Rumahweb Blog
Banner - Mengenal Bahasa Pemrograman Pascal Adalah

Mengenal Bahasa Pemrograman Pascal dan Contoh Script Simpel

Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat dipelajari dan digunakan. Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh programmer karena mudah dipahami oleh manusia. 

Meskipun masing-masing bahasa pemrograman memiliki fungsinya masing-masing dan termasuk bahasa tingkat tinggi, hampir semuanya memiliki tujuan yang sama: memberi instruksi yang dibutuhkan untuk memerintah komputer.

Pascal adalah bahasa pemrograman yang terstruktur dan mudah dipahami manusia. Untuk lebih jelasnya, mari mengenal lebih dalam tentang bahasa pemrograman Pascal, fitur, tipe data, contoh script sederhana, hingga kelebihan dan kekurangannya pada artikel Rumahweb Indonesia berikut!

Apa itu Pascal?

Pascal adalah ‘pintu masuk’ yang tepat bagi Anda ingin belajar tentang konsep programming. Hal ini karena prosedur programming yang diterapkan oleh Pascal dinilai sebagai bahasa pemrograman yang cukup baik. 

Mengapa demikian? Sederhananya, Anda bisa membandingkan Pascal dengan penulisan algoritma struktur Bahasa Inggris. Pascal memiliki cara penulisan yang kurang lebih sama.

Bahasa pemrograman Pascal memiliki karakteristik struktur dan tersusun dari blok subprogram. Blok berukuran kecil ini akan dipakai untuk membuat blok dengan ukuran yang lebih besar.

Promo Hosting Murah Rumahweb

BACA JUGA : Visual Basic: Definisi, Fitur, Download dan Contoh Aplikasinya

Fitur Bahasa Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman yang menawarkan berbagai fitur komplit. Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman satu ini sebagai media belajar, membuat website, hingga aplikasi. Lalu, apa saja fitur Pascal yang perlu Anda ketahui?

1. Tipe Data Bawaan Pascal

Ada beberapa tipe data yang bisa Anda gunakan untuk variabel maupun konstanta. berikut daftar tabel tipe data bahasa Pascal:

NoTipe DataRange variabel
1.ByteBerupa angka dari 0 hingga 255
2.IntegerBerupa angka dari -32768 hingga 32767
3.RealBerupa nilai pecahan dari 1E-38 hingga 1E+38
4.BooleanBernilai true atau false
5.CharSemua karakter ASCII (berupa huruf, spasi, tanda)
6.StringBernilai nol, satu, atau lebih karakter, frasa, dan yang lainnya.

2. Tipe Data Bentukan

Sesuai namanya, tipe data bawaan hanya menyediakan data-data standar. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena Pascal mengizinkan penggunanya membuat tipe data sendiri, sesuai dengan keperluan.

3. Mempunyai Berbagai Struktur Data

Pascal adalah bahasa pemrograman yang dilengkapi dengan berbagai struktur data. Contohnya, file, array, set, dan record.

4. Aturan Tipe Data yang Lebih Ketat

Meskipun Anda dapat membuat tipe data sendiri, namun Pascal hanya mengizinkan satu jenis tipe data untuk satu variabel. Artinya, variabel harus dideklarasikan lebih dahulu pada awal program.

5. Mendukung Struktural Programming

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pascal adalah bahasa pemrograman dengan penyusunan program yang terstruktur. Pascal juga mendukung subprogram berbentuk prosedur dan fungsi.

6. Sederhana

Pascal adalah bahasa pemrograman yang menggunakan perintahnya berupa kata, sehingga lebih mudah dipahami oleh manusia. Karena inilah, Pascal disebut-sebut sebagai bahasa pemrograman yang sederhana. 

7. Mendukung Pemrograman Objek

Pascal adalah bahasa pemrograman yang sudah mendukung OOP, alias Objek Oriented Programming. Anda dapat menemukannya pada compiler versi terakhir.

Kelebihan Pascal

Anggapan bahwa Pascal adalah bahasa pemrograman yang menawarkan fitur komplit tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan bahasa pemrograman Pascal, di antaranya:

1. Strongly Typed

Sebagai programmer, Anda perlu menentukan tipe data dari sebuah variabel yang akan dibuat. Kelebihan strongly typed pada Pascal membuat variabel tidak dapat dipakai untuk menyimpan tipe data selain format yang telah ditentukan.

2. User Defined Data Types

Kelebihan berikutnya dari pascal adalah pembuatan tipe data turunan dari tipe data standar yang telah ada.

3. Tipe Data Standar

Tipe data standar bahasa Pemrograman pascal adalah boolean, char, real, integer, dan string.

4. Terstruktur

Saat menggunakan bahasa pemrograman pascal, penulisan program dapat dibagi menjadi fungsi yang lebih kecil lagi, yakni procedure dan function. Anda dapat memakai fungsi tersebut berulang kali.

5. Sederhana dan Ekspresif

Judul dan blok program menjadi bukti bahwa Pascal adalah bahasa pemrograman yang sangat sederhana. Penggunaan kata-kata berbahasa Inggris yang sering ditemui dalam bahasa pemrograman membuat Pascal sangat mudah dipahami dan dipelajari oleh manusia.

Kekurangan Pascal

Dengan segala kelebihan yang dipaparkan di atas, bukan berarti Pascal tidak memiliki kekurangan. Seperti bahasa pemrograman lainnya, Pascal tetap memiliki beberapa kekurangan yang juga perlu Anda perhatikan. Apa saja?

1. Kurang Fleksibel 

Meskipun mudah dipahami dan dipelajari, Pascal memiliki banyak kekurangan jika digunakan untuk membuat sebuah aplikasi berskala besar. Hal inilah yang menunjukkan bahwa bahasa pemrograman Pascal kurang fleksibel.

2. Belum Mendukung Sistem Pemrograman yang Ditujukan untuk Objek 

Pascal adalah bahasa pemrograman yang bisa dibilang cukup terbatas. Pasalnya, bahasa pemrograman Pascal belum mendukung sistem pemrograman yang ditujukan untuk objek.

3. Sintaks Bertele-tele 

Pengguna Pascal tentu sepakat bahwa sintaks yang terdapat pada Pascal terlalu bertele-tele. Hal ini juga menjadi salah satu kekurangan dari Pascal.

4. Tidak Cocok untuk Aplikasi Bisnis 

Dalam bidang akademis, Pascal adalah bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk mempelajari algoritma dan pemrograman. Pada versi awal Pascal, dukungan database-nya juga masih terbatas. Pendek kata, Pascal adalah bahasa pemrograman yang belum cocok digunakan untuk aplikasi bisnis.

BACA JUGA : Delphi: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, hingga Contohnya

Contoh Script Sederhana Pascal

Berikut contoh script sederhana dari bahasa pemrograman Pascal untuk menghitung luas segitiga:

Uses crt;
Var
Alas,tinggi:integer;
Procedurehitung_luas(a,t:integer);
Var
Luas:real;
Begin
Clrscr;
Luas:=a*t/2;
Writeln('luas segitiga=',luas);
End;
 

Begin
Writeln('inputkan ukuran alas=');readln(alas);
Writeln('inpukan ukuran tinggi =');readln(tinggi);
Hitung_luas(alas,tinggi);
Readln;
End

Kesimpulan

Pada tahun 1970 Niklaus Wirth menciptakan bahasa pemrograman Pascal. Salah satu tujuan dari diciptakannya Pascal adalah untuk menyediakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami. Selain itu, Pascal juga diciptakan untuk mempermudah pemahaman tentang konsep pemrograman struktural.

Pascal cocok dipelajari oleh pemula. Anda dapat dengan mudah dan cepat memahami bahasa pemrograman satu ini karena memiliki sintaks yang jelas dan terstruktur.

Itulah penjelasan dari Rumahweb mengenai Pascal. Singkatnya, Pascal adalah bahasa pemrograman yang menggunakan algoritma struktur Bahasa Inggris sehingga lebih mudah dipahami. Tertarik mempelajarinya?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.