Rumahweb Blog
opengraph - Mengenal Brotli Compression

Mengenal Brotli Compression – Untuk Website Yang Lebih Cepat

Pada artikel sebelumnya, Blog Rumahweb sudah membahas seputar pengertian web compression, fungsi beserta jenisnya. Di artikel kali ini, kami ingin membahas secara lebih lanjut seputar teknologi kompresi website dari Google, yaitu Brotli Compression.

Sejarah Brotli Compression

Awal mulanya, Brotli dikembangkan oleh dua karyawan Google, Alakuijala and Szabadka untuk mengkompresi ukuran dari WOFF2 web fonts. Algoritma Brotli memungkinkan untuk melakukan metode kompresi yang jauh lebih mampat dan ringkas, ketimbang gzip maupun deflate.

Pertama kali dirilis secara resmi pada tahun 2013, selanjutnya jenis kompresi ini terus dikembangkan dan menjadi salah satu standar baru untuk melakukan kompresi website dengan hasil paling optimal hingga saat ini. Hampir semua web browser modern sudah mendukung Brotli, mulai dari Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, hingga Microsoft Edge.

Brotli versus Gzip

Gzip compression adalah standar kompresi website yang telah lebih dulu populer dan diimplementasikan oleh server website di seluruh dunia. Ada beberapa keunggulan secara teknis dari Brotli dibandingkan dengan kompresi Gzip, antara lain:

  1. File javascript yang dikompres menggunakan Brotli, memiliki ukuran file 14% lebih kecil dari Gzip.
  2. File HTML yang dikompres menggunakan Brotli, memiliki ukuran file 21% lebih kecil dari Gzip.
  3. File CSS yang dikompres menggunakan Broli, memiliki ukuran file 17% lebih kecil dari Gzip.

Dukungan Brotli Compression di Rumahweb

Server hosting Rumahweb sudah mendukung Brotli Compression. Untuk mengetes dukungan Brotli di website Anda yang berada di layanan Rumahweb, bisa mempergunakan tool online Brotli Test (Anda bisa menemukannya dengan bantuan mesin pencari Google). Hasilnya, akan muncul keterangan bahwa: Brotli compression is supported.

Dengan hadirnya dukungan Brotli, layanan Rumahweb Indonesia sudah siap untuk membantu Anda menghadirkan website dengan performa terbaik. Ada banyak pilihan hosting murah dengan harga dan fitur terbaik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut seputar dukungan Brotli compression, tim technical support online Rumahweb siap melayani Anda selama 24 jam penuh.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi