Rumahweb Blog
banner - Apa itu networking adalah

Networking: Pengertian, Konsep Dasar dan Tutorial Untuk Pemula

Dalam dunia teknologi, networking adalah proses menghubungkan dua atau lebih perangkat untuk berbagi data dan fungsi secara lebih efektif dan efisien. Artikel ini akan membahas secara detail tentang apa itu networking beserta cara belajar networking yang efektif untuk pemula. Simak informasi berikut ini.

Dalam perkembangan teknologi, cara bertukar data secara publik maupun private dapat dilakukan melalui media kabel maupun nirkabel. Dalam prosesnya, pertukaran data memiliki ruang lingkup terbatas hingga skala yang lebih besar tergantung dari alat yang digunakan untuk berbagi informasi.

Untuk dapat menjalankan proses transaksi seperti kirim dan terima data, diperlukan sebuah struktur yang saling berhubungan, hal tersebut dinamakan networking atau jaringan.

Jaringan komputer atau networking adalah kumpulan entitas perangkat cerdas seperti komputer, smartphone, printer dan lainnya yang terhubung dan bisa berkomunikasi satu sama lain. Konsep dasar Network yaitu sebagai jaringan terpusat yang menghubungkan banyaknya perangkat berbeda secara bersamaan dalam infrastruktur jaringan yang jelas.

Istilah networking dalam kehidupan sehari-hari juga dikenal sebagai relasi pertemanan, masyarakat umum, hingga warga negara yang berhubungan dan bertukar informasi satu sama lain. Komunikasi dan bertukar data ini sejalan dengan networking dalam dunia IT dan merupakan bagian dari prinsip dasar networking itu sendiri.

Mulai dari bagian ini, kami akan membahas apa itu networking dalam dunia IT secara sederhana seperti konsep dasar dan cara belajarnya.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Apa itu Networking?

Dalam dunia IT, Networking adalah aktivitas sebuah jaringan komputer yang menghubungkan satu atau beberapa perangkat berbeda secara bersamaan dan terdistribusi untuk bisa berkomunikasi satu sama lain, seperti bertukar informasi penting hingga yang paling receh.

Networking biasanya memiliki beberapa aktivitas seperti bertukar data, keamanan, kolaborasi dan masih banyak hal lain. Jaringan komputer dapat menghubungkan berbagai perangkat cerdas, seperti komputer, smartphone, printer hingga perangkat IoT.

Menggunakan konsep networking, artinya Anda dapat terhubung ke jutaan perangkat komputer dan melakukan pertukaran informasi baik secara dekat maupun jarak jauh. Selanjutnya kita akan membahas fungsi network dibawah.

Fungsi Network

Seperti yang telah kami sampaikan diatas, bahwa network atau networking adalah aktivitas yang menghubungkan berbagai macam entitas perangkat agar saling berkomunikasi, bertukar data dan lainnya.

Network sendiri memiliki beberapa level penghubung yang biasa disebut access network. Dari Access Network ini, Anda dapat mengklasifikasi batasan dari jaringan yang akan dibuat dan digunakan. 

Contoh dari klasifikasi access network yang dimaksud, misalnya Local Area (LAN), Wide Area (WAN) dan Internet untuk cangkupan yang lebih luas tanpa batas. 

Jenis Networking Dasar

Setelah mengetahui apa itu networking beserta fungsinya, selanjutnya Anda perlu memahami tentang jenis-jenis networking dasar.

Saat ini, terdapat beberapa jenis networking berdasarkan area atau cakupan wilayah untuk distribusinya. Misalnya LAN, yang hanya bisa menjangkau area tertentu dan terbatas, berbeda dari WAN dan Internet.

Terdapat beberapa cara untuk terhubung ke jaringan komputer, contohnya melalui sambungan kabel atau gelombang radio (nirkabel) yang saat ini banyak digunakan dalam perumahan hingga perkantoran. Mungkin Anda salah satu penggunanya, namun belum menyadarinya.

1. LAN (Local Area Network)

Jenis networing yang pertama adalah Local Area Network atau yang biasa kita kenal dengan LAN. Sesuai dengan namanya, local area network memiliki jangkauan komunikasi yang cukup luas namun dalam ruang lingkup terbatas.

Misalnya, Anda menggunakan LAN hanya untuk komunikasi dalam rumah saja. Sebesar apapun rumah yang Anda miliki, LAN hanya dapat berkomunikasi di dalamnya.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Sesuai namanya, metropolitan yaitu wilayah dengan jangkauan perkotaan. MAN adalah jaringan komputer yang mencakup area luas terbatas seperti kota.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN memastikan Anda dapat berkomunikasi dengan tetangga rumah, hingga cangkupan satu negara atau benua. Jangkauan yang ditawarkan WAN, jauh lebih baik jika Anda memiliki bisnis yang lebih besar. Pada klasifikasi WAN, sering juga digunakan dalam basis militer untuk bertukar data secara rahasia tanpa harus terhubung ke internet.

4. Internet

Jaringan internet adalah networking tingkat global karena dapat menghubungkan banyaknya perangkat dari negara-negara yang berbeda untuk komunikasi. Melalui internet, Anda dapat terhubung dengan jutaan perangkat komputer diseluruh dunia.

5. Intranet

Intranet masuk dalam ruang lingkup teknologi jaringan private yang sering diterapkan dalam organisasi atau perusahaan untuk mempercepat pertukaran data dan mengutamakan privasi.

Sederhananya, Intranet ibaratkan jaringan komputer yang diperuntukan hanya untuk beberapa kamar dalam satu rumah dan dapat diterapkan dalam klasifikasi LAN maupun WAN.

6. Extranet

Jaringan extranet berfungsi untuk memperluas akses intranet pusat ke pihak luar, seperti kantor cabang, pelanggan atau pemasok. Ekstranet hanya dapat berfungsi untuk melebarkan komunikasi antar jaringan intranet A ke intranet B dan seterusnya.

7. Wireless

Jenis networking dasar yang terakhir adalah Wireless. Wireless merupakan teknologi networking yang mengadopsi gelombang radio sebagai sarana komunikasi dengan perangkat cerdas komputer, smartphone dan lainnya.

Teknologi Wireless bisa ditemukan pada perangkat sejenis router, modem, smartphone hingga Base Transceiver Station(BTS) internet service provider. 

Istilah networking yang umum digunakan

Setelah mengetahui jenis networking dasar, selanjutnya kami akan membahas tentang istilah umum yang digunakan berkaitan dengan networking. Berikut diantaranya:

1. IP Address

IP Address adalah alamat unik yang didistribusikan oleh perangkat network router ke perangkat terhubung seperti komputer, smartphone dan lainnya.

Saat ini, IP Address memiliki beberapa klasifikasi dan kelas, misalnya klasifikasi IP Address lokal dan IP Address publik. Sedangkan kelas IP Address ditentukan dari range dan jumlah host, contoh IP Address kelas A memiliki maksimal host hingga 16.777.216. Begitu juga untuk kelas B, C, D dan kelas E yang memiliki klasifikasi berbeda.

2. Topologi

Istilah dalam networking selanjutnya adalah topologi. Topologi adalah struktur jaringan komputer yang menggambarkan detail dari penghubung perangkat server dan client untuk berkomunikasi satu sama lain. 

Selain itu, Topologi jaringan memiliki beberapa klasifikasi standar infrastruktur jaringan, seperti topologi stars, topologi bus, topologi ring, dan topologi mesh. Dari banyaknya topologi jaringan, yang paling banyak digunakan adalah topologi stars dan yang mudah diterapkan adalah topologi bus.

3. Router

Router adalah perangkat jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan berbeda dan meneruskan paket data antar jaringan. Perangkat router sering digunakan untuk menghubungkan beberapa sumber jaringan agar bisa berkomunikasi dan bertukar data.

4. Hub

Hub adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam suatu jaringan lokal. Perangkat ini berfungsi sebagai pusat komunikasi yang memungkinkan data dikirim dan diterima oleh semua perangkat yang terhubung ke hub.

5. Gateway

Gateway atau gerbang dalam jaringan komputer biasanya berguna untuk menghubungkan dua jaringan protokol yang berbeda.

6. Protokol

Protokol merupakan kumpulan aturan yang mengatur komunikasi data dalam jaringan, misalnya TCP/IP, HTTP/S, SMTP, IMAP/POP3, FTP dan lainnya.

Selain itu, protokol memiliki peran berbeda sesuai jenisnya dan yang paling sering kita gunakan tanpa disadari adalah HTTP/S untuk menjalankan website di web browser.

7. Bandwidth

Bandwidth berkaitan dengan kapasitas transfer data dalam suatu jaringan komputer. Kapasitas bandwith dalam jaringan lokal hampir tidak terbatas, berbeda jika Anda menggunakan jaringan berbasis internet yang memiliki kapasitas tertentu. 

Hal ini disebabkan karena jaringan publik/internet dipengaruhi beberapa faktor seperti settingan perangkat router, alokasi kapasitas dari provider internet dan lain-lain.

8. DNS

Domain Name System (DNS) adalah sistem translator nama domain menjadi sebuah alamat IP Address.

Translator nama domain ini memastikan hostname yang Anda panggil seperti www.rumahweb.com di browser, dapat dikenali oleh server yang ditandai dengan IP Address dan kemudian dikembalikan ke browser Anda dalam bentuk konten website.

9. DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP adalah protokol jaringan yang berfungsi memberikan pengalamatan IP Address secara otomatis ke perangkat cerdas yang terhubung dalam jaringan.

10. WiFi

WiFi adalah teknologi jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel(nirkabel) untuk menghubungkan perangkat sekitar, dengan begitu Anda dapat terhubung secara langsung dan dengan jarak yang lebih fleksibel.

Teknologi WiFi memungkinkan Anda dapat terhubung secara seamless jika berada di dalam cangkupan area gelombang radio yang dipancarkan.

Tutorial Networking Untuk Pemula

Belajar jaringan komputer dasar dapat dimulai dari memahami konsep jaringan itu sendiri, kemudian juga mengenal perangkat jaringan seperti server, router dan lainnya.

Terdapat beberapa poin yang perlu Anda pahami untuk mempelajari networking dasar, berikut adalah diantaranya:

1. Pahami pengertian dasar Networking

Disini Anda harus mengetahui konsep jaringan, cara kerja jaringan dan perangkat jaringan secara lebih spesifik. Seperti yang telah kami bahas, bahwa jaringan komputer menghubungkan jutaan perangkat komputer.

Menghubungkan jutaan perangkat komputer ini tidak lepas dari adanya topologi untuk menentukan infrastruktur jaringan termasuk alat pendukungnya seperti router dan lainnya. 

Selengkapnya untuk belajar konsep jaringan komputer bisa Anda pelajari di artikel berikut: Apa Itu Jaringan Komputer

2. Mengenal Perangkat Networking

Selanjutnya dalam belajar networking dasar adalah mengenal perangkat yang nantinya akan Anda gunakan. Setidaknya, ada 3 perangkat dalam networking dasar yang perlu Anda pahami, yaitu:

  • Router: Mengarahkan lalu lintas antar jaringan dan menghubungkan jaringan lokal ke internet.
  • Switch: Menghubungkan perangkat dalam satu jaringan lokal (LAN) agar bisa berkomunikasi.
  • Access Point: Perangkat yang memungkinkan koneksi nirkabel di jaringan.

3. Memahami Topologi Jaringan

Mengetahui dasar jaringan juga dimulai dari mengetahui topologi yang bisa digunakan dalam ruang lingkup yang dimiliki. Terdapat berbagai macam topologi jaringan, misalnya stars, bus, mesh, ring dan bagaimana data dapat berproses didalamnya.

Selengkapnya tentang berbagai macam topologi bisa Anda pelajari pada url berikut.

4. Memahami Protokol Jaringan

Jaringan komputer memiliki beberapa protokol yang perlu Anda ketahui. Misalnya, ketika Anda ingin menghubungkan antar perangkat komputer, maka diperlukan protokol TCP/IP.

Protokol sendiri merupakan jalur komunikasi data yang telah ditentukan dan dijalankan dalam pipeline jaringan komputer sesuai fungsi dan ketentuannya. 

Contoh lain protokol jaringan komputer yaitu DNS, HTTP, FTP, SMTP dan lainnya seperti yang telah kami sampaikan dibagian istilah networking yang umum digunakan.

5. Memahami dasar pengalamatan IP

Menentukan dan mendistribusikan alamat IP diperlukan pengetahuan dasar tentang klasifikasi dan kelas IP Address. Pada prakteknya, penggunaan alamat IP secara terbatas seperti perumahan hingga sekolahan sering menggunakan kelas C IP Address. 

Pada table dibawah, kami akan memberikan gambaran terkait rentang alamat IP yang bisa digunakan.

KelasRentang AlamatBit untuk JaringanBit untuk HostJumlah Host Maksimal per Jaringan
A1.0.0.0 – 127.255.255.25582416.777.214
B128.0.0.0 – 191.255.255.255161665.534
C192.168.0.0 – 223.255.255.255248254
D224.0.0.0 – 239.255.255.255Multicast
E240.0.0.0 – 255.255.255.255Experimental

6. Belajar Simulasi Networking

Bagi Anda yang belum memiliki perangkat seperti router atau Access Point untuk dapat belajar secara langsung, anda dapat menggunakan simulasi online dengan software package Tracert dari Cisco. Dengan Tracert, Anda dapat melihat bagaimana paket melewati berbagai router dan node, serta mengidentifikasi potensi masalah koneksi di berbagai titik.

Selengkapnya tentang simulasi package Tracert bisa Anda cari tahu disini.

Kesimpulan

Networking adalah proses menghubungkan perangkat untuk berbagi data dan fungsi. Konsep dasarnya mencakup perangkat seperti router, switch, dan IP address. Untuk mempelajarinya, Anda bisa mulai dengan memahami istilah dasar dan menggunakan alat simulasi seperti Cisco Packet Tracer untuk latihan praktis mengelola jaringan.

Demikian artikel kami tentang apa itu networking, fungsi hingga tutorial untuk pemula, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Fredric Lesomar