1. Bidang Otomotif

Otomotif adalah salah satu topik yang banyak diminati, bahkan hingga memiliki passion di bidang otomotif. Passion membuat mereka memahami seluk beluk dunia otomotif, mulai dari brand kendaraan, cara merawat mesin, kelebihan dan kekurangan setiap jenis kendaraan, dan lain sebagainya.

Orang yang memiliki passion di bidang otomotif tentu akan sangat antusias jika diajak berbicara mengenai otomotif.

2. Bidang Menulis

Selain otomotif, sebagian orang juga memiliki passion di bidang kepenulisan. Mereka sangat bersemangat jika diminta untuk menulis cerpen, novel, artikel, teks berita, atau lain-lain.

Saking antusiasnya, kebanyakan orang dengan passion menulis akan lupa waktu bila sudah berhadapan dengan layar/media menulis.

3. Bidang Seni Lukis

Contoh lain dari passion adalah menggambar, melukis, atau melakukan sesuatu yang berbau seni lukis.

Sebagian orang yang memiliki passion ini akan merasa antusias dan bersemangat ketika melihat kanvas atau kertas kosong. Mereka akan terdorong untuk mengisinya dengan hasil karya mereka.

Perbedaan Hobi dengan Passion 

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah memahami passion artinya apa? Lalu, apa perbedaan antara passion dengan hobi? Kedua istilah ini memang cukup mirip. Keduanya merupakan aktivitas yang akan menimbulkan rasa senang, antusiasme, dan semangat bila dikerjakan. Namun, sebenarnya hobi dan passion adalah dua hal yang berbeda.

1. Dampak

Dilihat dari definisinya, passion merujuk pada kegiatan yang Anda sukai, sehingga ketika melakukannya, Anda akan merasa fokus dan antusias. Selain membuat antusias, passion juga menjadi kegiatan yang bisa memberi dampak positif kepada orang lain.

Misalnya, saat Anda memiliki passion di bidang menulis, otomatis Anda juga akan memiliki pengetahuan di bidang tersebut. Sehingga jika ada orang awam yang sedang belajar menulis, Anda bisa mengajarkan banyak hal tentang menulis kepada mereka.

2. Level Antusiasme

Perbedaan hobi dan passion juga bisa dilihat dari level antusiasme yang dirasakan. Level antusias orang pada hal yang menjadi passionnya akan lebih tinggi dibanding hobi.

Hobi biasanya hanya dilakukan ketika waktu senggang, sedangkan passion akan membuat Anda berusaha untuk mempelajari teknik dan nilai lain secara lebih dalam.

Hobi yang terus dilakukan dan dipelajari dengan serius dapat menuntun Anda pada passion. Hal ini karena passion terbentuk secara perlahan, dan biasanya memang bermula dari hobi.

Untuk lebih mudah memahami perbedaan passion dengan hobi, simak tabel berikut ini:

DampakLevel Antusiasme
PassionMembuat seseorang merasa fokus
dan antusias. Dapat memberi
dampak positif ke orang lain.
Membuat seseorang berusaha
mempelajari teknik dan nilai
lain secara lebih dalam.
HobiMembuat seseorang merasa
antusias saja.
Dilakukan ketika senggang.

BACA JUGA : Hobi Yang Menghasilkan Uang

Cara Menemukan Passion 

  1. Pikirkan hal-hal yang sering membuat Anda bahagia.
  2. Pikirkan aktivitas yang Anda sukai, terkait hal-hal yang membuat bahagia.
  3. Tuliskan sifat-sifat yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda.
  4. Tanyakan pada diri sendiri tentang cita-cita masa kecil.
  5. Pikirkan hal-hal yang seringkali memengaruhi pengambilan keputusan Anda.
  6. Bayangkan pekerjaan atau kegiatan yang sedang Anda jalani. Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda bersemangat dalam melakukannya, dan apakah kegiatan tersebut bisa jadi sumber kebahagiaan? Jika tidak, mungkin hal tersebut bukanlah passion Anda.

Manfaat Passion untuk Anda

Passion bukan hanya hal yang dapat membuat Anda merasa bahagia dan semangat. Passion juga dapat memberikan berbagai manfaat lain dalam hidup, baik bagi Anda maupun orang-orang di sekitar Anda. Berikut kami rangkum berbagai manfaat passion untuk Anda.

1. Lebih Semangat Menjalani Hidup

Manfaat pertama dari passion adalah membuat Anda lebih semangat dalam bekerja dan beraktivitas. Berbeda dengan mereka yang terpaksa dalam melakukan sesuatu, mereka jadi lebih mudah tertekan dan tidak bahagia.

Orang yang memiliki passion akan menjalani kegiatan dengan senang hati, sehingga walaupun ada kesulitan menghadang, kemungkinan ia tidak akan terlalu tertekan.

2. Lebih Fokus

Manfaat lain dari passion adalah membuat Anda lebih fokus dalam melakukan sesuatu. Hal ini karena aktivitas tersebut dilakukan dengan sepenuh hati, dan akan membuat hasil akhirnya pun lebih maksimal.

Hal ini akan berbeda dengan orang yang mengerjakan sesuatu dengan setengah hati, karena besar kemungkinan hasil pekerjaan tidak akan maksimal.

3. Mengurangi Stress

Orang yang bekerja mengikuti passionnya cenderung akan terhindar dari perasaan stress, karena bekerja dapat dengan gembira.

Manfaat lain dari passion adalah dapat memicu perasaan bergairah dan meningkatkan kebahagiaan dalam hidup seseorang. Dengan menjalankan suatu hal sesuai passionnya, Anda akan merasa hidup menjadi lebih berarti.

4. Lebih Menghargai Waktu

Orang yang mengikuti passion adalah orang yang menghemat waktu. Hal ini karena hari-harinya lebih banyak dihabiskan mengerjakan sesuatu yang benar-benar disukai. Karena itulah, selain dapat bekerja dengan lebih efektif, Anda juga akan lebih menghargai waktu.

Passion artinya keinginan untuk melakukan sesuatu sesuai motivasi atau keinginan. Dapat dikatakan bahwa passion adalah perasaan yang penting untuk dimiliki, agar hari-hari Anda menjadi lebih berwarna. Apakah Anda sudah menemukan passion itu?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.