Rumahweb Blog

Lima Hal Setelah Membeli Nama Domain Baru

Membeli nama domain adalah langkah pertama untuk memulai online presence. Dengan domain di tangan, Anda dapat membuat website, memiliki email dengan nama domain tersebut, dan banyak hal lain.

Di bawah ini kami merangkum lima hal yang dapat Anda lakukan setelah membeli nama domain baru.

  1. Sinkronisasi Domain dan Hosting Anda
    Jika Anda telah membeli nama domain untuk membuat situs web, Anda juga memerlukan akun hosting. Anda dapat membeli hosting dari Rumahweb Indonesia untuk hosting yang handal.

    Setelah memiliki domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah Anda harus mengubah nameserver domain Anda ke  name server penyedia layanan hosting Anda.

    Apabila Anda mendaftarkan domain di Rumahweb, berikut ini panduan untuk mengubah nameserver domain.

  2. Membuat Alamat Email dengan Nama Domain Sendiri
    Email dengan nama domain sendiri akan membuat Anda tampil lebih bonafit. Jumlah alamat email yang bisa dibuat tergantung pada paket hosting. Biasanya Anda dapat membuat setidaknya satu email tanpa biaya tambahan.

    Di Rumahweb, hampir semua paket hosting menawarkan jumlah email unlimited.Apabila hosting Anda menggunakan cPanel, berikut ini panduan membuat akun email dari cPanel.

  3. Membuat / Menyesuaikan  Akun Media Sosial
    Memiliki akun media sosial yang aktif akan membantu mengembangkan online presence Anda. Namun jika belum atau tidak mempunyai akun media sosial, Anda cukup menggunakan nama yang spesifik untuk situs online Anda.

    Setelah Anda menentukan brand untuk situs Anda, lengkapilah dengan beberapa deskripsi. Usahakan dibuat semirip mungkin dengan yang ada di media sosial Anda, agar situs Anda semakin mudah ditemukan. Dan yang terakhir, berikan tautan website Anda ke dalam profil media sosial tersebut.

  4. Tentukan Sasaran Website Anda
    Sebelum Anda mulai mengelola situs web, baiknya tentukan rencana apa yang ingin Anda capai dari situs tersebut. Misalnya:

    • Apakah ingin membuat blog pribadi?
    • Apakah ingin membuat situs untuk bisnis layanan online?
    • Apakah ingin memulai toko e-commerce?
    • Apakah ingin membuat situs berita?

    Jenis situs web yang Anda buat akan menentukan gaya tampilan situs yang Anda kelola.

  5. Mulailah Membuat dan Mengelola Website Anda
    Situs Anda adalah bukti kehadiran Anda di dunia online. Melalui domain dan hosting Anda, inilah saatnya untuk mulai membuat dan mengelola situs web Anda sendiri. Jika Anda menggunakan layanan Rumahweb, Anda dapat membuat website menggunakan Weebly Website Builder.Berikut ini beberapa contoh website yang dibuat menggunakan Weebly  yang disediakan gratis oleh Rumahweb:


    Gambar 1. Royale FloristGambar 2. Dian Wisata

Jika Anda lebih suka membangun situs dengan konten lebih besar, gunakanlah CMS seperti WordPress. Kebanyakan penyedia layanan hosting, termasuk Rumahweb Indonesia, menawarkan satu klik installer yang akan menginstal WordPress di situs Anda dengan sekali klik tombolnya. Lalu, yang harus Anda lakukan adalah memilih tema WordPress dan menyesuaikannya sesuai dengan keinginan Anda.

Berikan Komentar

RumahWeb