Rumahweb Blog

Membuat Blog Makanan Dalam 5 Langkah

Anda suka memasak atau suka membaca majalah tentang makanan atau resep masakan? Ingin menambah penghasilan dengan berbagi resep masakan di internet? Solusinya adalah Anda perlu memulai membuat blog sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tips dari Rumahweb mengenai cara memulai membuat blog tentang makanan. Mari kita kupas bersama langkah demi langkah cara memulai membuat blog makanan dengan menggunakan WordPress.

 

1. Beli Domain dan Hosting

Kumpulkan beberapa nama yang menarik untuk blog Anda. Nama blog yang baik adalah yang mudah diingat, deskriptif dan singkat. Setelah Anda memilih nama yang menarik untuk blog Anda dan membeli nama domain yang cocok, langkah selanjutnya adalah memilih hosting yang handal sebagai tempat website Anda akan ditayangkan.

Karena Anda akan menggunakan WordPress, layanan WordPress Hosting di RumahWeb adalah pilihan yang tepat untuk memulai. Anda bisa membeli domain dan hosting sekaligus untuk mempermudah pengelolaannya.

 

2. Instal WordPress

Instalasi WordPress bisa dilakukan dengan mudah dengan mengikuti panduan ini. Jika mengalami kesulitan, Anda dapat menghubungi support hosting Anda agar dibantu memasang CMS WordPress.

 

3. Memilih Tema yang Cantik

Buatlah pengunjung Anda terkesan pada pandangan pertama saat mengunjungi blog makanan yang Anda miliki. Ada banyak WordPress theme gratis ataupun berbayar yang dapat Anda pasang di blog Anda. Ada baiknya Anda memilih theme khusus blog makanan sehingga Anda akan mendapatkan banyak fitur yang diperlukan.

Tema dari Foodica ini adalah salah satu contoh sempurna dari desain yang indah dan minimalis untuk blog makanan sehingga resep masakan Anda dapat menjadi pusat perhatian. Disini ada enam warna tema yang berbeda dengan slider dan carousel untuk menampilkan resep terbaik Anda.

4. Memperkaya Fitur Website

Selanjutnya Anda perlu mengunduh beberapa plugin WordPress untuk membuat blog Anda lebih optimal. Ada sejumlah plugin gratis yang dapat Anda unduh untuk situs WordPress Anda, termasuk:

  • Yoast SEO untuk memastikan situs Anda dioptimalkan di SEO
  • WPForms untuk membuat halaman kontak
  • MonsterInsights untuk menghubungkan situs WordPress Anda dengan Google Analytics
  • AddtoAny Share Buttons untuk memungkinkan pengikut Anda membagikan konten Anda di media sosial

Ada juga beberapa plugin WordPress yang lain yang dirancang khusus untuk blog makanan yang dapat membuat lebih menarik tampilan blog Anda.

Tasty Recipes memformat resep Anda untuk dioptimalkan di mesin telusur, membuat resep printable, menambah peringkat bintang, dan masih banyak lagi.

5. Mulailah Blogging dan Dapatkan Beberapa Pelanggan

Setelah blog Anda siap, Anda sudah bisa memulai membangun blog. Mulailah dengan membuat konten yang menarik yang akan disukai oleh pengunjung Anda dan pastinya akan membuat mereka kembali ke blog Anda lagi dan lagi.

Anda juga harus mulai mengembangkan daftar email Anda, ini adalah salah satu aspek terpenting dari setiap blog. Memiliki daftar email memungkinkan Anda menjangkau audiens kapan saja Anda mau, baik mengirimi mereka email tentang resep baru yang Anda unggah atau mengumumkan penjualan buku masak terbaru.

Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan menambahkan pop-up ke situs Anda dengan OptinMonster. OptinMonster menyediakan banyak pilihan untuk menarik perhatian pengunjung Anda dan mengklik tombol berlangganan, termasuk pop-up Exit-Intent yang dapat melacak kapan pengguna meninggalkan situs Anda .

Selamat atas Blog baru Anda. Memulai blog makanan tidak sesederhana hanya dengan menulis beberapa resep dan mempostingnya di web tetapi Anda perlu melakukan beberapa tips diatas supaya lebih optimal. Dengan kiat-kiat ini Anda akan dapat memulai blog makanan impian, yang akan membuat banyak orang kagum.

Berikan Komentar

RumahWeb