Rumahweb Blog
banner - Apa itu Intranet Adalah

Apa itu Intranet? Pengertian, Manfaat, dan Kekurangan

Apa itu intranet? Singkatnya, intranet adalah konsep jaringan lokal (LAN) yang mengadopsi teknologi internet, tetapi hanya dipakai dalam skala internal. Contohnya seperti penggunaan pada kantor, perusahaan, dan bahkan warnet.

Anda pasti sudah sering mendengar istilah internet. Namun, bagaimana dengan istilah intranet, atau bahkan ekstranet? Frekuensi perbincangannya dalam berbagai kesempatan tampaknya cukup jarang.

Internet memiliki sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia lewat jalur telekomunikasi, seperti radio link, telepon, satelit dan sebagainya.

Ekstranet merupakan jaringan pribadi yang memakai protokol internet serta sistem telekomunikasi publik untuk melebarkan penggunaannya ke luar perusahaan. Sehingga perusahaan dapat melakukan pertukaran data bervolume besar, serta berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam sebuah jaringan kerja sama.

Apakah Anda sudah mulai memahami perbedaan ketiganya?

Pada artikel kali ini, Rumahweb telah merangkum secara lengkap mengenai apa itu intranet, perbedaannya dengan internet dan ekstranet. Selain itu juga bagaimana cara kerja, hingga kelebihan dan kekurangannya. Simak ulasan berikut!

Apa itu Intranet?

Intranet adalah jaringan informasi dan komunikasi dalam skala kecil, seperti pada sebuah instansi pemerintah, organisasi, atau perusahaan. Selain hanya dipakai dalam lingkup tertentu, penggunaan intranet juga memiliki tujuan tertentu. Misalnya, untuk menjaga keamanan informasi pada sebuah perusahaan atau organisasi.

Karena semua data pada intranet bersifat internal, maka data hanya bisa diakses pengguna yang terhubung dengan jaringan intranet yang sama. Sehingga potensi kebocoran data dapat diminimalisasi.

Intranet dapat dilengkapi dengan firewall serta password, sehingga hanya sekelompok orang tertentu yang bisa mengakses.

Selain itu, intranet adalah jaringan yang memakai server khusus untuk mengelola permintaan dan mengirimkannya ke pengguna intranet yang sesuai. Intranet memakai protokol TCP/IP, HTTPS, dan lain sebagainya, untuk terhubung ke server.

Jika Anda ingin mengakses intranet, tetapi terkendala jarak yang jauh, maka Anda harus memakai jaringan khusus yang aman. Contohnya seperti Proxy atau VPN.

Untuk membuat VPN, Anda bisa menggunakan VPS Murah Terbaik di Indonesia dari Rumahweb. Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi yang lebih andal dengan biaya ekonomis.

BACA JUGA: Apa itu Router? Definisi, Fungsi hingga Cara Kerjanya

Perbedaan Intranet, Ekstranet, dan Internet

Tak jarang orang menganggap internet dan intranet adalah dua istilah yang sama, padahal keduanya jelas berbeda. Bukan hanya internet dan intranet saja yang berbeda, tetapi juga ekstranet.

Interconnection Networking atau internet adalah hubungan komputer dengan berbagai model yang membentuk sistem jaringan. Wilayah cakupan jaringan komputer pada internet bersifat global, atau seluruh dunia.

Jadi dengan internet, Anda dapat saling berkirim e-mail, mengirim serta menerima file, dan menghubungkan ke komputer lain. Selain itu juga membahas topik tertentu pada newsgroup, dan lain-lain.

Ekstranet adalah jaringan pribadi yang memakai protokol internet serta sistem telekomunikasi publik. Tujuannya untuk membagi sebagian operasi atau informasi bisnis secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan sebagainya.

Sementara itu intranet adalah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP. Intranet tidak butuh sambungan luar ke internet. Umumnya, intranet adalah jaringan yang hanya dipakai dalam internal perusahaan seperti kantor, atau bisa pula warung internet (warnet).

Cara Kerja Intranet?

Persamaan antara internet dengan intranet adalah membutuhkan server untuk beroperasi. Setiap permintaan dari pengguna (client) akan direspon oleh server, dengan mengirimkan data yang diminta.

Pengelolaan berbagai kebutuhan perusahaan akan lebih mudah dengan menggunakan server. Salah satunya ketika pengguna lain pada jaringan intranet yang sama dapat lebih mudah mencari file-file yang disimpan.

Server intranet adalah jaringan lokal, sehingga Anda hanya bisa mengakses lewat LAN. Hal ini berbeda dengan internet yang bisa diakses semua orang.

Intranet adalah jaringan yang membutuhkan username dan password khusus, untuk dapat mengaksesnya. Bagi pengguna jarak jauh, akses ke intranet dapat dilakukan dengan menggunakan pemakaian VPN atau sejenisnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang bisa mengakses intranet adalah pengguna khusus yang telah diautentikasi identitasnya.

Selain itu, intranet juga dilengkapi dengan firewall, di mana arus keluar dan masuknya data harus terlebih dahulu melewati firewall ini. Dengan demikian, data perusahaan akan lebih aman karena tidak sembarang orang bisa mengakses.

BACA JUGA: Apa itu Web Hosting dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Manfaat Intranet?

Tidak ada hal yang dipakai secara terus-menerus tanpa mendatangkan manfaat, baik manfaat yang bisa dirasakan secara langsung maupun tidak. Beberapa manfaat intranet adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Komunikasi

Komunikasi dalam sebuah perusahaan yang menggunakan intranet akan berjalan dengan lancar, baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini mengindikasikan bahwa intranet adalah sarana komunikasi yang cukup efektif.

2. Efisiensi Waktu dan Biaya

Intranet adalah jaringan yang dapat membuat Anda lebih menghemat waktu dan biaya dalam jangka panjang. Karena intranet memberikan manfaat berupa kemudahan koordinasi dan pengaturan produktivitas, sehingga efisiensi kerja lebih bisa dicapai.

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Jaringan intranet adalah sarana untuk membagikan data, informasi, dan berbagai instruksi kerja kepada para karyawan. Agar dapat mendongkrak produktivitas kerja mereka.

Memanfaatkan intranet adalah cara yang bisa ditempuh untuk mendongkrak produktivitas kerja. Dalam skala perusahaan misalnya, intranet dapat berfungsi untuk memberikan informasi, data, hingga beragam instruksi kerja kepada karyawan. 

Kekurangan Intranet

Meskipun intranet adalah jaringan yang hadir dengan segala manfaatnya, tetapi Anda juga perlu mengetahui beberapa kekurangannya. Ini penting, sebagai bahan pertimbangan matang sebelum menggunakan intranet.

1. Biaya Cukup Tinggi

Meskipun dapat meningkatkan efisiensi biaya, tetapi intranet adalah jaringan yang membutuhkan biaya besar. Baik dalam pengembangan maupun penggunaan, tergantung jenis serta jumlah penggunanya.

Belum lagi, Anda juga harus menganggarkan biaya lainnya, seperti pelatihan kepada pengguna, atau pengembangan jaringan. Agar intranet dapat dimanfaatkan dengan lebih efektif.

2. Kurang User Friendly

Terlepas dari manfaatnya yang memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas, intranet adalah jaringan yang kurang user friendly, dan cukup kompleks. Hal ini menyebabkan pengguna sering bingung dan malas mempelajarinya.

3. Rawan Overload

Mudahnya pengguna mengirim maupun mengakses informasi, membuat intranet mengalami kelebihan muatan. Karena itulah, dapat dikatakan bahwa intranet adalah jaringan yang rawan overload.

4. Kelemahan Pengguna

Meskipun intranet adalah sistem yang relatif aman, tetapi perlu disadari bahwa pengguna sistem biasanya menjadi bagian sistem yang paling lemah. Misalnya, saat pengguna intranet memakai password yang lemah, atau menggunakan password yang sama dengan password pada aplikasi lain.

Hal lain yang juga berpotensi dilakukan oleh pengguna intranet adalah mengunduh aplikasi dari situs tidak resmi. Atau mengunjungi situs-situs yang tidak aman (belum memiliki sertifikat SSL).

Hal-hal semacam itulah yang justru menjadi celah keamanan intranet.

BACA JUGA: Pengertian ISP, Fungsi hingga Contoh ISP di Indonesia

Kesimpulan

Intranet adalah jaringan informasi dan komunikasi skala kecil, seperti pada instansi pemerintah, organisasi, atau perusahaan.

Intranet berbeda dengan internet yang cakupan jaringan komputernya hingga global atau seluruh dunia. Atau ekstranet yang merupakan jaringan pribadi dengan protokol internet serta sistem telekomunikasi publik.

Server intranet adalah jaringan lokal yang dapat diakses melalui LAN. Berbeda dengan internet yang bisa diakses semua orang, Anda harus memiliki username dan password khusus untuk mengakses intranet. Atau dapat menggunakan VPN bagi pengguna jarak jauh. 

Intranet adalah jaringan yang memiliki beberapa manfaat, seperti memudahkan komunikasi, efisiensi waktu dan biaya, dan meningkatkan produktivitas kerja.

Kendati demikian, intranet juga mempunyai berbagai kekurangan. Contohnya seperti berbiaya tinggi dalam pengembangan maupun penggunaan, kurang user friendly, dan rawan overload. Selain itu juga pengguna sistemnya kerap menjadi bagian sistem yang paling lemah.

Demikian artikel kami tentang apa itu intranet, perbedaannya dengan internet dan ekstranet, manfaat dan kekurangan serta cara kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.