Rumahweb Blog
banner blog - Mengenal Lebih Dekat Internet Positif

Mengenal Lebih Dekat Internet Positif

Pernahkan Anda mengakses suatu website namun tidak bisa karena di block internet positif? Atau mungkin website Anda sendiri tidak bisa dibuka karena terkena internet positif? Lantas apa penyebabnya, dan mengapa hal itu bisa terjadi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini Rumahweb akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat dengan internet positif.

Internet Positif

Merupakan tindak lanjut dari Pemerintah melalui Kominfo menanggapi keresahan masyarakat, karena banyaknya website konten negatif yang bertebaran di Internet. Untuk mencapai indonesia internet sehat, dilansir dari halaman resmi https://trustpositif.kominfo.go.id/ menuliskan tujuan Trust Positif antara lain ;

Internet Aman dan Sehat

Internet yang aman dan sehat dengan perlindungan terhadap akses internet berdasarkan daftar informasi sehat dan terpercaya (TRUST+™ List)

Perlindungan

Perlindungan pada masyarakat terhadap nilai-nilai etika, moral, dan kaedah-kaedah yang tidak sesuai dengan citra Bangsa Indonesia.

Penghematan

Penghematan terhadap pemborosan penggunaan akses internet (internet utilization) di Indonesia.

Website yang terkena dampak ini adalah website yang mengandung konten judi, pornografi, Sara, penipuan, hak cipta, Normalisasi, kekerasan atau mengandung konten yang tidak sesuai dengan nilai moral Bangsa Indonesia.
Perlu diketahui, tampilannya berasal dari pengguna akses internet Telkom atau Telkomsel. Ketika website yang dituju sudah masuk kedalam daftar blacklist, saat diakses akan diarahkan ke halaman Internet Positif. Sedangkan untuk pengguna First Media, Anda akan diarahkan ke halaman Internet Sehat dan Aman.

Cara Kerja Internet Positif

Tampilan internet positif akan tampil pada website yang telah diblock yang masuk kedalam daftar blacklist. Kominfo bekerjasama dengan ISP menutup akses yang mengarah ke website yang bermuatan konten negatif tersebut. Melalui halaman resminya, kominfo menginformasikan ada 3 perlindungan yang difokuskan. 

  1. Perlindungan terhadap Top-Level Domain
  2. Perlindungan terhadap URL
  3. Perlindungan terhadap Content/Keyword/ Expression

Mengapa Website Saya Terkena Internet Positif

Ketika website Anda terkena block dan website Anda tidak mengandung konten negatif seperti yang disebutkan diatas, maka Anda bisa mengajukan banding dengan menghubungi email aduankonten@kominfo.go.id . Anda bisa juga melaporkan bila menemukan website yang mengandung konten negatif melalui email tersebut.

Internet Positif atau Trust positif sangatlah diperlukan untuk kebutuhan internet sehat di Indonesia. Sebagaimana kita tahu internet bisa sangat membantu, namun dilain sisi juga sangat membahayakan bila kita tidak memfilter konten yang akan dikonsumsi. Melalui Internet Positif atau Trust positif  ini, pemerintah telah mempertimbangkan berbagai aspek baik dan buruk untuk memberlakukan sistem ini. Dan kita sebagai netizen yang baik juga perlu mengetahui tentang tujuan ini, supaya dapat mengendalikan atau memberi batasan akses untuk anak-anak dan keluarga kita di Rumah. Mari dukung pemerintah untuk menciptakan Internet sehat dan bijak.

Untuk Anda yang akan membuat website atau ingin memiliki server hosting yang cepat dan support terbaik,  jangan lewatkan promo-promo menarik dari Rumahweb yang update setiap harinya. Rumahweb akan membantu Anda untuk memiliki website yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi