Rumahweb Blog
banner - Apa itu Hosting adalah

Apa itu Hosting? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Hosting adalah salah satu istilah yang pasti akan Anda temukan ketika ingin membangun, atau membuat sebuah website. Layanan inilah yang memungkinkan Anda untuk mengakses alamat website secara online di mana pun dan kapan pun.

Lalu, apa itu hosting, fungsi, dan cara kerjanya? Di artikel kali ini, Rumahweb akan merangkum semua tentang hosting untuk Anda!

Pengertian Hosting

Secara sederhana, hosting adalah tempat untuk menyimpan data, baik data website, database, maupun email. Data website ini bisa berupa gambar, video, tulisan, script, plugin, dan masih banyak lagi. Singkatnya, ketika website diakses, maka data-data yang telah tersimpan di hosting akan langsung ditampilkan.

Jika dianalogikan, website adalah bangunan. Sedangkan hosting adalah lahan atau tanahnya. Itulah pentingnya hosting. Sama seperti analogi di atas, jika Anda tidak memiliki lahan, tentu Anda tidak bisa membangun sebuah rumah apalagi menyimpan barang-barang furniturnya, kan?

Fungsi Hosting

Untuk lebih memahami apa itu hosting, ada baiknya Anda mengetahui beberapa fungsi hosting berikut ini.

1. Tempat Penyimpanan Data Website dan Database

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi utama dari hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data atau file dari aplikasi maupun website secara online.

Dengan demikian, data tersebut dapat diakses oleh pengguna internet. Untuk memahami fungsi hosting satu ini Anda dapat menggunakan analogi hosting sebagai tanah, dan website adalah bangunannya.

2. Membuat Email Profesional

Sebagian dari Anda mungkin masih penasaran, bagaimana sebuah perusahaan memiliki email sendiri, misalnya [email protected] Ternyata, email ini merupakan salah satu fungsi hosting, loh!

Jika sebuah perusahaan telah memiliki domain dan hosting, maka mereka juga dapat membuat email profesional sendiri. Dengan demikian, kredibilitas perusahaan akan semakin meningkat, dan tentunya, lebih terlihat profesional.

Jenis Hosting

Masing-masing pengguna internet atau pemilik website memiliki kebutuhan hosting yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ada beragam jenis hosting yang ditawarkan oleh para penyedia layanan hosting guna menyesuaikan kebutuhan yang beragam ini.

Agar bisa memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat memahami jenis-jenis hosting berikut.

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah salah satu jenis hosting di mana satu server akan digunakan oleh beberapa pelanggan sekaligus. Karena digunakan secara bersama, maka biaya hosting ini cenderung lebih murah dibanding jenis hosting lainnya.

Shared hosting adalah jenis hosting yang cocok digunakan untuk company profile, blogger dan situs web portofolio yang tidak membutuhkan kapasitas storage besar, dengan traffic, atau tingkat kunjungan, yang cenderung rendah.

Selain harga yang terjangkau, shared hosting memiliki kelebihan dalam hal kemudahan di sisi pengelolaan. Biasanya, shared hosting dikelola dan dirawat sepenuhnya oleh penyedia hosting, sehingga jenis hosting ini cocok digunakan oleh para pemula.

Tidak hanya kemudahan dalam pengelolaan server saja. Bagi Anda yang masih belajar membuat website, layanan shared hosting dari Rumahweb juga sudah dilengkapi dengan fitur website builder, yang akan memudahkan proses pembuatan website.

Fasilitas yang ditawarkan oleh shared hosting juga sudah cukup lengkap, mulai dari disk space, Free SSL, database, hingga unlimited traffic. Meskipun demikian, tetap perhatikan AUP yang ditetapkan oleh penyedia layanan website, untuk memastikan Anda tidak melebihi batas penggunaan yang sudah ditentukan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan shared hosting  adalah resource pada hosting. Apabila ada salah satu user yang menggunakan resource pada hosting terlampau besar, hal tersebut bisa berdampak ke user lain yang masih dalam 1 server yang sama.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menawarkan resource besar dan terjamin. Sama seperti komputer, server memiliki tiga jenis resource, yakni CPU, RAM, dan storage, yang digunakan untuk menyimpan, memroses, dan menampilkan website.

Jika pada shared hosting Anda “berbagi” resource dengan pengguna lain, maka dengan cloud hosting, Anda mendapatkan jaminan CPU, RAM, dan storage, sesuai dengan paket yang dibeli, meskipun pada praktiknya Anda tetap “berbagi” server.

Kelebihan lainnya dari cloud hosting adalah jenis hosting ini mampu menampung traffic yang tinggi, dan sudah dikelola sepenuhnya oleh penyedia layanan hosting, sehingga Anda tidak perlu pengetahuan teknis yang mendalam.

Dengan berbagai kelebihan ini, wajar saja jika harga cloud hosting cenderung lebih mahal dibanding jenis hosting lainnya.

Baca juga artikel : Cloud Hosting vs Shared Hosting

3. WordPress Hosting

WordPress hosting adalah layanan hosting yang dirancang khusus untuk pengguna WordPress. Untuk memaksimalkan performa website WordPress Anda, layanan WordPress hosting dibangun dengan SSD storage yang dipadukan dengan Litespeed Server, yang dikenal sebagai web server tercepat saat ini. Sehingga memungkinkan website WordPress Anda dapat diakses secara lebih cepat dibanding dengan layanan hosting biasa.

Salah satu perbedaan lain yang menonjol dari WordPress Hosting adalah pengelolaannya yang menggunakan Plesk Panel dengan WordPress Toolkit, yang akan memudahkan pengelolaan website berbasis WordPress.

Meskipun demikian, WordPress hosting juga memiliki kekurangan yang sama dengan shared hosting. Karena server dipakai bersamaan, jika ada user lain menggunakan fasilitas secara berlebihan, website Anda juga akan terkena efeknya.

Untuk memahami tentang berbagai jenis layanan hosting, Anda juga dapat menyimak video berikut ini: 

Cara Kerja Hosting

Hosting memiliki fungsi utama yaitu menyimpan data, baik data website, database dan juga email. Ketika anda memesan layanan hosting, Anda akan diberikan akses ke Control Panel untuk mengelola hostingnya. 

Di halaman control panel tersebut, Anda dapat membuat website, mengupload file website yang sudah disiapkan, kelola database, hingga membuat email domain. Misalnya setelah anda selesai mengupload file website Anda ke hosting, maka website anda sudah siap diakses oleh siapapun dan dimanapun. 

Ketika pengguna internet menuliskan nama domain Anda di browser, maka browser akan mengirim request kepada server hosting. Selanjutnya, server akan mengirimkan semua file yang diperlukan agar pengguna dapat mengakses website tersebut. File yang dikirimkan bisa dalam bentuk teks maupun gambar.

Masing-masing penyedia layanan hosting akan menawarkan harga dan fitur yang berbeda-beda. Rumahweb menyediakan paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tentunya ramah di kantong alias murah!

Kenapa harus membeli hosting di Rumahweb?

Rumahweb menawarkan berbagai jenis hosting sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari layanan shared hosting, Cloud hosting hingga WordPress Hosting dengan harga yang murah, namun dengan kualitas yang handal dan fitur yang lengkap. 

Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus membeli hosting di Rumahweb.

1. Gratis Domain

Anda akan mendapatkan domain gratis di tahun pertama, jika dipesan sepaket antara hosting dan domain.. Kami akan berikan domain untuk Anda secara cuma-cuma, untuk ekstensi domain tertentu yang telah kami siapkan.

2. Gratis SSL

Fungsi penting yang ditawarkan oleh layanan hosting adalah sebagai perlindungan terhadap serangan hacker, virus, malware, hingga spam. Dengan fitur SSL (Secure Socket Layer), website Anda akan terenkripsi, sehingga data transaksi anda pada website maupun email akan lebih aman. 

Selengkapnya tentang SSL gratis bisa dibaca pada link ini.

3. Tersedia fitur Turbo Booster

Kecepatan adalah sebuah kunci. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Rumahweb adalah fitur Turbo Booster yang membuat performa website semakin cepat dan stabil. 

4. Gratis Theme / Plugin WordPress Premium

Bagi anda yang akan membuat website dengan CMS WordPress, Rumahweb menyediakan theme dan plugin premium gratis untuk Anda. Tersedia theme premium gratis seperti Divi, GeneratePress, StudioPress hingga Astra Theme. 

Selain itu, plugin seperti WP Rocket, Rank Math, Elementor PRO hingga Oxygen kami sediakan gratis untuk Anda. Selengkapnya bisa Anda baca pada link ini.

5. Website builder 

Rumahweb menyediakan website builder seperti Weebly dan SitePro yang dapat Anda gunakan secara gratis. Dengan Weebly atau SitePro, anda dapat membuat website secara instan tanpa harus memahami coding. 

Anda hanya perlu menyiapkan content website, pilih theme lalu edit dan publish. Hanya dalam waktu beberapa menit, website Anda sudah siap diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia. Selengkapnya bisa dibaca pada artikel ini.

6. Murah

Mulai dari Rp15.000 saja, Anda bisa memiliki hosting dan mewujudkan website impian Anda! Untuk info lebih lanjut, klik link berikut ini: Web Hosting Murah Terbaik Indonesia – Gratis Domain & SSL

Demikian tadi informasi kami tentang pengertian, jenis, cara kerja dan fungsi dari hosting. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Tehcnical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.