Rumahweb Blog
Apa itu Layout adalah

Apa itu Layout? Arti, Contoh dan Cara Membuat Layout Website

Istilah layout mungkin sudah sangat familier bagi para desainer hingga arsitek. Namun bagi orang awam, istilah ini sering salah dipahami. Sederhananya, layout adalah tata letak, atau secara bahasa, layout merupakan rancangan desain tata letak dengan tujuan tertentu.

Pada artikel ini, Kami akan membahas lebih dalam tentang apa itu layout, tujuan, hingga cara membuat layout pada website. 

Pengertian Layout 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, secara singkat layout adalah desain tata letak. Sedangkan secara bahasa, layout adalah suatu susunan atau rancangan desain tata letak yang dibuat untuk tujuan tertentu.

Tujuan pembuatan layout pada website adalah agar pengunjung dapat lebih mudah memahami informasi yang disajikan. Selain itu, tujuan pembuatan layout adalah agar tampilan website lebih menarik dilihat serta lebih user-friendly.

Secara umum, layout pada website terdiri atas tiga bagian, yaitu Header, Body, Sidebar, dan Footer.

1. Header

Anda dapat mengisi bagian ini dengan logo website, navigasi website, ikon media sosial, hingga menu pencarian. 

2. Content atau Body

Bagian ini bisa diisi dengan informasi produk, fitur produk, dan deskripsi produk yang dijual.

3. Sidebar

Pada perkembangannya, menu sidebar kini mulai ditinggalkan oleh banyak designer. Selain dianggap tidak terlalu penting, Sidebar dianggap membuat tampilan website kurang menarik dan cenderung berat. 

Namun, Sidebar masih banyak digunakan pada halaman single post atau halaman artikel. Sidebar biasanya akan diisi dengan informasi produk terbaru, produk paling populer, hingga navigasi tambahan.

4. Footer

Bagian footer biasanya dibagi atas 2-4 bagian. Bagian pertama diisi dengan logo dan deskripsi singkat website, bagian kedua diisi dengan informasi kontak, bagian ketiga dapat diisi dengan ikon media sosial, dan bagian keempat biasanya diisi dengan navigasi tambahan pada website. 

Tujuan Pembuatan Layout 

Tujuan utama dari pembuatan layout pada website adalah agar pengunjung dapat menangkap informasi yang disajikan. Selain itu, masih ada beberapa tujuan atau manfaat layout pada website. Berikut diantaranya:

  1. Pesan yang ingin disampaikan pada halaman website dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens. 
  2. Agar tampilan website lebih menarik.
  3. Memudahkan audiens atau pengunjung website melakukan action sesuai yang diharapkan.
  4. Menyederhanakan perbaikan apabila mengalami kerusakan pada website.
  5. Mengurangi kebingungan dalam proses pembuatan website.
  6. Mempersingkat waktu pembuatan website agar semakin efektif dan cepat.

Contoh Layout Website

Untuk memudahkan Anda memahami konsep layout pada website, berikut kami sertakan contoh layout yang sering digunakan. 

Contoh layout 1.

Contoh layout 1.

Biasanya layout diatas digunakan untuk homepage, atau halaman produk/jasa.

Contoh layout 2. 

Contoh layout 2.

Biasanya layout diatas digunakan untuk home page atau single post.

Contoh layout 3. 

Contoh layout 3.

Biasanya layout diatas digunakan untuk home page atau single post.

Cara Membuat Layout Website

Pada perkembangannya, membuat website tidak lagi serumit yang dibayangkan. Terlebih dengan hadirnya website builder dengan berbagai pilihan layout yang dapat diimplementasikan hanya dalam beberapa klik saja.

Di Rumahweb, kami menyediakan berbagai alternatif untuk membuat website secara instan, seperti Weebly, SitePro, hingga CMS, seperti WordPress.

Bagi Anda yang ingin membuat layout atau tampilan website dengan Weebly, pelajari panduannya melalui artikel Cara Membuat Website Weebly. Sedangkan jika Anda ingin membuat website melalui SitePro, panduannya bisa Anda simak melalui link Cara Membuat Website SitePro.

Apabila Anda ingin membuat layout untuk website berbasis WordPress, Anda bisa menggunakan plugin seperti Elementor, Bakery builder, Brizy, SiteOrigin, Genesis hingga Gutenberg. Berikut beberapa referensi yang bisa Anda pelajari untuk membuat layout website dengan WordPress. 

Berikut penjelasan kami tentang apa itu layout beserta contohnya. Semoga dengan artikel ini, Anda dapat membuat website sesuai dengan harapan. Jadi, apakah Anda berminat membuat layout website sendiri?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 1.5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Tehcnical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.