Rumahweb Blog
banner artikel - Google Cendekia adalah

Google Cendekia: Pengertian, Daftar, hingga Cara Menggunakan

Google Cendekia adalah salah satu situs yang akrab bagi para pelajar maupun mahasiswa. Pasalnya, kehadiran Google Cendekia jurnal dan publikasi ilmiah lainnya cukup membantu jalannya pembelajaran atau perkuliahan mereka.

Namun tentu saja, Google Cendekia adalah situs yang masih asing bagi sebagian orang. Lalu, apa itu Google Cendekia jurnal? Apa bedanya dengan Google biasa? Apa saja manfaatnya? Rasa penasaran Anda akan Rumahweb jawab melalui artikel berikut ini!

Apa itu Google Cendekia

Google Scholar atau Google Cendekia adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Google, berupa layanan edukatif untuk membantu akademisi dalam mencari jurnal maupun publikasi dari berbagai bidang ilmu.

Dari pengertian tersebut, dapat kita lihat bahwa perbedaan Google biasa dengan Google Cendekia adalah pada apa yang dicari, dan hasil pencarian yang ditampilkan.

Jika pada Google biasa Anda bisa mencari kata kunci apa pun, maka Google Cendekia adalah mesin pencari yang difokuskan pada materi-materi pelajaran dalam berbagai format publikasi. Contohnya adalah makalah, jurnal online, dan publikasi ilmiah.

Manfaat Google Cendekia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, manfaat dari Google Cendekia ini beragam. Tak hanya sebagai pencari informasi, Anda juga akan merasakan manfaat sebagai pemilik informasi. 

Beberapa manfaat menggunakan Google Cendekia adalah sebagai berikut:

1. Akses yang Mudah

Google Cendekia dapat dikatakan sebagai perpustakaan dalam bentuk digital atau online. Bagi sebagian orang, akses ke Google Cendekia dianggap lebih mudah dibandingkan datang ke perpustakaan karena Google Cendekia bisa diakses di mana pun dan kapan pun.

2. Mencari Secara Lebih Cepat dan Tepat

Dibandingkan dengan Google biasa, Google Cendekia lebih bisa diandalkan dalam mencari informasi akademis.

Apalagi, ketika Anda mengetahui kata kunci yang spesifik, karena Google Cendekia jurnal akan langsung memunculkan hasil yang relevan. Bahkan Anda juga bisa menyortir hasilnya berdasarkan tahun terbit, relevansi, hingga jenis jurnal atau publikasinya.

3. Jurnal atau Artikel Dapat Disimpan

Manfaat lain dari Google Cendekia adalah Anda bisa menyimpan artikel di menu Library dengan cara membintangi artikel tersebut. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat detail artikel secara keseluruhan melalui abstraknya.

4. Mengutip Artikel dengan Mudah

Anda tak perlu lagi menulis kutipan secara manual saat membuat daftar pustaka. CUkup gunakan fitur citation yang ada di Google Cendekia untuk mengutip bagian yang ingin Anda gunakan. Dengan cara mengaktifkan ikon tanda kutip yang ada di bawah artikel, daftar pustaka tinggal copy-paste saja.

5. Alat Publikasi bagi Akademisi

Tak hanya mencari referensi dari Google Cendekia jurnal maupun publikasi yang sudah ada, Anda juga bisa mempublikasikan hasil karya tulis ilmiah yang telah ditulis. 

Baca juga artikel Google Search Console: Fungsi dan Tutorial Lengkapnya

Cara Membuat Google Cendekia

Bagi Anda yang belum pernah mengakses atau menggunakan Google Cendekia, Anda bisa memulainya dengan membuat akun Google Cendekia terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki Gmail, biasanya akun akan otomatis muncul. Namun jika tidak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan email pribadi yang ingin Anda gunakan untuk membuat akun Google Cendekia.
  2. Kunjungi situs Google Cendekia melalui link: Google Scholar > Login menggunakan email tadi/
  1. Klik ikon garis tiga di pojok kiri > pilih Profil Saya > lengkapi data yang diminta.
profil Google Cendekia
  1. Lengkapi tahapan pembuatan akun Google Cendekia dengan mencentang checklist Make My Profile Public agar karya ilmiah Anda bisa dinikmati semua orang.

Cara Login Google Cendekia

Jika Anda telah memiliki akun, berikut cara login Google Cendekia:

  1. Kunjungi situs Google Scholar.
halaman utama Google Cendekia
  1. Klik opsi Masuk atau Login di pojok kanan atas.
login google
  1. Masukkan email yang dipakai untuk membuat akun beserta password-nya.

Cara Menggunakan Google Cendekia

Setelah akun teregistrasi dan berhasil login, maka Anda bisa menggunakan akun tersebut untuk membuat karya ilmiah Anda menjadi bagian dari Google Cendekia jurnal. Caranya yaitu:

  1. Jika Anda baru menambahkan artikel pertama, klik ikon Add.
  • Pilih Add Article Groups untuk menambahkan artikel dalam kelompok yang ada nama Anda di dalamnya.
  • Pilih Add Articles untuk menambahkan artikel yang dikerjakan personal.
  • Pilih Add Article Manually untuk menambahkan artikel secara manual, yang dimulai dari mengisi kolom judul artikel, tanggal terbit, jurnal, volume, isu, hingga isi.
  1. Jika Anda memilih beberapa artikel, maka artikel tersebut muncul otomatis di profil masing-masing.
  2. Anda dapat mengedit data artikel secara manual.
  3. Anda juga bisa menghapus daftar artikel agar tidak muncul lagi di profil.
  4. Untuk memeriksa indeks pencarian, buka beranda Google Cendekia dan masukkan nama lengkap Anda di bidang pencarian. Anda akan melihat tampilan profil Anda.

BACA JUGA: Google Gravity: Pengertian dan Cara Membuatnya

Jika Anda ingin mencari artikel di Google Cendekia, berikut panduannya:

  1. Kunjungi laman Google Cendekia melalui https://scholar.google.co.id
  2. Masukkan keyword atau kata kunci terkait jurnal atau karya ilmiah yang ingin dicari. Anda dapat memasukkan kata kunci judul, topik, atau nama penulis.
  1. Atur rentang waktu penerbitan karya ilmiah dan jenis karya yang Anda inginkan. beberapa karya ilmiah yang bisa Anda download dalam bentuk PDF.
hasil pencarian journal
  1. Untuk mempermudah mengutip rujukan, klik Kutip di bagian bawah hasil pencarian.
kutipan journal
  1. Anda dapat memilih untuk mengutip rujukan, atau Anda juga bisa mendownloadnya secara langsung.
download journal ilmiah
  1. Jika telah memiliki akun Google Cendekia, Anda bisa menyimpan artikel atau karya ilmiah yang ada dengan klik Simpan di bagian bawah hasil pencarian. Artikel tersebut akan disimpan pada menu Koleksiku di bagian pojok kanan atas.
simpan journal di Google Cendekia

Kesimpulan

Dapat disimpulkan Google Cendekia adalah salah satu “sahabat” para akademisi, apalagi di masa pandemi seperti ini. Dengan akses perpustakaan yang terbatas, tentu otomatis Anda akan mengandalkan Google Cendekia jurnal dalam pembelajaran maupun perkuliahan.

Demikian artikel kami tentang apa itu Google Cendekia Journal, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing