Rumahweb Blog
banner artikel - Packaging Adalah

Packaging Adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsi untuk Usaha

Dalam penjualan, packaging adalah elemen penting yang berkaitan dengan manajemen produk. Packaging artinya kemasan yang dirancang atau digunakan untuk menutupi dan menjaga kualitas produk.

Namun, fungsi packaging sebenarnya tidak hanya sampai di situ saja. Lebih jauh lagi, packaging juga dapat menjadi salah satu faktor bagaimana suatu produk mudah dikenali.

Apa itu packaging, apa fungsi serta jenis-jenis packaging? Dalam artikel kali ini, Rumahweb Indonesia telah merangkum berbagai informasi terkait packaging yang perlu Anda tahu. Simak, ya!

Apa Itu Packaging?

Packaging artinya adalah kemasan pembungkus dan pelindung produk. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa fungsi utama dari packaging adalah untuk menjaga kualitas produk agar tetap baik dan memiliki umur simpan lebih lama, meski dipindah-pindah.

Selain itu, packaging juga dapat memudahkan konsumen dalam membawa produk tersebut. Tak hanya sebagai pembungkus, packaging juga dapat menjadi cerminan produk dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan branding.

Penjual dapat menyematkan desain, logo, warna brand, maskot, tagline, maupun identitas lain ke dalam packaging agar konsumen tertarik dan menjadi terkesan dengan brand tersebut. Packaging yang unik juga dapat membedakan sebuah produk dengan para kompetitornya.

BACA JUGA: Apa itu Branding? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Promo Hosting Murah Rumahweb

Alasan Pentingnya Packaging

Beberapa alasan penting mengapa harus ada packaging adalah sebagai berikut:

1. Bagi Produsen

  • Distribusi

Menggunakan packaging artinya produsen dapat menjamin kualitas produk agar tetap terjaga selama proses distribusi, dari pabrik hingga ke tangan pembeli.

  • Penyimpanan

Packaging yang baik juga berarti penjual menjaga kualitas produk agar memiliki umur simpan yang lebih panjang.

  • Keamanan

Packaging yang berkualitas dapat menjaga produk dari kerusakan sebelum sampai ke tangan konsumen.

  • Promosi

Alasan lain dari pentingnya packaging adalah dapat menjadi ajang promosi atau alat pemasaran yang efektif. Ppenjual dapat menampilkan identitas brandnya dan membuat brand mereka lebih stand out, atau mencolok, jika dibandingkan dengan kompetitor.

2. Bagi Konsumen

  • Identifikasi

Pertama, packaging dapat membantu konsumen mengenali produk dan membedakannya dengan produk lain.

  • Penggunaan

Kedua, packaging yang fungsional dapat membantu konsumen agar lebih mudah dalam menggunakan produk tersebut.

  • Keamanan

Ketiga, packaging yang telah melalui proses riset juga akan melindungi konsumen dari paparan bahan berbahaya, yang mungkin terjadi ketika proses distribusi atau penyimpanan, seperti dari kandungan kimia dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Privasi Data : Realitas atau Mitos?

Fungsi Packaging

Beberapa fungsi utama dari packaging adalah sebagai berikut:

1. Membungkus dan Melindungi Produk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari packaging adalah untuk membungkus dan melindungi produk dari kemungkinan kerusakan, terutama produk yang terbuat dari bahan-bahan mudah rusak, seperti makanan.

Packaging yang baik dapat membuat produk tetap aman selama proses distribusi, penyimpanan, hingga dikonsumsi oleh pelanggan.

2. Memudahkan Penjual dan Pembeli

Fungsi lain dari packaging adalah memudahkan penjual dan pembeli saat menangani atau menggunakan produk.

Bagi penjual, packaging dapat memudahkan proses pengangkutan dan pengiriman produk dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan bagi konsumen, packaging dapat memudahkan mereka dalam membawa dan menggunakan produk.

3. Membedakan Produk dari Kompetitor

Packaging berfungsi untuk memudahkan konsumen mengidentifikasi dan membedakan suatu produk dengan produk lainnya di pasaran. Produk yang dikemas secara menarik juga akan lebih mudah menarik perhatian konsumen.

4. Sebagai Ajang Promosi

Packaging yang dibuat menarik dan memuat informasi penting, dapat membuat produk lebih diminati konsumen. Dalam packaging, Anda dapat menyematkan kode promosi, voucher, bahkan campaign produk, agar konsumen melakukan pembelian ulang.

5. Sebagai Media Komunikasi Brand

Fungsi lain packaging adalah untuk membantu penjual mengomunikasikan identitas brand, pesan brand, atau informasi lainnya kepada khalayak luas. Anda dapat menggunakan komposisi warna yang merepresentasikan logo, brand, maskot, tagline, atau font, yang disesuaikan dengan ukuran kemasan.

6. Menambah Nilai Estetika Produk

Fungsi selanjutnya dari packaging adalah menambah nilai estetika dari sebuah produk. Misalnya, packaging yang sederhana dapat membuat produk jadi lebih menarik. Nilai estetika ini juga dapat membantu meningkatkan nilai jual suatu produk.

BACA JUGA: Apa itu Enkripsi? Pengertian, Manfaat, hingga Contohnya

Jenis-Jenis Packaging

Beberapa jenis packaging adalah sebagai berikut:

1. Packaging Primer

Seperti namanya, packaging primer adalah kemasan utama dari sebuah produk. Packaging ini berfungsi untuk membungkus serta menjaga dan melindungi produk dari potensi kerusakan.

Menghilangkan kemasan primer tentu dapat mengurangi kualitas produk. Selain untuk melindungi produk, packaging primer juga perlu menyematkan unsur estetika agar produk menjadi lebih menarik. Contohnya, kemasan botol minuman dengan logo brand.

2. Packaging Sekunder

Packaging sekunder adalah kemasan kedua dari suatu produk. Fungsi utamanya adalah untuk mengelompokkan atau menyatukan unit individu produk, agar memudahkan proses distribusi dalam jumlah besar. Menghilangkan packaging sekunder tidak akan memengaruhi kualitas produk.

Sebagai contoh, cincin plastik untuk menyatukan minuman kaleng, kardus untuk membungkus beberapa botol air mineral, dan lain-lain. 

3. Packaging Tersier

Tersier packaging artinya kemasan yang digunakan untuk mengelompokkan produk yang lebih besar lagi, agar lebih aman dan mudah selama proses pengiriman. Di dalam kemasan tersier, terdapat produk yang sudah dikemas dengan kemasan primer dan sekunder. Contohnya, kotak kayu atau boks kontainer.

Meski seringkali tidak digunakan kembali oleh konsumen, namun keberadaan packaging tetap perlu diperhatikan oleh penjual, karena manfaatnya yang begitu banyak. Memutuskan bentuk dan rupa packaging harus melalui proses yang kompleks, supaya fungsinya dapat dimaksimalkan.

Packaging adalah salah satu elemen utama yang perlu diperhatikan dari sebuah produk. Dengan packaging yang tepat dan menarik, konsumen akan semakin mudah mengingat produk Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb