Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Internship adalah

Apa itu Internship? Pengertian, Tujuan, hingga Contohnya

Apa itu internship? Internship adalah cara paling tepat untuk mendapatkan pengalaman sebelum bekerja. Internship, atau yang juga populer dengan sebutan magang, merupakan aktivitas yang biasanya dilakukan seseorang secara sukarela untuk bergabung ke sebuah perusahaan.

Sesungguhnya internship adalah bantuan yang diberikan oleh perusahaan kepada seseorang. Durasinya bisa antara satu bulan, tiga bulan, hingga dua belas bulan. Lazimnya program internship banyak dilakukan oleh para mahasiswa tingkat akhir untuk mempersiapkan diri sebelum terjun langsung ke dunia profesional. Sebelum proses internship berlangsung, harus sudah ada kesepakatan antara lembaga dan perusahaan tentang berbagai peraturan.

Program internship bertujuan agar seseorang lebih bisa mengasah keahliannya. Sehingga dengan pengalaman tersebut dapat membuat seseorang memiliki nilai lebih atau nilai tambah. Hal tersebut tentu akan menjadi pertimbangan khusus saat kelak mendaftar pekerjaan pada sebuah perusahaan.

Lalu, apa itu internship sebenarnya dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Simak penjelasan dari Rumahweb Indonesia sampai akhir, ya!

Apa Itu Internship?

Internship adalah program yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan atau instansi berupa periode pelatihan kerja kepada seseorang. Beberapa universitas di Indonesia mewajibkan kegiatan internship bagi mahasiswa.

Tujuan kewajiban internship adalah agar mahasiswa lebih mudah mendapatkan karir setelah lulus dan mempraktikkan langsung ilmu yang didapatkan selama berkuliah. Program internship sangat membantu seseorang yang belum memiliki pengalaman agar bisa mendapatkan gambaran industri yang ingin mereka jalani.

Pemerintah Indonesia telah mengatur program magang atau internship ini ke dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Tertulis bahwa kegiatan magang bisa dilakukan oleh siapapun dengan mengikuti program yang jelas dari perusahaan/kementerian/lembaga dan sesuai dengan kompetensi kerja.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Periode magang di setiap perusahaan pun berbeda-beda. Namun umumnya, program magang diselenggarakan selama 3-6 bulan, sesuai dengan kebijakan perusahaan atau universitas.

BACA JUGA: Lima Contoh Budaya Perusahaan yang Unik

Tujuan Internship

Setelah memahami apa itu internship, Anda juga harus mengetahui tujuan sebenarnya dari sebuah program kerja. Bisa dibilang, internship adalah jenjang awal karir seseorang di dunia profesional. 

Anda bisa mempertajam keterampilan dan mendapatkan skill set baru selama masa internship. Di momen ini pula, Anda dapat mengulik lebih dalam mengenai pekerjaan yang dilakukan sekaligus mendapatkan ilmu baru yang berguna bagi pertumbuhan karir di masa depan.

Tujuan lain dari internship adalah mendapatkan koneksi atau networking. Biasanya, seorang intern akan mendapatkan mentor atau pembimbing selama masa magang. Mentor ini yang akan membimbing sepanjang program magang berlangsung, untuk mengawasi kinerja dan progres para intern.

Manfaat Internship 

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan saat mengikuti program internsip, di antaranya seperti berikut:

1. Mendapatkan Pengalaman dan Memulai Jenjang Karir

Manfaat pertama dari program internship adalah mendapatkan pengalaman bekerja dan memulai jenjang karir profesional.

Jika Anda menunjukkan kemampuan yang luar biasa saat program magang berlangsung, perusahaan pun tak segan untuk menawarkan posisi sebagai karyawan tetap setelah masa internship selesai.

2. Menambah Koneksi

Internship adalah momentum Anda bertemu dan mengenal banyak orang baru. Jika Anda berhasil membangun koneksi baru dan memiliki hubungan profesional yang baik, besar kemungkinan orang tersebut dapat membantu karir Anda nantinya.

Diperlukan skill sosial dan juga komunikasi yang baik agar hubungan profesional tersebut terus terjaga dalam waktu yang lama.

3. Eksplorasi Diri

Internship adalah sarana yang tepat untuk mengeksplorasi diri. Banyak perusahaan yang mempercayakan beberapa project atau membuka kesempatan bagi karyawan magang untuk mencoba hal baru. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan skill set dan melihat kelebihan serta kekurangan selama program magang berlangsung.

BACA JUGA: Soft Skill Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Contoh Internship

Hampir semua perusahaan pasti membuka program internship, termasuk beberapa perusahaan ternama, seperti Apple, Microsoft, dan masih banyak lagi. Perusahaan biasanya mencantumkan lowongan internship melalui website resmi ataupun platform pencari kerja, seperti LinkedIn.

Sebagai contoh, Apple mencantumkan berbagai lowongan pekerjaan, termasuk lowongan internship di website resmi Apple, seperti berikut:

Lowongan pekerjaan - Apple
Sumber: Jobs by Apple

Langkah paling awal untuk mendapatkan program internship adalah mencari jenis pekerjaan atau bidang yang ingin Anda pelajari. Pada contoh internship di atas, misalnya. Apple sedang membuka beberapa tipe lowongan magang untuk departemen engineer di Shanghai.

Anda harus membaca lebih detail deskripsi pekerjaan tersebut, dan syarat apa saja yang harus dimiliki peserta magang. Beberapa persiapan umum yang wajib dimiliki oleh calon intern sebelum mendaftar pekerjaan biasanya meliputi CV/Resume, Cover Letter, dan Portfolio.

Apakah Program Internship Digaji?

Sering muncul pertanyaan tentang “apakah program internship digaji?”. Bila merujuk pada peraturan pemerintah, belum ada kebijakan tertulis untuk gaji peserta internship. Namun, berdasarkan Permenaker Nomor 6 Tahun 2020 Pasal 13 Ayat 1 (D), perusahaan wajib memberikan peserta magang uang saku serta sertifikat setelah masa magangnya selesai.

Uang saku yang dimaksud adalah biaya makan, transportasi, dan biaya insentif lainnya yang  diberikan oleh perusahaan. Meski begitu, saat ini sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan metode paid internship.

Ketentuan gaji seorang intern pun berbeda-beda di tiap perusahaan, bergantung pada industri, UMP, dan juga jam kerjanya.

BACA JUGA: Apa Itu Benefit? Arti, Jenis, Faktor Penentu, dan Contohnya

Yuk, Ikuti Program Paid Internship di Rumahweb!

Bagi Anda yang sedang mencari program paid internship, Rumahweb membuka lowongan magang yang wajib Anda coba! Saat ini, Rumahweb Indonesia membuka dua lowongan magang untuk Anda yang ingin belajar di dunia digital marketing, yaitu sebagai SEO & Digital Marketing dan Graphic Designer.

Selain mendapatkan insentif selama program magang berlangsung, Anda bisa bekerja sama dengan Orang Rumah untuk menjajal dunia digital marketing dan kreatif yang sesungguhnya!

Tertarik mencoba? Kirimkan surat lamaran dan CV melalui email [email protected] dengan subjek “Rumahweb Paid Intership Program”. Simak informasi selengkapnya mengenai program Rumahweb Paid Internship di link berikut: Rumahweb Paid Intership Program 

Internship adalah program kerja yang sebaiknya diikuti oleh mahasiswa atau anak muda. Selain mempertajam keterampilan dan menambah skill set, internship juga dapat membuka koneksi profesional.

Demikian artikel dari kami tentang apa itu internship? Pengertian, tujuan, hingga contohnya. Tertarik memulai?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb