Rumahweb Blog
banner blog - Mengenal IP Address dan Dimana Menemukannya

Mengenal IP Address dan Dimana Menemukannya

Saat hendak mengunjungi sebuah website, biasanya yang kita ketik di address bar adalah nama domain situs tujuan. Contohnya, bila ingin mencari definisi kata asing, lirik lagu, resep masakan, atau apapun, kita akan mengetik “Google.com” di browser.

Secara teknis, alamat dari sebuah website di internet sebenarnya bukanlah nama domain, melainkan Internet Protocol (IP) address yang berbentuk numerik.

IP Google adalah “216.58.217.206.” Namun, karena deretan angka seperti ini cenderung lebih susah dihafal, kita cenderung hanya mengingat nama domainnya saja. Namun, IP punya peranan penting dalam cara kerja internet. Karena protokolnya dirancang agar lokasi semua perangkat digital yang terhubung ke internet bisa diidentifikasi dan dibedakan, IP memungkinkan perangkat-perangkat tersebut untuk bisa mengirim dan menerima data satu sama lain.

Definisi IP Address

Internet Protocol (IP) address adalah sebuah label unik yang diberikan pada website, server, dan perangkat-perangkat digital seperti komputer, printer, modem, dan perangkat pintar lainnya. Perangkat-perangkat tersebut kemudian menggunakan tanda pengenal unik ini untuk mengirim dan mengambil data dari perangkat tertentu yang terhubung ke internet.

Proses yang sama juga berlaku untuk situs web dan browser web. Saat Anda mengetik nama domain ke address bar, permintaan akan dikirim ke Domain Name System (DNS) untuk menerjemahkan nama domain tersebut menjadi IP address. Permintaan ini kemudian dikirim ke server tempat website yang dituju di-hosting. Server situs website kemudian akan mengambil file yang sesuai dan menampilkannya di jendela browser Anda. Keseluruhan proses ini tidak akan mungkin bisa terjadi tanpa adanya IP address.

Format IP Address

Format IP yang paling umum, IPv4, terdiri dari empat angka yang saling dipisahkan oleh tanda titik, di mana pilihan masing-masing angkanya mulai dari nol hingga 225.

Sedangkan, untuk format yang lebih baru, IPv6, terdiri dari delapan set heksadesimal empat digit yang saling dipisahkan oleh titik dua. Nilai-nilai yang mungkin dipakai sebagai kombinasi dari digit heksadesimal adalah angka 0 sampai 9, dan huruf a sampai f. Hampir semua perangkat komputer saat ini memiliki alamat IPv4 dan IPv6.

Format IPv6 memang sengaja dibuat lebih rumit ketimbang IPv4. Dengan menggunakan format IPv4, ada sekitar 4,3 miliar IP unik yang tersedia. Meskipun terdengar sangat banyak, nyatanya ketersediaannya sudah hampir habis. Sedangkan, dengan menggunakan format IPv6, akan ada IP unik sebanyak 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456. Saking banyaknya, diperkirakan IP ini tidak akan pernah habis dipakai.

Fungsi IP Address

Telah disebutkan sebelumnya bahwa dengan adanya IP address, memungkinkan website, server, dan perangkat-perangkat digital untuk bisa mengirim dan menerima data satu sama lain.

Penjelasan lebih rincinya, IP address punya peran penting dalam apa yang disebut sebagai packet-switching technology. Dengan teknologi ini, data bisa dipecah menjadi bagian-bagian lebih kecil yang disebut dengan “packets.” Packets ini memuat data yang diminta dan informasi routing, di mana di dalamnya juga termasuk IP tujuan.

Informasi ini sangat penting karena tak hanya agar packets tahu tujuan mereka, tapi juga memungkinkan beberapa packets untuk dikirim melalui routes yang berbeda dan tetap bisa sampai di tujuan yang benar dengan cara yang paling efisien. Lalu, perangkat yang menerima packets kemudian akan merakit packets menjadi data yang utuh.

Singkatnya, IP address bertanggung jawab atas pengiriman data yang lebih cepat dan efisien.

Dimana Bisa Menemukan IP Address Anda?

Mengetahui IP website Anda berguna untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan website Anda. IP address Anda bisa memengaruhi sertifikat SSL, keterkiriman email, dan masih banyak lagi. Misalnya, jika Anda menjumpai redirect loop error di situs WordPress Anda, IP address Anda kemungkinan ada hubungannya dengan hal itu.

IP address bisa dengan mudah ditemukan di website dashboard atau akun web hosting. Contohnya, untuk Anda yang menggunakan situs WordPress, tinggal log in ke WP admin dashboard dan klik WP Engine dari sidebar sebelah kiri. Anda bisa menemukan IP Anda di bawah tab General Settings.

gambar 1 - Mengenal IP Address

Jika Anda kesulitan menemukan IP di website dashboard atau akun web hosting, ada beberapa pilihan tools yang bisa dipakai. Beberapa di antaranya bahkan aplikasi built-in alias bawaan yang sudah ada di komputer.

Jika Anda menggunakan komputer Mac, silakan buka Finder, lalu klik Applications > Utilities > Terminal. Lalu ketik “ping,” spasi, nama website Anda, dan klik Enter. IP pun akan secara otomatis dimunculkan.

Anda juga bisa menggunakan website seperti Uptrends atau Site24X7, dengan cara mengetikkan nama domain di search bar.

gambar 2 - Mengenal IP Address

Berikan Komentar

Catra Wardhana