Rumahweb Blog
Apa Itu Interface adalah

Apa Itu Interface? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Istilah interface mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Namun, tahukah anda masih banyak diantara kita yang belum memahami maknanya. Sederhananya, interface adalah design antarmuka yang dapat kita lihat secara langsung atau melalui device tertentu. Contohnya, ketika Anda menyalakan saklar lampu maka lampu akan menyala tanpa anda harus tahu proses yang terjadi dibelakangnya.

Dalam bahasa pemrograman, interface merupakan deskripsi dari semua fungsi yang harus dimiliki suatu objek untuk menjadi “X”. Misalnya, apapun yang “BERTINDAK SEPERTI” lampu, harus memiliki metode turn_on() dan metode turn_off().

Tujuan dari interface adalah untuk memungkinkan komputer atau gadget menerapkan properti ini dan untuk mengetahui bahwa objek TYPE T (apapun antarmukanya) harus memiliki fungsi yang disebut X,Y,Z, dll.

Pengertian Interface

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, secara singkat interface adalah program yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkatnya secara langsung atau melalui jaringan.

Interface juga dapat merujuk pada kontrol yang digunakan dalam program yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan program tertentu.

Salah satu contoh interface terbaik saat ini adalah GUI (Graphical User Interface). Jenis interface ini banyak digunakan untuk menavigasi komputer, hingga bagaimana Anda sampai ke halaman ini.

Secara umum, interface merupakan perangkat atau sistem yang digunakan entitas yang tidak terkait langsung untuk dapat berinteraksi.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Contoh sederhana lain dari interface yaitu remote control sebagai perangkat keras yang dapat membantu Anda mengontrol atau menggunakan televisi, komputer, atau perangkat elektronik lainnya..

Jenis Interface

Interface sendiri dapat dibagi ke dalam dua kategori umum, yaitu interface dari sisi perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat Lunak

Pada perangkat lunak, interface merujuk kepada kontrol dalam suatu program yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan program tersebut.

Perangkat Keras

Pada jenis kedua ini, contoh interface yaitu perangkat fisik, port, atau koneksi yang berinteraksi dengan komputer atau perangkat keras lain.

Misalnya, IDE dan SATA adalah interface disk drive untuk hard drive komputer dan ATAPI merupakan interface untuk drive CD-ROM.

Contoh Interface 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, interface memiliki dua kategori umum, baik dari perangkat lunak maupun perangkat keras. berikut beberapa contoh interface atau antarmuka yang perlu Anda ketahui:

Perangkat Lunak

Contoh interface pada perangkat lunak adalah Command Line Interface, Graphical User Interface, Form login, Speech Recognition, dan lain-lain.

Perangkat Keras

Beberapa contoh interface perangkat keras di antaranya IDE, SATA, Parallel port, ATA, USB, dan masih banyak lagi.

Contoh Query Interface

Query interface adalah fitur yang dirancang guna melakukan fungsinya sebagai mesin pencari sederhana, atau bahkan kompleks, yang bertujuan untuk menampilkan konteks dari kueri yang dicari.

Contoh query interface yang paling sering Anda temui adalah layanan Google Search, Bing dan sebagainya. Atau sederhananya, query interface merupakan elemen kolom yang dapat Anda temui pada suatu aplikasi atau web.

Dalam pemrograman Java sederhana, contoh query interface untuk menampilkan pesan Hello World! adalah sebagai berikut:

public class Foo implements IFoo, IBar{

    public static void main(String[] args) {
        Foo foo = new Foo();
        ((IFoo) foo).print();
        ((IBar) foo).print();
    }

    @Override
    public void print() {
        System.out.println("Hello World!");
    }
}

public interface IBar {
    void print();
}

public interface IFoo {
    void print();
}

Contoh Desain Interface

Pada website, desain interface tidak terlepas dari halaman front-end yang sering Anda jumpai, misalnya seperti tampilan website Rumahweb berikut:

Contoh Desain Interface

Tidak hanya pada tampilan front-end, halaman admin sebagai back-end juga dapat di desain sesuai dengan interface yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Secara sederhana, interface dapat diartikan sebagai tampilan atau antarmuka. Tujuannya, agar pengguna dapat berinteraksi atau menggunakan perangkatnya digital secara langsung maupun melalui jaringan.

Dalam hal tampilan atau antarmuka, interface dirancang untuk memberikan informasi kepada pengguna sesuai yang dibutuhkan. Contoh interface adalah tampilan website yang di desain untuk memberikan informasi kepada pengguna terkait produk atau layanan.

Itu dia pembahasan kami tentang Apa Itu Interface? Pengertian, Jenis, dan Contohnya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.2 / 5. Vote count: 42

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Fredric Lesomar

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb