Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Pamflet Pengertian, Contoh, dan Download Background

Apa itu Pamflet? Pengertian, Contoh, dan Download Background

Jika Anda pernah berkecimpung di dunia marketing atau pemasaran, maka pamflet adalah salah satu istilah yang tentu sudah tidak asing lagi. Istilah ini juga akrab di telinga Anda yang bekerja di bidang publikasi.

Merupakan bagian dari materi pemasaran, terkadang pamflet sering disamakan dengan brosur. Padahal kedua materi ini memiliki perbedaan. Lantas, apa itu pamflet? Berikut Rumahweb rangkum informasinya untuk Anda!

Apa itu Pamflet

Pamflet adalah salah satu bagian dari materi pemasaran. Pamflet adalah buklet kecil atau selebaran yang digunakan untuk mempromosikan dan mengiklankan barang atau jasa. Isi dari pamflet adalah informasi seputar barang atau jasa yang dipasarkan. 

Umumnya, isi pamflet adalah informasi yang bersifat edukatif. Misalnya, manfaat dan contoh penggunaan dari produk yang dipromosikan. 

Tujuan utama dari pamflet adalah untuk meningkatkan awareness seseorang terkait barang, jasa, acara, dan lainnya. Selain itu, pamflet juga dapat digunakan untuk memberikan informasi edukatif kepada pembaca.

Tujuan lain dari pamflet adalah untuk menarik perhatian pembaca agar menggunakan barang atau jasa, mengikuti acara, atau apa pun yang dijelaskan dalam pamflet tersebut.

Biasanya, pamflet berbentuk selembar kertas berukuran A3, A4, A5, atau A6 yang dicetak bolak-balik tanpa adanya jilid. Selanjutnya, kertas tersebut akan dilipat menjadi dua sehingga terlihat lebih ringkas.

Agar semakin mudah dipahami, Anda bisa mengetahui pamflet dari ciri-cirinya. Ciri-ciri pamflet adalah sebagai berikut:

  1. Bahasa yang digunakan singkat, padat, dan jelas.
  2. Bersifat persuasif, yaitu mengajak pembaca untuk mengikuti imbauan atau ajakan yang ada di dalam pamflet.
  3. Informasi yang ada bersifat up to date atau terkini.

Baca juga artikel: Promosi Produk dengan Website? Paling Ampuh dan Efektif!

Contoh Pamflet

Berdasarkan tujuan atau kepentingannya, ada berbagai macam pamflet yang bisa ditemui. Sebagai contoh, pamflet pemerintah atau layanan masyarakat yang berisi imbauan, peraturan, dan sejenisnya, atau pamflet pendidikan, yang berisi informasi penting untuk mahasiswa dan pelajar, seperti teknologi, materi sekolah atau perkuliahan, dan lainnya.

Selain itu, ada juga pamflet politik yang biasanya berisi kampanye partai atau calon pejabat dari partai tersebut. Tujuannya agar masyarakat memilih mereka saat pemilihan umum.

Di antara berbagai jenis pamflet ini, terdapat tiga jenis yang paling sering Anda lihat atau baca, di antaranya:

1. Pamflet Kegiatan

Jenis pertama pamflet adalah acara atau kegiatan. Pamflet ini biasanya yang paling mudah Anda temui. Pamflet kegiatan berisi informasi tentang kegiatan apa yang dilaksanakan, misalnya gerak jalan, menanam pohon, seminar, webinar, dan sebagainya.

Dalam pamflet ini Anda bisa melihat kapan dan di mana kegiatan tersebut akan dilaksanakan, tema kegiatan, hingga bintang tamu atau orang-orang penting yang hadir, seperti pejabat atau narasumber.

Berikut salah satu contoh pamflet kegiatan:

contoh Pamflet Kegiatan
Source: bantennet.com

2. Pamflet Promosi

Jenis kedua dari pamflet adalah pamflet promosi yang umumnya berisi informasi terkait barang atau jasa dari sebuah perusahaan. Pamflet promosi juga dapat berbentuk potongan harga atau diskon.

Dalam pamflet promosi, juga dicantumkan penjelasan singkat terkait promosi yang sedang berlaku. Terdapat kontak yang dapat dihubungi jika pembaca tertarik mencoba promosi tersebut. Berikut contohnya:

contoh Pamflet Promosi

3. Pamflet Makanan

Pamflet makanan juga salah satu yang mudah ditemui, apalagi ketika sedang berada di mall atau pusat perbelanjaan. Nah, pamflet makanan biasanya berisi informasi tentang produk yang sedang ditawarkan. Tak jarang juga terdapat info diskon terkait produk makanan baru tersebut.

Contoh pamflet makanan adalah sebagai berikut:

contoh Pamflet Makanan
Source: dominos_id
Baca juga artikel: Contoh Pamflet Bahasa Inggris yang Benar dan Menarik

Download Background Pamflet 

Agar pamflet mendapatkan atensi pembaca, maka Anda harus membuatnya dengan menarik. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih background yang cantik dan menarik, atau eye catching.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat pamflet tetapi masih pemula, Anda bisa memanfaatkan berbagai situs penyedia gambar atau background gratis, seperti freepik.

Dengan menggunakan situs penyedia gambar atau background gratis ini, Anda  bisa menemukan ratusan ribu gambar untuk background pamflet nantinya. Tentu, hal ini akan memudahkan proses pembuatan pamflet, karena Anda hanya perlu membubuhkan informasi terkait kegiatan, produk, atau jasa.

Ada beberapa situs penyedia background pamflet yang dapat Anda gunakan secara gratis, salah satunya adalah Freepik. Anda bisa mengakses link berikut, untuk mendownload background pamfletnya : Freepik pamphlet

Cukup klik gambar yang dirasa cocok untuk pamflet Anda, klik tombol Download, dan gambar akan tersimpan di perangkat yang digunakan. Bahkan, Anda juga bisa langsung mengedit background tersebut menjadi sebuah pamflet dengan klik opsi Edit Online. Mudah, bukan?

Informasi lengkap tentang Download background pamflet bisa Anda baca di artikel berikut ini: Download Background Pamflet Terlengkap dan Gratis

Promosi Lebih Luas dengan Website

Meski pamflet adalah salah satu andalan dalam melakukan promosi secara offline, tapi jangkauannya yang terbatas membuat Anda harus tetap mencari media lain untuk memasarkan produk atau jasa ke pasar yang lebih luas lagi, salah satunya dengan menggunakan website. 

Website memiliki jangkauan yang sangat luas, yang tentunya dapat meningkatkan peluang produk Anda lebih dikenal. Bukanlah hal yang mustahil jika hal ini kemudian berdampak pada penjualan yang turut meningkat.

Jika Anda ingin mempromosikan produk melalui website, Rumahweb siap membantu Anda untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan. Cukup berbekal biaya mulai dari Rp 49.000an saja, Anda sudah bisa memiliki website keren untuk meningkatkan bisnis Anda secara online.

Demikian artikel dari rumahweb mengenai pamflet, contoh, hingga cara download backgroundnya. Pamflet adalah salah satu media promosi yang hingga saat ini masih cukup efektif untuk pemasaran secara offline. Tertarik mencoba?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb