Rumahweb Blog
Banner - Mind Mapping Pengertian, Fungsi, hingga Cara Membuatnya

Mind Mapping: Pengertian, Fungsi, hingga Cara Membuatnya

Mind mapping adalah salah satu teknik pembelajaran yang dianggap sangat membantu. Dengan mind mapping, Anda bisa menyusun catatan atau informasi dengan lebih mudah. Nyatanya, mind map adalah teknik yang juga bisa diandalkan dalam pekerjaan.

Apa itu mind mapping, apa fungsinya, dan bagaimana cara membuatnya? Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia akan mengulas semuanya. Disimak, yuk!

Apa itu Mind Mapping

Secara harfiah, arti mind map atau mind mapping adalah memetakan pikiran. Lebih jelasnya, mind mapping adalah teknik menyusun catatan atau informasi dalam bentuk yang lebih kreatif.

Jadi, informasi atau konsep yang ada tidak hanya dicatat dalam bentuk tulisan biasa. Informasi ini divisualisasikan atau dibuat dalam bentuk grafis sehingga lebih mudah diingat dan dipahami.

Mind mapping membuat kerja otak semakin optimal. Hal ini karena Anda sudah menentukan tema besar informasi tersebut, lalu menguraikannya ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil lagi. Hasilnya, informasi bisa dipahami secara lebih komprehensif.

BACA JUGA: Kreatif Adalah: Pengertian, Ciri-ciri dan Cara Meningkatkan

Fungsi Mind Mapping

Mind mapping adalah sebuah teknik dalam mengolah informasi. Teknik ini tentu memiliki banyak fungsi atau manfaat. Misalnya, memudahkan perencanaan, komunikasi, menyelesaikan masalah, dan masih banyak lagi.

Beberapa fungsi dari mind mapping adalah sebagai berikut

1. Meningkatkan Kemampuan dalam Memahami dan Membantu Proses Pembelajaran

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mind map adalah teknik yang bisa mengoptimalkan cara kerja otak. Dengan mind mapping, Anda akan lebih mudah memahami suatu materi secara komprehensif dengan mengelompokkan informasi yang ada.

Hal ini tentu sangat membantu Anda dalam proses pembelajaran atau dalam memahami suatu konsep secara umum.

2. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Mind mapping juga dinilai dapat meningkatkan produktivitas seseorang. Hal ini karena ia akan lebih cepat memahami suatu informasi. Selain itu, mind mapping juga menambah kreativitas. Dengan mind map, Anda akan dituntut untuk mengolah atau menyajikan informasi dengan lebih mudah dan menarik. 

3. Melatih Diri Memahami dan Memilah Informasi Penting

Mind mapping adalah teknik pengolahan informasi. Dengan membiasakan diri membuat mind mapping, Anda akan mampu menentukan dan menguraikan topik besar menjadi kelompok informasi yang lebih kecil atau detail. 

4. Meningkatkan Ketelitian dalam Menyusun dan Mengolah Informasi

Sejalan dengan fungsi sebelumnya, mind mapping juga akan meningkatkan ketelitian dalam menyusun informasi. Anda akan terbiasa mengurutkan atau mengelompokkan informasi dari yang paling penting sampai ke yang tidak begitu penting. Selain itu, Anda juga dapat melihat hubungan antar masing-masing informasi dengan mudah

5. Efisiensi Waktu

Salah satu hal yang paling terasa ketika terbiasa menggunakan mind mapping adalah penggunaan waktu yang lebih efisien. Jika Anda sudah terbiasa memetakan pikiran, waktu yang dibutuhkan untuk mengolah informasi akan semakin sedikit.

Pun ketika Anda mencoba mengingat informasi tersebut, otak akan membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat, karena sudah terpetakan. 

BACA JUGA: Efisien Adalah: Pengertian, Konsep, dan Manfaatnya

Jenis Mind Mapping

Mind mapping dapat dibagi menjadi banyak jenis. Jenis mind map ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan mengolah informasi. Secara umum, jenis mind mapping adalah sebagai berikut:

1. Flow Map

Jenis pertama mind mapping yang bisa dicoba adalah flow map. Biasanya, flow map digunakan saat membuat rangkaian proses atau mengelompokkan ide dan turunannya.

Mind map ini umumnya berbentuk kolom berisi ide dan terhubung dengan cabang-cabang yang membentuk sebuah alur. Flow map juga sering digunakan untuk mengidentifikasi masalah atau konsep.

2. Bubble Map

Jenis satu ini biasa digunakan untuk menjelaskan ide atau konsep sesederhana mungkin. Akan ada satu gelembung besar yang menjadi topik utama, dan kemudian gelembung-gelembung kecil yang terhubung ke gelembung besar tadi.

Gelembung-gelembung kecil ini berisi kata-kata singkat yang menjabarkan ide utama tadi.

3. Tree Map

Jenis lain yang bisa Anda coba dari mind map adalah tree map atau peta pohon. Tree map biasanya digunakan untuk mengklasifikasi atau mengkategorisasikan data sesuai dengan tema utama. Misalnya saat Anda ingin memetakan tingkatan atau prosedur.

Cara Membuat Mind Mapping

Membuat mind map sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu menemukan hubungan antara informasi yang ada dengan tema besarnya. Cara membuat mind mapping adalah:

1. Tentukan Topik Utama

Hal paling awal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tema atau topik utama. Biasanya, topik ini berasal dari masalah yang ingin diselesaikan atau dari topik yang cakupannya luas. Tempatkan topik utama ini di tengah.

2. Uraikan dalam Cabang Utama

Uraikan topik tersebut ke dalam cabang-cabang utama yang masih berkaitan. Posisikan cabang-cabang utama ini di sekeliling topik utama.

3. Pecah Cabang Utama ke dalam Sub-topik

Jika sudah menemukan beberapa cabang utama, selanjutnya Anda bisa menguraikannya ke dalam sub-topik yang lebih spesifik. Sub-topik ini dapat juga diibaratkan dengan ranting kecil dari cabang utama.

4. Hubungkan Ide-ide yang Ada dengan Garis

Jangan lupa hubungkan kelompok informasi tadi dengan garis. Anda bisa menggunakan warna yang berbeda untuk mempertegas hubungan antara satu kelompok informasi dengan kelompok informasi lain atau dengan topik utama.

Pastikan kata kunci yang digunakan mengingatkan Anda pada inti dari ide-ide atau informasi yang ada. 

BACA JUGA: 10 Ide Jualan Online yang Paling Banyak Dicari

Contoh Mind Mapping

Untuk lebih memahami tentang mind mapping, Rumahweb akan memberikan satu contoh mind map untuk Anda.

Sebagai contoh, topik utama yang ingin dipetakan adalah tentang digital marketing. Topik utama ini bisa dijabarkan ke dalam beberapa cabang utama. Misalnya, content marketing, media sosial, SEO, website design, dan customer feedback.

Cabang-cabang utama ini dapat dijabarkan lagi menjadi ide yang lebih spesifik. Sebagai contoh, cabang media sosial bisa dispesifikkan ke dalam platform yang digunakan. Misalnya, Facebook, Twitter, dan Instagram.

Begitu pun dengan SEO, yang dapat diuraikan dengan lebih spesifik lagi, menjadi link building, blogging, website optimization, hingga keyword optimization. Sebuah gambar dari Creately di bawah ini mungkin dapat memudahkan pemahaman Anda terhadap mind mapping.

mind mapping

Itulah pengertian beserta contoh mind mapping. Mind mapping adalah teknik yang patut dicoba untuk memahami suatu konsep atau materi dengan lebih mudah dan cepat. Anda juga akan terbantu saat ingin mengingat kembali informasi tersebut sewaktu-waktu. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing