Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Magento adalah

Magento: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Cara Instalasinya

Di era digital seperti sekarang, perkembangan teknologi bisnis semakin pesat. Hampir semua bisnis merambah ke penjualan online, alias e-commerce. Magento adalah salah satu CMS yang dapat digunakan untuk membuat website e-commerce secara instan.

Cara paling mudah untuk mulai membuat e-commerce bagi bisnis Anda adalah dengan memanfaatkan CMS, atau Content Management System. Dengan CMS, Anda dapat membuat dan website e-commerce tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman apapun!

Ada banyak jenis CMS yang dapat digunakan. Magento adalah salah satu CMS untuk e-commerce yang populer digunakan, karena bersifat open source dan mudah digunakan.

Apa itu Magento?

Magento adalah salah satu CMS open source yang khusus digunakan untuk membuat website e-commerce. Karena bersifat open source, Magento dapat digunakan dan dimodifikasi secara bebas oleh pengguna.

Magento pertama kali dirilis pada 31 Maret 2008 oleh Varien, yang membangun komponen Zend Framework.

Sama seperti CMS lainnya, Anda tidak perlu memiliki keahlian coding untuk dapat menggunakan Magento. Jadi, pengguna dapat membangun toko online sendiri dalam waktu singkat, serta dapat melakukan kustom toko online sesuai keinginan.

BACA JUGA : Tips Memilih CMS Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda

Fungsi dan Fitur Magento

Fungsi utama Magento adalah mendukung bisnis, baik bisnis berskala kecil hingga perusahaan besar, agar dapat membangun dan mengelola e-commerce. Ada berbagai fitur menarik yang ditawarkan Magento untuk membantu penggunanya membangun dan mengelola e-commerce. 

Berikut beberapa fitur Magento yang dapat digunakan:

  • Site Management : fitur pengaturan website dari sisi admin.
  • Order Management : fitur pengaturan order untuk admin.
  • Catalog Browsing : pengelompokkan produk dengan sistem navigasi yang mudah serta penyaringan produk dan pencarian yang detail.
  • Product Browsing : beberapa gambar untuk produk Opsi diulas luas, daftar wishlist, dan lain-lain
  • Analytics and Reporting: Anda dapat membuat berbagai jenis laporan otomatis yang terintegrasi dengan Google Analytics.
  • Payment : Didukung berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit, PayPal, Authorize.net, dan lainnya
  • Shipping : pengiriman untuk beberapa alamat
  • International Support: Anda tak hanya dapat melakukan pengiriman dalam negeri. Anda dapat membuat daftar negara yang dapat melakukan pemesanan.
  • Marketing Promotions and Tools: untuk membuat kupon maupun diskon.
  • Checking : halaman checkout customer.
  • Product Recommendation: Sistem AI akan otomatis merekomendasikan produk yang relevan dengan pelanggan.
  • Search Engine Optimization: terdapat fitur SEO yang dapat membantu optimasi situs dengan baik, sehingga bisa muncul di pencarian Google.

Kelebihan dan Kekurangan Magento

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari CMS Magento menurut Rumahweb Indonesia.

Kelebihan Magento

1. Fitur yang Lengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Magento memiliki berbagai fitur yang dapat menunjang pengelolaan website dan pesanan, seperti shipping, order management, payment, hingga analytic and reporting.

2. SEO Friendly

Selain memudahkan pembuatan dan pengelolaan e-commerce, Magento juga memiliki fitur SEO yang dapat mempermudah Anda dalam melakukan optimasi SEO.

Fitur SEO yang terdapat pada Magento meliputi fitur navigasi, meta description, sitemap, URL user friendly, meta tags, product title, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan fitur ini, Anda akan menghemat waktu dan tenaga untuk melakukan optimasi SEO.

3. Keamanan

Tak hanya menawarkan berbagai fitur yang mempermudah Anda dalam mengelola website e-commerce. Magento adalah salah satu platform dengan sistem keamanan tinggi. Magento menyediakan patch keamanan reguler dan pembaruan rutin.

4. Skalabilitas

Magento dapat menampung ribuan data dan menangani lalu lintas traffic yang tinggi. Karena itulah, Magento cocok digunakan untuk bisnis berskala kecil hingga skala besar.

Kekurangan Magento

1. Fitur Berbayar

Magento memang menjadi salah satu CMS open-source. Meski demikian, Ada beberapa fitur Magento yang berbayar. Fitur ini umumnya digunakan jika pelanggan ingin membangun website yang lebih kompleks dengan optimasi yang baik.

2. Terlalu Rumit untuk Pemula

Banyaknya fitur yang dimiliki oleh Magento justru menjadi salah satu alasan kenapa CMS ini tidak direkomendasikan untuk pemula. Selain itu, itu Magento juga tidak memiliki dokumentasi penggunaan yang lengkap, sehingga Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempelajarinya.

3. Resource Data Besar

Magento memang cocok digunakan untuk bisnis berskala besar. Namun, Magento dikenal membutuhkan resource besar, yang menjadi kekurangan selanjutnya dari Magento.

Resource yang besar berarti Anda harus menggunakan layanan hosting dengan penyimpanan yang besar. Hal ini juga berarti Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

4. Komunitas dalam Negeri yang Kecil

Meskipun cukup populer, sayangnya hingga saat ini, Magento adalah CMS dengan komunitas penggunanya didominasi oleh komunitas dari luar negeri. Hal ini berarti mau tak mau, Anda pun harus bergabung ke grup luar negeri, dan harus siap menggunakan bahasa yang berbeda.

Cara Download dan Install Magento

Setelah membahas dan mengetahui apa itu pengertian, fungsi, dan fitur Magento, selanjutnya kami akan menjelaskan cara download dan install Magento di hosting.

  1. Kunjungi situs resmi Magento, atau Download dari sumber lain.
  2. Ada beberapa versi Magento yang dapat digunakan, seperti Magento Project Community Edition, Enterprise Edition, dan lainnya. Pilih versi Magento yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 
  3. Unduh file yang dipilih ke komputer.

Setelah file installer berhasil didownload, Anda dapat menginstall Magento melalui cPanel dengan bantuan fitur Softaculous. Simak proses instalasi melalui Softaculous berikut: Cara Install Magento di cPanel Melalui Softaculous

Kesimpulan

Magento adalah salah satu CMS open-source yang cocok digunakan untuk membuat e-commerce berskala kecil hingga besar. Karena bersifat open source, Anda dapat mengedit atau memodifikasi CMS ini dengan bebas.

Dengan Magento, Anda dapat membuat website toko online secara mudah dan cepat. Hanya perlu beberapa klik, Anda sudah bisa mengelola toko online Anda sendiri. Selain instalasi yang mudah dan cepat, Magento dilengkapi dengan berbagai template dan plugin yang dapat Anda gunakan untuk melengkapi fitur toko online Anda.

Rumahweb menyediakan domain dan hosting terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat toko online berbasis Magento. Jika Anda baru mulai membuat toko online, layanan shared hosting cocok untuk kebutuhan tersebut. Dengan harga yang murah dan fitur yang lengkap, layanan shared hosting merupakan pilihan yang tepat untuk memulai bisnis online.

Namun, Jika Anda membutuhkan hosting dengan resource yang dedicated, Anda bisa menggunakan layanan cloud hosting yang dilengkapi dengan dedicated CPU, RAM, dan Space.

Itulah artikel dari Rumahweb tentang apa itu Magento sebagai referensi untuk Anda yang ingin memperluas bisnisnya di bidang digital atau e-commerce. Agar e-commerce berjalan dengan baik, Anda juga harus menggunakan layanan hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Agata Bima Saputra

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb