Rumahweb Blog
banner artikel - Pengertian Komunikasi adalah

Pengertian Komunikasi dan Gaya Bahasanya pada Website

Secara sederhana, pengertian komunikasi adalah proses menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lainnya menggunakan tanda, simbol, atau aturan semiotika yang dapat dipahami bersama. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak.

Manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia selalu membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Salah satu cara manusia dapat berhubungan dengan orang lain adalah dengan berkomunikasi.

Hal ini berarti komunikasi adalah aspek penting yang perlu dikuasai oleh manusia jika ingin bertahan hidup. Tanpa komunikasi, seorang manusia tentu akan kesulitan dalam melakukan sesuatu. Misalnya bayi yang sejak lahir membutuhkan manusia lain, yaitu orang tua atau orang di sekelilingnya untuk memahami dunia.

Komunikasi adalah hal terkesan remeh, karena banyak orang beranggapan bahwa aktivitas ini sudah pasti dikuasai oleh setiap orang. Namun, kenyataannya tidak demikian. Dalam artikel kali ini, Rumahweb Indonesia akan membahas pengertian komunikasi, hingga fungsinya. Yuk, disimak!

Pengertian Komunikasi

Secara bahasa, istilah “komunikasi” berasal dari bahasa Latin yaitu “communicatur”, yang artinya berbagi atau tujuan untuk mencapai kebersamaan. Pada perjalanannya, pengertian komunikasi juga terus berkembang. Berikut ini definisi komunikasi menurut para ahli:

  1. Menurut Roman Jakobson, komunikasi adalah proses pertukaran pesan atau informasi antara dua orang atau lebih melalui simbol-simbol yang dipahami oleh kedua belah pihak.
  2. Menurut Wilbur Schramm, komunikasi adalah proses pertukaran informasi, pikiran, perasaan, dan nilai-nilai antara dua orang atau lebih melalui simbol verbal dan nonverbal.
  3. Menurut Everett M. Rogers, pengertian komunikasi adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan mengubah tingkah laku.
  4. Menurut Theodore M. Newcomb, komunikasi adalah sebuah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari penyampai ke penerimanya.

Setelah mengetahui apa itu komunikasi, selanjutnya kami akan membahas tentang tujuan komunikasi.

Promo Hosting Murah Rumahweb

BACA JUGA: Peluang Bisnis di balik Gaya Hidup Sehat Generasi Milenial

Tujuan Komunikasi

Komunikasi hadir dengan maksud dan tujuan tertentu. Sepanjang sejarah manusia, komunikasi telah membawa beragam manfaat. Beberapa tujuan dari komunikasi adalah:

1. Pesan yang Disampaikan Dapat Dipahami

Salah satu tujuan komunikasi adalah agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh penerimanya. Komunikasi yang dilakukan dengan baik dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman, sehingga pesan/informasi dapat disampaikan dengan baik.

2. Diterima Lingkungan 

Komunikasi yang dilakukan dengan baik juga dapat membuat Anda diterima di lingkungan sekitar. Hal ini karena dengan komunikasi yang baik, Anda dapat meninggalkan kesan yang baik pula di mata masyarakat, serta orang menjadi lebih mudah memahami pesan/informasi apa yang ingin disampaikan.

3. Dikenal Orang Lain

Tujuan lain dari komunikasi adalah agar seseorang dapat diterima di lingkungan sekitarnya. Manusia yang merupakan makhluk sosial membutuhkan interaksi dengan sesama.

Salah satu bentuk interaksi tersebut adalah dengan melakukan komunikasi. Melalui komunikasi, orang-orang di sekitar akan lebih mengenal Anda dan tidak menganggap Anda sebagai orang asing.

Fungsi Komunikasi

Komunikasi juga memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

1. Cara Memberikan dan Memperoleh Informasi

Fungsi ini berkaitan dengan kemampuan memberikan informasi kepada orang lain tentang keadaan atau peristiwa yang terjadi di sekitar, sehingga orang lain dapat mengambil tindakan yang tepat, sesuai dengan situasi tersebut.

Dengan menggunakan komunikasi, Anda juga dapat memperoleh informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan, memecahkan masalah, atau mengembangkan ide-ide baru.

2. Alat untuk Memotivasi

Fungsi ini berkaitan dengan kemampuan komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi yang dapat memberi dorongan atau motivasi kepada orang lain untuk melakukan sesuatu.

Komunikasi dapat memotivasi orang lain dengan cara menyampaikan pesan yang menyentuh perasaan, memberikan contoh yang baik, atau memberikan penjelasan yang jelas tentang tujuan dan manfaat dari suatu tindakan.

3. Cara untuk Mengungkapkan Isi Hati

Komunikasi juga bisa berfungsi sebagai alat menyampaikan pesan atau informasi yang mencerminkan perasaan, pikiran, dan emosi seseorang. Dengan komunikasi, seseorang dapat merasa lebih terbuka dan jujur terhadap orang lain, sehingga dapat membangun hubungan yang lebih dekat dan sehat.

Selain itu, seseorang juga dapat mengontrol emosi dan perasaannya, sehingga dapat mengelola konflik dan masalah dengan lebih baik.

Komunikasi pada Website

Komunikasi adalah bidang ilmu yang terus mengalami perkembangan, salah satunya dapat dilihat dari adanya komunikasi pada website. Sedangkan komunikasi pada website adalah proses pertukaran pesan atau informasi yang terjadi antara pengelola website dan pengunjung website melalui media internet.

Setiap pemilik website biasanya mengusung gaya bahasa masing-masing untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau pengunjung website, contohnya:

  1. Singkat, padat, jelas: Pemilik website memilih gaya bahasa sesingkat mungkin namun informasinya tetap dapat dimengerti dengan jelas dan tepat.
  2. Sederhana dan mudah dipahami: Komunikasi dilakukan dengan menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami, tanpa menggunakan istilah-istilah teknik atau kosakata sulit.
  3. Akrab dan personal: Pemilik website memilih gaya bertutur yang terkesan akrab dan personal. Gaya bahasa ini biasanya akan tampak sedang berkomunikasi secara tatap muka.
  4. Menyenangkan dan menarik: Gaya bertutur yang dilakukan agar orang lain merasa tertarik dan terkesan.
  5. Profesional: Gaya bahasa yang menekankan aspek-aspek professional dan sopan, sehingga cocok diadaptasi oleh website perusahaan atau organisasi pemerintah.

Saran Pemilihan Gaya Bahasa pada Website

Bagi Anda yang memiliki website company profile, gunakan gaya bahasa yang formal namun tetap memperlihatkan kesan akrab yang profesional. Sedangkan bagi Blogger, gunakan gaya bahasa yang tidak terlalu formal, lebih friendly dan mudah dipahami.

Bagi Anda yang memiliki online shop, gunakan gaya bahasa yang formal, mudah dipahami dan menonjolkan produk yang Anda jual. Bahas secara detail produk Anda, agar calon pelanggan Anda memahami produk sehingga peluang penjualan di website bisa meningkat.

BACA JUGA: Lima Tanda Komunikasi Online Yang Tidak Efektif

Itulah tadi penjelasan kami tentang komunikasi pada website. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat website profesional, Anda bisa menggunakna layanan Jasa pembuatan website di Rumahweb. Dengan harga mulai dari Rp 50.000 perbulan, Anda sudah bisa memiliki website profesional dan responsive di semua device.

Demikian ulasan mengenai pengertian komunikasi yang perlu Anda tahu. Pada intinya, komunikasi adalah hal yang penting dikuasai oleh setiap manusia, karena komunikasi menjadi sesuatu yang esensial karena dapat memudahkan kehidupan manusia secara luas.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb