Rumahweb Blog

Optimasi Kecepatan Akses Menggunakan PageSpeed

PageSpeed merupakan tools dari Google yang berguna untuk memberikan informasi mengenai performa kecepatan akses suatu halaman web, melalui perangkat seluler dan desktop, serta memberikan informasi cara meningkatkan performa halaman web tersebut.

Pada tahun 2010, Google menentukan kecepatan akses suatu website menjadi salah satu faktor penting yang nantinya akan diperhitungkan sebagai rangking Blog di SERP (Search Engine Result Page atau halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari).

Score PageSpeed berkisar antara 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai PageSpeednya, akan semakin baik. Bila score web Anda sudah mencapai 85 atau lebih, hal ini menunjukkan bahwa halaman website Anda telah bekerja dengan baik.

Website yang cepat ketika diakses, selain baik di mata SERP juga akan memanjakan pengunjung website untuk berlama-lama membuka halaman website Anda. Apalagi ditambah konten blog yang menarik, pasti pengunjung web akan semakin betah dan tidak bosan me-ngepo-in website Anda.

Faktor-faktor yang menentukan kecepatan halaman Web

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menjadi pertimbangan Google untuk menentukan rangking kecepatan suatu website:

  1. Hosting
    Menentukan penyedia layanan hosting menjadi yang pertama yang perlu Anda pertimbangkan. Saat ini banyak tawaran menggiurkan dengan banyaknya bermunculan penyedia hosting yang menawarkan harga murah, namun tidak diimbangi dengan spesifikasi server dan support yang baik. Untuk itu, Anda harus pandai-pandai memilih layanan hosting terbaik dan terpercaya.
  2. Gambar
    Ukuran gambar menjadi faktor penting berikutnya. Penggunaan gambar yang berukuran besar, akan memperlambat akses suatu website. Anda harus mempertimbangkan dengan baik, bagaimana menampilkan gambar yang jernih, tidak pecah namun tetap memberikan nilai tinggi pada PageSpeed.
  3. Widgets
    Widgets yang digunakan pada website, turut andil mempengaruhi nilai Page Speed. Meskipun dengan adanya widget membuat tampilan website lebih atraktif dan menarik, beberapa sumber mengatakan tombol action/ button pada widget akan memperlambat kecepatan akses website.Oleh karena itu, Anda harus lebih selektif dalam menambahkan widget di website. Gunakan widget bilamana benar-benar dibutuhkan.
  4. Banner Iklan
    Bagi Anda pelaku bisnis, penambahan iklan di website akan menambah pundi-pundi kantong Anda. Namun perlu diingat, penggunaan iklan yang berlebihan akan mengganggu kenyamanan visitor ketika menyelami website Anda. Selain itu banyaknya iklan yang tampil pasti akan membuat website menjadi lambat dan akan mempengaruhi nilai PageSpeed.
  5. Theme
    Faktor berikutnya yang berpengaruh pada nilai PageSpeed adalah pemilihan theme. Theme yang kompleks biasanya lebih interaktif. Namun kode-kode pendukung seperti CSS dan JavaScript perlu Anda optimasi agar menghasilkan nilai PageSpeed yang lebih baik.

Saat ini sudah terdapat banyak tools yang bisa digunakan untuk membantu dalam menganalisa suatu website. Anda bisa menggunakan PageSpeed Insights dari Google. Point-point yang ditampilkan merupakan hal-hal yang diperhitungkan Google untuk menentukan peringkat halaman website di SERP.

Beberapa tool tambahan yang digunakan untuk menganalisa PageSpeed website adalah

Demikian sedikit ulasan mengenai cara melakukan optimasi kecepatan akses website menggunakan PageSpeed. Semoga dengan ulasan di atas bisa membuat website anda menjadi lebih cepat, dan memiliki rangking yang bagus di SERP.

Berikan Komentar

RumahWeb