Rumahweb Blog
Apa itu Gateway adalah

Apa itu Gateway? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pada infrastruktur jaringan internet dan cloud, gateway adalah salah satu dari beberapa komponen penting dalam perangkat yang digunakan untuk menunjang proses komunikasi. Lalu, apa itu arti gateway?

Gateway adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Jika diterjemahkan secara harfiah, gate dapat diartikan sebagai gerbang dan way adalah jalan. Dalam artikel ini, Rumahweb akan membahas istilah gateway dalam dunia teknologi dan komunikasi.

Apa itu Gateway?

Gateway adalah node jaringan yang digunakan dalam telekomunikasi untuk menggabungkan dua atau lebih titik jaringan dengan protokol  transmisi  yang berbeda secara  bersamaan.

Memiliki sedikit perbedaan dengan router, gateway adalah jaringan yang berfungsi sebagai titik masuk dan keluar untuk jenis jaringan yang berbeda. Hal ini disebabkan karena semua data harus melewati atau berkomunikasi dengan gateway sebelum dirutekan ke tujuan.

Di sebagian besar jaringan berbasis IP, satu-satunya lalu lintas yang tidak melewati setidaknya satu gateway adalah lalu lintas yang mengalir di antara node pada segmen jaringan area lokal (LAN) yang sama.

Pengertian dan Fungsi Gateway

Gateway adalah komponen yang secara garis besar memiliki peran penting dalam jalur komunikasi data untuk menukar informasi data digital melalui node network antarperangkat berbeda, bahkan jika titik gateway lain berada dalam jarak yang sangat jauh.

Gateway dapat dibuat menjadi single node atau multi-node sesuai keperluan masing-masing perusahaan maupun individu. Dalam beberapa kesempatan, single node sering digunakan bagi individu untuk keperluan yang lebih sederhana.

Hal ini berbeda dengan perusahaan yang cenderung memiliki node network lebih dari satu dengan banyak kegunaan di dalamnya.

Keuntungan utama menggunakan gateway adalah menyederhanakan konektivitas internet ke dalam satu perangkat. Pada perusahaan telekomunikasi, node gateway juga dapat bertindak sebagai server proxy dan firewall.

Cara Kerja Gateway

Semua jaringan memiliki batas komunikasi ke perangkat yang terhubung langsung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin berkomunikasi dengan perangkat di luar node atau jaringan, dibutuhkan fungsionalitas gateway. Sebuah gateway sering dicirikan sebagai kombinasi dari router dan modem.

Gateway diimplementasikan di ujung konektivitas jaringan dan mengelola semua data yang diarahkan secara internal atau eksternal dari jaringan tersebut.

Ketika satu jaringan ingin berkomunikasi dengan yang lain, maka paket data akan dilewatkan ke gateway dan diarahkan ke tujuan melalui jalur yang paling efisien. Selain merutekan data, gateway juga dapat menyimpan informasi jalur internal jaringan host dan jalur jaringan tambahan yang ditemui.

Pada dasarnya, gateway adalah konverter protokol yang memfasilitasi kompatibilitas antara dua protokol dan beroperasi pada setiap lapisan model interkoneksi sistem terbuka (OSI).

Jenis Gateway

Gateway dapat mengambil beberapa bentuk dan melakukan berbagai tugas. Gateway dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

Web Application Firewalls

Jenis pertama gateway adalah web application firewalls yang menyaring lalu lintas dari dan ke web server untuk melihat data lapisan aplikasi.

Cloud Storage

Cloud Storage berfungsi untuk menerjemahkan permintaan penyimpanan dengan berbagai komunikasi layanan cloud API. Jenis gateway ini memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan penyimpanan dari cloud pribadi ke dalam aplikasi tanpa  perlu migrasi ke cloud publik.

API,  SOA, atau XML Gateway

Jenis selanjutnya dari gateway adalah API, SOA, atau XML dengan fungsi mengelola lalu lintas yang mengalir masuk dan keluar dari layanan, arsitektur berorientasi layanan mikro, atau layanan web berbasis XML.

IoT Gateway

Jenis ini mengumpulkan data sensor dari perangkat di lingkungan IoT, menerjemahkan antarsensor protokol dan memproses data sensor sebelum mengirimnya ke depan.

Media Gateways

Jenis gateway ini dapat mengubah data dari format yang diperlukan untuk satu jenis jaringan ke format yang dibutuhkan jaringan lain.

Email Security

Email security adalah jenis gateway yang berfungsi untuk mencegah transmisi email yang melanggar kebijakan perusahaan, atau akan mentransfer informasi dengan tujuan negatif.

VoIP Trunk Gateway

VoIP Trunk Gateway adalah jenis gateway yang menfasilitasi penggunaan peralatan layanan telepon biasa, seperti telepon rumah atau mesin fax, dengan jaringan voice over IP (VoIP).

Selain itu, penyedia layanan dapat mengembangkan gateway pribadi mereka sendiri yang dapat digunakan oleh pelanggan. Misalnya, Amazon Web Services (AWS) dengan Amazon API Gateway yang memungkinkan pengembang menghubungkan aplikasi non-AWS ke sumber daya back-end AWS.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Fredric Lesomar