Rumahweb Blog
banner blog - memahami ssl dan fungsi pentingnya

Memahami SSL dan Fungsi Pentingnya

Pengertian SSL

Secure Socket Layer (SSL), secara sederhana adalah sebuah lapisan keamanan terenkripsi yang berfungsi untuk mengamankan transaksi data antara web browser dan server.

Fungsi SSL

Fungsi utama dari SSL adalah untuk mengamankan lalu lintas data yang terjadi antara web browser dengan server, sehingga data-data yang dikirimkan melalui internet tidak lagi berbentuk plain text karena melalui proses enkripsi.

Keuntungan utama dari proses enkripsi ada pada transaksi data yang melibatkan informasi sangat penting seperti kata sandi, rekening bank, nomor telefon, dan seterusnya.

Bagaimana Mendapatkan SSL?

Layanan hosting Rumahweb secara default sudah memiliki layanan free SSL yang terintegrasi. Dengan membeli layanan hosting dari Rumahweb, secara otomatis Anda akan mendapatkan SSL.

Selain itu, Anda juga bisa membeli layanan SSL berbayar di Rumahweb, yang bisa dipasang di hosting, VPS maupun server pribadi milik Anda. Saat ini Rumahweb menjual produk SSL dari SECTIGO, GlobalSign dan Entrust.

Seberapa Penting SSL?

Meskipun website Anda hanya berisi profil atau tulisan blog sederhana, SSL tetap penting dan dibutuhkan. Google, sebagai mesin pencari terbesar, saat ini lebih memprioritaskan website dengan SSL untuk dimunculkan di halaman teratas hasil pencarian.

Beberapa Kesalahpahaman Seputar SSL

Ada beberapa kesalahpahaman yang muncul seputar SSL yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa kesalahpahaman seputar SSL :

1. Website Aman Dari Hacker

Ini adalah kesalahpahaman paling umum seputar SSL. Dengan memasang SSL, data website otomatis aman dan kebal dari aktivitas peretasan (hacking) yang dilakukan oleh hacker.

Faktanya, SSL hanya berfungsi untuk melindungi transaksi data yang terjadi di dalam website Anda, dari web browser ke server (password login, transaksi keuangan dan seterusnya).

Untuk keamanan data website sendiri sepenuhnya berada pada skrip website yang dipergunakan. Untuk meningkatkan kemanan data website, pastikan selalu melakukan update terhadap skrip website yang dipergunakan, dan tidak mempergunakan skrip, plugin atau template ilegal.

2. Alamat Domain Otomatis Secured

Aktivasi SSL tidak secara otomatis membuat alamat domain Anda di browser terdeteksi secured. Anda perlu melakukan pengaturan URL di skrip website Anda, supaya mempergunakan alamat (protokol) https, sehingga ketika diakses, akan terdeteksi secured dengan tampilan warna hijau di browser.

Penutup

SSL kini telah menjadi standar baku keamanan di internet. Karena fungsinya yang sangat vital, ada trend di masa depan, beberapa web browser akan menolak mengakses domain yang belum diamankan dengan SSL. Oleh karena itu, memahami apa itu SSL sangat penting bagi Anda pemilik website, untuk menghadapi masa depan.

Demikian artikel blog tentang Memahami SSL dan Fungsi Pentingnya. Semoga bisa memberikan Anda wawasan dan manfaat, khususnya dalam bidang security data di internet.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi