Rumahweb Blog
benner blog - Contoh Naskah Podcast dan Cara Membuatnya Untuk Pemula-min

Contoh Naskah Podcast dan Cara Membuatnya Untuk Pemula

Membuat podcast tidak sekedar perkara merekam suara saja. Meskipun semua alat telah dipersiapkan dan narasumber didapatkan, naskah podcast juga harus dipersiapkan agar proses rekaman berjalan lancar dan terarah. Membuat naskah podcast akan sangat membantu apabila podcaster bukanlah orang yang terbiasa berbicara di depan microphone dalam waktu yang cukup lama.

Dengan adanya naskah podcast, podcaster akan memiliki guide sehingga berpotensi mengurangi rasa grogi. Hampir mirip dengan naskah siaran radio, naskah podcast dibuat dengan tujuan untuk:

  • Panduan bagi podcaster agar tidak lupa mengucapkan poin-poin penting
  • Mengurangi rasa khawatir dan stres yang mungkin muncul saat podcaster diharuskan mengingat volume materi yang besar
  • Dengan menuangkannya dalam bentuk naskah, akan membantu proses eksplorasi materi agar lebih mendalam, sehingga podcast akan jadi lebih menarik
  • Memperkecil kemungkinan terjadi kesalahan terkait akurasi penyampaian informasi
  • Membantu menata alur berpikir secara logis dan menuntun alur dalam bertutur
  • Membantu podcaster untuk lebih memahami sebuah materi guna mempertajam gaya bertutur podcaster. Dengan demikian, podcaster bisa membawakan podcast dengan nada dan intonasi yang tidak monoton
  • Sebagai dokumentasi materi dari tiap episode podcast yang diproduksi.

Baca juga artikel : Apa itu Podcast

Bagi podcaster pemula, sebelum menulis naskah podcast, penting untuk terlebih dahulu memutuskan topik dari podcast yang hendak dibuat. Podcast dengan topik yang tersegmentasi, akan mempermudah pendengar untuk mengidentifikasi sebuah podcast.

Setelah memutuskan podcast Anda akan fokus di topik apa, waktunya untuk menulis naskah podcast. Ikuti panduan berikut ini dalam menulis tiga jenis naskah podcast.

1. Naskah Podcast Manuskrip

Terlebih bagi podcaster pemula yang belum terbiasa merekam suaranya sendiri, disarankan untuk menulis naskah podcast dengan format kata per kata. Artinya, naskah ini ditulis kata per kata secara terstruktur, lengkap, yang nantinya akan dibaca secara keseluruhan. Teknik ini juga dikenal dengan sebutan manuskrip.

Dengan membaca naskah podcast manuskrip, akan memastikan podcaster menyampaikan semua hal yang perlu diucapkan. Dengan demikian, semua informasi tidak ada yang tertinggal, dengan akurasi fakta dan data yang tepat.

Naskah podcast jenis ini juga akan membantu bagi podcaster yang masih kurang merasa percaya diri dengan kemampuan public speaking-nya. Bagi podcaster yang lebih suka pendekatan yang terstruktur, naskah ini cocok untuk mereka.

Namun, naskah podcast jenis manuskrip juga memiliki kelemahan. Dengan mengikuti naskah podcast manuskrip, pembawaan podcaster bisa berpotensi menjadi kaku dan terdengar kurang luwes. Efeknya, pendengar bisa merasa cepat merasa bosan mendengarkan podcast. Tips untuk menghindar hal ini, cobalah membubuhkan tanda baca pada naskah. Beri tanda / (garis miring satu) untuk koma, // (garis miring dua) untuk titik. Tanda-tanda baca ini akan memberi panduan pada podcaster, bagian mana saja yang perlu diberi penekanan, sehingga podcast terdengar lebih dinamis dan enak diikuti.

Berikut ini adalah contoh naskah podcast kata per kata untuk format podcast monolog, yang bisa diadaptasi sesuai dengan podcast Anda.

Podcast Rumahweb Podcast
Episode 1
Title Keuntungan Memiliki Email Domain Bagi Bisnis Anda
Date 15 Mei 2021
Music Free Music YouTube Library

Bumper Original Podcast

 

Opening Hai/ Apa kabar//

Kembali lagi bersama saya … di Rumahweb Podcast// Bagi Anda yang baru pertama kali mendengarkan/ selamat datang// Rumahweb Podcast adalah podcast dimana segala hal tentang website/ SEO/ dan bisnis akan dibahas secara tuntas// Dan di episode kali ini/ kita akan membahas tentang alasan pentingnya memiliki email domain untuk bisnis Anda//

Content Apakah Anda memiliki bisnis tapi masih memakai email gratisan seperti Gmail atau Yahoo?// Jika iya/ sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan email dengan domain Anda sendiri// Coba deh/ bandingkan antara namabisnis@gmail.com/ dan namaanda@namabisnis.com// Tentu lebih keren yang kedua kan//

Selain akan terdengar lebih kredibel dan profesional/ memiliki alamat email domain untuk bisnis juga punya banyak manfaat//

Closing Gimana/ tertarik kan bikin email domain untuk bisnis Anda?// Jangan lupa untuk memilih penyedia layanan yang terpercaya juga ya!//

Kalau Anda mau info lebih banyak tentang email domain/ bisa dibaca artikel-artikelnya di blog Rumahweb/ atau ikuti channel YouTube dan podcast kita untuk informas-informasi seputar website/ SEO/ dan bisnis yang bermanfaat lainnya// Saatnya saya … undur diri/ sampai bertemu di Rumahweb Podcast episode selanjutnya// Bye!//

2. Naskah Podcast Kerangka Episode/ Episode Framework

Jika Anda sudah mulai nyaman dan terbiasa berbicara di depan microphone untuk merekam podcast, Anda bisa memilih untuk menulis naskah podcast kerangka episode. Pada dasarnya, naskah podcast kerangka episode berisi garis besar dari satu episode yang hendak direkam. Berbeda dengan naskah podcast kata per kata, yang tercantum dalam naskah podcast jenis ini, hanyalah poin-poin utama yang ingin disampaikan saja, lengkap dengan informasi tambahan yang dibutuhkan. 

Naskah podcast jenis ini akan membantu podcaster untuk bisa berbicara secara lebih terstruktur, tapi masih memiliki keleluasaan untuk berimprovisasi saat berbicara.

Berikut ini adalah contoh naskah podcast kerangka episode untuk format podcast interview.

Podcast Rumahweb Podcast
Episode 3
Title Mengenal Serverless Computing dan Cloud Database
Date 20 Mei 2021
Music Free Music Youtube Library

Bumper Original Podcast

Duration 45 minutes

 

Rundown Duration Content
Bumper 10 seconds Music Bumper
Opening 3 minutes Episode Introduction

Guest Profile

Eggy Tanuwijaya – Solution Architect (Alibaba Cloud)

Interview Part 1 10 minutes
  • Apa itu Relational Database Service (RDS)?
  • Apa bedanya dengan layanan database konvensional?
Smash music 5 seconds Smash Music Type 3
Interview Part 2 10 minutes
  • Website jenis apa saja yang cocok menggunakan RDS?
  • Kenapa harus mulai beralih ke RDS?
Q & A 10 minutes Tiga pertanyaan dari audiens via Instagram:
  • Bagaimana setting infrastruktur di serverless computing?
Conclusion 5 minutes
Closing 5 minutes Ucapan terima kasih untuk narasumber tamu

Call to action (“Jangan lupa subscribe/follow…”)

Bumper 10 seconds Music Bumper

3. Naskah Podcast Bullet Points

Naskah podcast jenis bullet points cocok untuk podcaster yang sudah nyaman dan handal melakukan improvisasi dalam sesi rekaman suara. Jenis naskah seperti ini merupakan format yang paling sederhana, bila dibandingkan dengan dua format sebelumnya. Anda hanya cukup menuliskan judul episode pada bagian header, dan diikuti dengan poin-poin garis besar yang ingin disampaikan saja.

Naskah podcast bullet points akan membuat cara berbicara podcaster menjadi lebih santai dan mengalir. Kendati demikian, jika podcaster hilang tidak fokus atau hilang konsentrasi di tengah-tengah proses rekaman, podcaster biasanya akan berbicara semakin melebar di luar topik yang sudah ditentukan. Kemampuan improvisasi sangat penting dimiliki jika memutuskan untuk membuat naskah podcast jenis ini. Jika tidak, podcaster cenderung akan banyak mengeluarkan filler words seperti “ehmm..” atau “uhhh” yang bila terlalu sering diucapkan, jelas akan mengganggu kenyamanan pendengar.

Berikut ini adalah contoh naskah podcast bullet points.

Podcast Rumahweb Podcast
Episode 6
Title Semua Orang Bisa Jadi Influencer
Date 26 Mei 2021
Music Free Music Youtube Library

Bumper Original Podcast

  1. Apa itu Personal Branding
  2. Tujuan Personal Branding
  3. Cara Membangun Personal Branding
  • Kenali Diri (SWOT)
  • Publikasikan Portofolio
  • Bergabung Komunitas
  • Aktivasi sosmed

Naskah podcast jenis apapun yang Anda putuskan untuk pilih tidaklah masalah. Untuk pemula, bisa dimulai dengan menulis naskah podcast kata per kata. Lalu, jika dirasa kepercayaan diri sudah semakin terbentuk dan nyaman berbicara saat rekaman, Anda bisa beralih ke dua jenis naskah lainnya yang lebih fleksibel.

Setelah memiliki naskah podcast, jangan lupa mempersiapkan 7 Alat Podcast yang Wajib Dipersiapkan. Selain itu, baca juga 5 Aplikasi Podcast Gratis Terbaik dan 5 Podcast Microphones Terbaik di Tahun 2021 agar Anda semakin siap dalam membuat podcast yang keren!

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana