Rumahweb Blog
Opengraph - Membuat Iklan yang Menarik untuk Konsumen

Membuat Iklan yang Menarik untuk Konsumen

Iklan menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk Anda atau tidak. Dalam beriklan, desain harus dapat menarik perhatian. Berikut beberapa tips untuk membuat iklan yang menarik di mata konsumen.

1. Berani Tampil Beda

Setiap tahunnya, tentu ada jenis iklan yang sedang tren dan digandrungi. Tren tersebut akan sangat menggiurkan untuk ditiru, melihat berbagai perusahaan lain berhasil memanfaatkan iklan dengan tema yang sama. Namun jika ingin membuat iklan yang menarik perhatian, Anda justru harus menghindari keinginan mengikuti tren.

Mengapa demikian? Karena hal yang berulang kali disampaikan lama kelamaan akan basi, dan tidak diperhatikan. Jika bisnis Anda hanya hanyut dalam tren iklan yang ada, maka besar kemungkinan iklan itu akan terlihat sama saja di mata konsumen.

Misalnya, tren iklan anime yang mulai marak pada pertengahan 2020. Beberapa merek minuman dan makanan mulai membuat iklan bertemakan anime. Walaupun sebenarnya iklan anime ini masih baru dan menarik, namun lama kelamaan muncul tendensi bahwa semua iklan yang muncul sama saja, tidak ada yang istimewa, bahkan menonjol.

Bandingkan dengan Gojek yang merilis iklan untuk GoPay berbasis animasi dari karakter nyata, dengan plot ala game survival. Jika kedua iklan yang sebenarnya hampir sama ini dibandingkan, maka iklan GoPay akan cenderung lebih menarik dan meninggalkan kesan bagi penontonnya.

2. Tonjolkan Kelebihan Produk

Biasanya, lebih banyak fitur yang ditonjolkan dalam sebuah iklan. Fitur dibutuhkan agar pelanggan dapat melakukan perbandingan sebelum membeli. Namun sebenarnya iklan Anda memiliki peluang untuk dapat dilihat oleh audiens yang lebih besar lagi, yang mungkin sama sekali tidak tahu mengenai perusahaan Anda, atau bahkan tidak membutuhkan produk Anda.

Dengan alasan inilah, akan lebih baik jika Anda lebih menonjolkan keuntungan dari pembelian produk Anda, agar orang awam yang melihat iklan tersebut merasa terdorong untuk membeli produk tersebut.

3. Tambahkan Gurauan

Salah satu aspek penting yang bisa dibangun pada iklan adalah membuatnya berkesan dan diingat, atau mengaitkan iklan dengan perasaan senang. Anda dapat mencoba menggunakan gurauan dalam iklan, yang akan secara efektif memunculkan perasaan senang.

4. Satu Iklan, Satu Pesan

Memberikan banyak informasi tentang suatu produk pada satu iklan, selain akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk berpikir, juga berpotensi akan mengurangi rasa tertarik seseorang terhadap produk tersebut.

Dalam membuat iklan yang menarik, usahakan untuk menyampaikan pesan yang tunggal. Misalnya, dengan menonjolkan satu fitur produk per iklan. Hal tersebut akan membuat calon konsumen mengingat pesan yang disampaikan pada iklan.

5. Tonjolkan aspek visual

Secara umum, orang-orang cenderung lebih suka melihat gambar daripada harus membaca tulisan. Celah ini dapat dimanfaatkan dengan membuat iklan yang minim tulisan, dan lebih menonjolkan visualisasi.

Menampilkan suatu gambar akan lebih menarik dibandingkan menjelaskannya. Kesan yang disampaikan menjadi lebih misterius dan membuat orang menebak-nebak apa maknanya.

Demikian artikel tentang Membuat Iklan yang Menarik untuk Konsumen dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Luthfi Hanif