Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Laragon Adalah

Laragon: Pengertian, Fungsi, Download, dan Cara Instalasinya

Laragon adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat website atau aplikasi melalui localhost. Laragon memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan XAMPP. Dari segi fitur dan manfaat, Laragon dapat dikatakan jauh lebih unggul. Benarkah? Mari simak informasinya berikut!

Banyak programmer akan membuat website atau aplikasi di server lokal terlebih dahulu. Setelah website atau aplikasi selesai dibuat, selanjutnya file baru diupload ke hosting atau server, sehingga dapat diakses melalui jaringan internet. 

Langkah pertama untuk membuat website atau aplikasi melalui komputer adalah mempersiapkan server lokal. XAMPP adalah salah satu aplikasi server lokal yang sering digunakan.

Selain XAMPP, ada aplikasi lain yang bisa menjadi alternatif, bahkan konon katanya jauh lebih baik.  Laragon adalah salah satu aplikasi yang bisa menjadi pilihan Anda, karena memiliki fitur yang sangat lengkap dan juga ringan. 

Apa itu Laragon

Laragon adalah aplikasi untuk membuat program atau aplikasi di server lokal (komputer). Salah satu kelebihan Laragon adalah fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi lain dan kemudahan penggunaannya, karena menggunakan tampilan GUI. 

Dengan menggunakan Laragon, Anda dapat membuat aplikasi dengan Git, dan mengelola databasenya menggunakan PHPMyAdmin. Laragon juga mendukung pembuatan aplikasi berbasis Node.js/MongoDB, Python/Django/Flask/Postgre, Ruby, Java, ataupun Go.

Menariknya lagi, Laragon dapat digunakan di berbagai OS, mulai dari Windows, MacOS hingga Linux. Untuk lebih memperdalam dalam mengenal Laragon, mari mempelajari fungsinya. 

BACA JUGA : Apa itu PHP? Arti, Contoh dan Tutorial Untuk Pemula

Fungsi Laragon

Laragon berfungsi sebagai tool pengembangan website dan aplikasi di server lokal. Dengan Laragon, Anda tidak perlu menginstal web server, PHP, dan MySQL atau MariaDB secara manual.

Hal ini karena Laragon sudah bisa mengatur semuanya, sehingga Anda cukup berkonsentrasi pada proses pembuatan dan pengembangan aplikasinya saja. Beberapa fungsi umum dari Laragon adalah sebagai berikut:

1. Pembuatan atau Pengembangan Aplikasi di Server Lokal

Anda perlu menginstall web server di komputer sebelum membuat website atau aplikasi lokal. Laragon menyediakan pilihan Apache dan Nginx yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

2. PHP dan MySQL

Setelah memiliki web server, langkah selanjutnya adalah menginstall PHP dan engine database, seperti MySQL atau MariaDB. Anda juga tak perlu pusing menginstal, karena Laragon sudah menyertakan keduanya.

3. Terminal

Setelah aplikasi selesai dibuat, tentu Anda butuh melakukan debugging atau run aplikasi. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan akses terminal. Dengan Laragon, Anda sudah dapat langsung menggunakannya.

Jadi, dengan Laragon, Anda tidak perlu repot menginstal setiap aplikasi yang dibutuhkan secara manual. Cukup dengan Laragon, komputer siap digunakan untuk membuat aplikasi.

Fitur Laragon

Setelah memahami tentang apa itu Laragon hingga fungsinya, berikut kami rangkum berbagai fitur menarik yang ditawarkan Laragon:

1. Web Server

Apache dan Nginx adalah dua web server terbaik yang sering digunakan dalam pembuatan aplikasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan Laragon Anda dapat langsung menggunakan kedua web server andalan ini. 

2. Support Framework PHP dan Framework JavaScript

Laragon juga fleksibel digunakan, karena selain bisa bekerja menggunakan bahasa pemrograman PHP, Anda juga bisa membuat website dan aplikasi berbasis JavaScript. 

3. PHP Switcher

Terkadang dalam proses pengembangan aplikasi, Anda perlu menyesuaikan versi PHPnya. Laragon memiliki fitur PHP switcher yang dapat merubah versi PHP dengan mudah,

4. Addon

Laragon juga menyertakan fasilitas tambahan, atau add-ons, sehingga Anda dapat menginstall Node.js, Redis, dan masih banyak lagi. 

5. Database Management

Laragon menyertakan PHPMyAdmin untuk mengelola databasenya. Anda bisa menggunakan database MySQL ataupun MariaDB.

6. SSL Support

SSL sangat penting untuk keamanan dan rangking website di pencarian Google. Laragon juga menawarkan fasilitas SSL, yang dapat memastikan bahwa website Anda nantinya sudah bisa menggunakan HTTPS.

Dengan berbagai fitur menarik ini, tak mengherankan jika Laragon menjadi tool pilihan untuk membuat dan mengembangkan web di server lokal sebelum benar-benar siap untuk diunggah di internet. 

BACA JUGA : Mengenal PHP 8 dan Keunggulannya

Perbedaan dengan XAMPP

XAMPP dan Laragon merupakan dua tool yang populer untuk membuat web atau aplikasi melalui localhost. Lantas mana yang lebih baik? Untuk lebih jelasnya, kami akan membuat tabel perbandingan antara Laragon vs XAMPP.

IndikatorLaragonXAMPP
Pengaturan dan
Konfigurasi
Tampilan lebih sederhana
Lebih mudah digunakan
dibanding XAMPP. Penggunaan
tampilan grafis dan konfigurasi
server serta PHP yang jauh lebih
mudah dibandingkan XAMPP.
XAMPP menggunakan tampilan
grafis. Namun dalam hal
pengaturan dan konfigurasi,
diketahui masih cukup sulit
khususnya bagi pemula. 
Web Server yang
Digunakan
Laragon mendukung Apache
dan Nginx sebagai web server
utama. Perubahan dari satu
web server ke web server lain
dapat dilakukan dengan
sangat mudah. Hal ini tentu
memberikan fleksibilitas bagi
programmer dalam membuat
dan mengembangkan website. 
XAMPP menggunakan Apache
sebagai web server utama.
Meskipun Anda bisa
menggantinya dengan Nginx,
namun caranya cukup sulit
untuk diikuti bagi pemula.
Pengelolaan Versi PHPLaragon memiliki fitur PHP
Switcher. Dengan fitur ini,
Anda dapat beralih versi PHP
dengan cepat dan mudah.
XAMPP sebenarnya juga
mendukung beberapa versi
penggunaan beberapa versi PHP.
Namun perubahan versi PHP tidak
semudah saat Anda menggunakan
Laragon. 
Komunitas dan
Dukungan
Meski laragon memiliki
pengguna yang besar,
namun XAMPP lebih
unggul karena memiliki
dokumentasi yang
lebih banyak. 
Memiliki banyak komunitas
sehingga banyak forum dan
referensi bilamana terjadi
gangguan error.

Download Laragon

Laragon adalah tool development program yang dapat digunakan untuk membuat web atau aplikasi di server lokal secara gratis. Untuk menggunakan Laragon, Anda cukup mendownloadnya melalui link berikut: https://laragon.org/download/.

Cara Install Laragon

Cara install Laragon pada dasarnya sama seperti proses instalasi  aplikasi pada umumnya. Berikut kami rangkum langkah instalasi Laragon di Windows:

  1. Download Laragon dari halaman resminya, kemudian buka file tersebut.
install laragon di windows
  1. Klik Run > pilih Yes.
run installation
  1. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan > klik OK.
pilih bahasa di laragon
  1. Pilih lokasi penyimpanan instalasi, kemudian Klik Next.
pilih lokasi instalasi laragon
  1. klik Next.
klik next untuk lanjutkan instalasi
  1. Klik Install.
install laragon - apa itu laragon adalah
  1. Selamat, sekarang Laragon telah terinstall di komputer Anda.
apa itu laragon adalah

Selamat! saat ini Laragon telah berhasil diinstall di komputer Anda. Sekarang Anda dapat menggunakannya untuk membuat web atau aplikasi di server lokal.

Kesimpulan

Laragon adalah universal development environment atau lingkungan pengembangan universal dengan fitur lengkap, ringan, dan mudah digunakan. Aplikasi local web server ini dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis PHP, Node.js, Python, Java, Go, dan Ruby. 

Laragon adalah aplikasi yang dapat memudahkan Anda dalam membuat website atau aplikasi dengan lebih mudah. Demikianlah pembahasan kami tentang apa itu Laragon, fungsi, hingga cara instalasinya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.