Rumahweb Blog

Kapan Waktu Terbaik untuk Upgrade ke Virtual Private Server?

Akan tiba masanya di mana pertumbuhan bisnis Anda akan semakin pesat dan tidak mampu lagi menggunakan layanan shared hosting. Untuk itu Anda perlu meng-upgrade paket hosting ke server VPS yang menawarkan lebih banyak fitur dan manfaat untuk mengelola kebutuhan yang terus bertambah.

Jadi kapan waktu terbaik untuk meng-upgrade web hosting Anda ke VPS? Berikut adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan langkah signifikan dari platform shared hosting ke VPS.

Sebagian besar usaha kecil dimulai dengan menggunakan shared hosting karena terjangkau dan memerlukan teknis yang sederhana. Shared hosting berisi semua fitur dasar yang dibutuhkan untuk memicu kehadiran pengunjung online.

Namun perkembangan bisnis melalui situs web bergantung pada jumlah lalu lintas yang tinggi. Dengan demikian, keputusan yang tepat adalah upgrade server Anda ke VPS.

Waktu Terbaik untuk Beralih ke VPS

Tidak semua situs web memiliki kebutuhan hosting yang sama tergantung pada kebutuhan situs mereka. Namun, ada faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan peralihan besar. Tingkatkan ke paket VPS ketika Anda mengalami situasi berikut:

  • Website memiliki kinerja lambat dan intermiten
    Jika kinerja situs web Anda akhir-akhir ini sangat lamban, akan sangat bermanfaat jika melakukan upgrade ke VPS. Situs web yang biasanya membutuhkan waktu lebih dari 4 detik untuk dimuat atau berulang kali eror, dengan beralih ke VPS akan menjadikan kinerjanya semakin optimal.
  • Mengelola beberapa situs web
    Apakah Anda mengelola beberapa situs web? Mengapa tidak kumpulkan mereka di bawah satu VPS sehingga Anda dapat dengan mudah memantau dan menyesuaikan kebutuhan hosting masing-masing website.
  • Lalu lintas pengunjung semakin meningkat
    Bila statistik lalu lintas Anda meningkat secara bertahap, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk beralih ke VPS untuk melindungi situs Anda dari lonjakan lalu-lintas pengunjung.

Manfaat VPS

Meskipun cara mengelolanya tampak rumit dan mahal, upgrade ke VPS bisa menjadi langkah besar bagi bisnis Anda dalam jangka panjang. Berikut adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan:

  • Memegang penuh kontrol dan penyesuaian
    Alih-alih berbagi sumber daya hosting dengan situs web lain, Anda memiliki kendali penuh atas VPS Anda. Dengan shared hosting, situs web lain menggunakan semua sumber daya hosting yang bisa menyebabkan akses situs Anda melambat.
  • Dukungan teknis yang baik
    Sementara server lain memerlukan pengetahuan teknis yang lumayan rumit, dengan VPS Anda bisa memiliki pilihan untuk menyewa tim dukungan teknis khusus untuk membantu Anda. Bicaralah dengan spesialis hosting web Anda dan lihat apakah Anda bisa mendapatkan bantuan ini. 
  • Peningkatan keamanan
    Jika situs Anda menyimpan informasi rahasia dari pelanggan, maka demi keamanan pelanggan Anda bisa beralih ke VPS. VPS dikenal lebih aman daripada jenis server lainnya karena situs Anda hanya akan menggunakan satu server.Sistem ini meminimalkan risiko server Anda terinfeksi atau diretas oleh situs web lain. Jika ada masalah keamanan, maka akan lebih mudah melakukan tindakan proaktif untuk menyelesaikannya.
  • Menangani peningkatan kecepatan
    Jika Anda ingin tetap berada di puncak mesin pencarian, maka situs Anda harus dioptimalkan dengan baik agar kecepatan dan kinerjanya lebih cepat. Setiap beberapa detik situs Anda lambat dimuat, hal ini bisa saja membuat Anda kehilangan calon pelanggan yang beralih ke pesaing.

Sebuah VPS yang handal memastikan bahwa situs Anda akan cepat secara konsisten bahkan ketika lalu-lintas di dalam web secara spontan meningkat.

VPS untuk memenuhi kebutuhan Anda

Shared hosting merupakan awal yang bagus untuk situs web yang relatif baru dan kecil. Tapi seiring waktu, situs Anda akan tumbuh dan mungkin membutuhkan lebih banyak sumber daya daripada sekarang. Saat itu tiba, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengupgrade ke VPS untuk mendapatkan fitur tambahan.

Berikan Komentar

RumahWeb