Rumahweb Blog
banner artikel - Mengenal Apa Itu OJS Adalah (Open Journal Systems)

Mengenal Apa Itu OJS (Open Journal Systems) Terlengkap

Bila Anda sedang mencari aplikasi yang digunakan untuk memudahkan dalam pengelolaan jurnal berbasis website, OJS adalah pilihan yang tepat. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal apa itu OJS (Open Journal Systems) secara lengkap.

Apa itu OJS

Open Journal Systems, atau yang biasa disingkat menjadi OJS adalah salah satu CMS yang populer digunakan untuk mengelola jurnal online berbasis website. OJS dapat Anda gunakan secara gratis karena bersifat open source. Anda juga dapat menginstalnya secara mudah di hosting, karena OJS sudah terdaftar sebagai salah satu fitur di Softaculous cPanel hosting.

Karena itulah, jika Anda ingin mengelola website jurnal ilmiah dengan mudah, murah, dan aman, OJS adalah pilihan tepat yang patut dicoba. Anda cukup memiliki layanan domain dan hosting di Rumahweb, dan menginstalnya melalui Softaculous.

Fungsi OJS

Ada beberapa fungsi dari OJS yang perlu Anda pahami terlebih dahulu. Empat fungsi dari OJS adalah:

  1. OJS membantu mengelola jurnal yang diterbitkan agar dapat diarsipkan dengan baik.
  2. Membantu memudahkan pengguna dalam mengakses artikel jurnal yang telah diterbitkan, sehingga bisa digunakan untuk membuat karya ilmiah.
  3. Membantu mengotomasi proses pengiriman artikel, seperti submission, review, editing, hingga revisi artikel.
  4. Proses komunikasi dua arah dan diskusi antara reviewer dengan editor, editor dengan penulis, dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan jurnal. 

BACA JUGA : Google Cendekia: Pengertian, Daftar, hingga Cara Menggunakan

Fitur OJS

OJS juga memiliki beberapa fitur menarik yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola jurnal. Fitur-fitur di dalam OJS adalah:

  1. OJS adalah  CMS yang terus dikembangkan, sehingga keamanannya lebih terjamin, dengan catatan Anda menggunakan versi OJS terbaru.  
  2. Dilengkapi plugin dan framework.
  3. OJS dapat di-install di server lokal.
  4. Support SEO (Search Engine Optimization).
  5. Editor dapat mengonfigurasi berbagai proses bisnis manajemen penerbitan jurnal, seperti sesi, proses review, persyaratan, dan masih banyak lagi. 
  6. Modul pembayaran.
  7. Notifikasi dan komentar dapat terhubung ke email pembaca.
  8. Memiliki tools pengarsipan berbasis website, harvesting, dan tools artikel yang menarik. 
  9. Dilengkapi tools ekspor ke berbagai sistem eksternal, seperti CrossRef, Google Analytics, dan lainnya. 
  10. Memiliki dukungan Online Help Support.
  11. Memiliki Reading Tool, yang memungkinkan editor untuk menampilkan informasi yang relevan dengan konten.
  12. Didukung fitur Online Submission dan Double-blind review, yang dapat digunakan untuk memegang kendali penuh dalam manajemen konten.
  13. Modul Subscriptions yang digunakan untuk membatasi hak pembaca. 
  14. Merupakan CMS yang digunakan sebagai solusi mengelola jurnal berstandar kelas dunia.

Dengan banyaknya fitur yang dapat membantu memudahkan dalam mengelola jurnal, maka tak salah jika OJS menjadi salah satu aplikasi dan CMS yang paling banyak digunakan di banyak negara di dunia.

Cara Install OJS di Hosting

OJS adalah CMS populer yang memiliki cara instalasi relatif mudah. Bila Anda menggunakan cPanel, Anda dapat menginstal OJS melalui tool Softaculous. Dengan langkah-langkah install OJS di hosting seperti berikut:

  1. Login ke cPanel hosting. 
  2. Pada kolom pencarian di sebelah atas, isi dengan kata kunci “Softaculous Apps Installer”.
  1. Ketikkan Open Journal Systems di bagian kolom pencarian.
  1. Anda akan dibawa ke halaman instalasi. Klik Install Now.
  1. Isi form instalasi terlebih dahulu.
  • Kolom Choose Installation URL: ganti menjadi nama domain yang ingin diinstall OJS. Disarankan menggunakan https supaya lebih secure. Bila website Anda belum di install SSL, Anda dapat menginstall SSL gratis di cPanel Rumahweb.
  • Kolom In Directory: Kosongkan dengan menghapus tulisan “OJS”, supaya website Anda dapat diakses menggunakan alamat https://namadomain.com/ bukan menggunakan alamat https://namadomain.com/ojs

Scroll ke bawah.

  • Admin username : Isikan username login ke halaman admin.
  • Admin password : Isikan password login ke halaman admin.

Baca juga : Tips Mengelola Password dengan Aman

  • Klik tombol Install.
  1. Selamat! Kini OJS telah berhasil diinstall.

Sangat mudah bukan cara install OJS di cPanel Rumahweb? Selanjutnya mari mempelajari cara mengelola OJS.

Cara Mengelola OJS

Setelah selesai menginstall OJS dari cPanel, langkah selanjutnya untuk menggunakan OJS adalah mengetahui cara mengelolanya. Berikut tutorial terlengkap cara mengelola OJS dari Rumahweb Indonesia.

Login OJS

Login ke halaman admin website OJS Anda. Defaultnya, akses URL admin melalui namadomain.com/index.php/index/login. Isikan user dan password admin sesuai dengan informasi yang telah Anda inputkan saat instalasi.

Apabila Anda lupa dengan user dan password admin OJS, tak perlu khawatir. Silakan mengikuti artikel kami tentang cara reset password OJS untuk mengatasinya. 

Penjelasan Fitur di OJS

Menurut buku Open Journal System versi 3, karya Handoko, Ikhwan Arief, Yuhefizar, peralihan dan referensi dari openjournalsystems.com, OJS versi 2 ke versi 3, ada banyak sekali perubahan yang signifikan, baik dari segi proses pengelolaan, tampilan, maupun fitur-fiturnya. Berikut beberapa fitur penting yang perlu Anda ketahui di OJS versi 3. 

1. Editorial Discussion

Fitur Editorial Discussion memungkinkan banyak pihak, seperti manager jurnal, editor, penulis, serta reviewer, terlibat dalam diskusi tentang penerbitan artikel. Pengguna juga dapat membuat topik diskusi, kemudian mengundang pengguna lain untuk berpartisipasi dalam diskusi tersebut.

2. Flexible Workflow

Ada 4 tahapan proses editorial di OJS 3, antara lain:

  • Pengiriman artikel (submission).
  • Peer review dan revisi artikel (review).
  • Proses perbaikan (copyediting).
  • Publikasi artikel ke format PDF atau HTML (production).

Di OJS versi 3,  editor dapat leluasa berpindah dari satu tahap ke tahap lainnya, tanpa perlu menyelesaikan tahapan sebelumnya secara berurutan. Sehingga dengan adanya fitur ini, memungkinkan editor dapat mengelola artikel lebih banyak dan lebih cepat.

3. Flexible Roles

Di OJS versi 3, diberikan fitur untuk membuat sendiri peran (roles) sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, bila Anda ingin mengubah peran Editor menjadi Penyunting, maka dapat dilakukan dengan mudah dengan menambahkan beberapa peran baru.

Anda juga dapat dengan mudah mengatur peran yang sudah disediakan oleh editor, misalnya menambahkan peran manajer jurnal, yang dapat melakukan Submission, Review, Copyediting, dan juga Production dengan cara menambahkan centang pada masing-masing tugas yang ingin ditambahkan atau dikurangkan. 

4. Flexible Task Access

Seringkali dalam pengelolaan jurnal di dalam organisasi, ada user yang memiliki peran ganda. Sebagai contoh, ada seorang yang berperan sebagai manajer journal, tapi juga memiliki peran lain sebagai seorang editor.

Di OJS 2, Anda harus menambahkan masing-masing peran untuk satu anggota. Namun di OJS 3 Anda bisa memberikan peran tambahan dengan mudah hanya dengan memanfaatkan fitur login as sehingga Anda dapat berganti peran.

5. Responsive Designed

OJS versi 3 menggunakan bootstrap sehingga membuatnya lebih menarik dan elegan. Dengan tampilan mobile friendly, ANda dapat menyesuaikan tampilan di berbagai device, baik versi mobile, desktop, ataupun tab.

OJS 3 juga memperbolehkan Anda untuk mengupload theme Bootstrap.

6. Simple Registration

OJS versi 3 memberikan kemudahan dalam proses registrasi. Pengembangan fitur registrasi dibuat dengan menyertakan informasi yang relevan, dan dibuat sederhana serta pengaturannya masih bisa disesuaikan oleh pengguna.

Penutup

Open Journal Systems atau yang disingkat OJS adalah CMS populer yang digunakan untuk membuat jurnal online berbasis website. OJS menawarkan kemudahan pengelolaan jurnal ilmiah sehingga banyak digunakan di berbagai negara.

Bila Anda membutuhkan layanan hosting yang mendukung website Open Journal System, Rumahweb dapat menjadi jawabannya! Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Anggit Puguh