Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Folder adalah

Apa itu Folder? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah folder, baik yang dimaksud adalah folder fisik maupun folder di komputer? Secara sederhana, definisi folder adalah sesuatu yang bertugas menyimpan dokumen atau berkas supaya kualitasnya tetap terlindungi.

Dahulu, folder adalah tempat penyimpanan dokumen berbentuk fisik. Namun seiring berkembangnya teknologi, istilah folder juga digunakan pada perangkat seperti laptop atau komputer.

Selain itu, fungsi folder juga kian bertambah. Anda tak hanya dapat menyimpan file dalam folder yang sudah ada sebelumnya. Ada juga cara membuat folder baru di laptop atau komputer yang bisa diikuti dengan mudah.

Melalui artikel ini, Rumahweb telah merangkum secara lengkap mengenai folder, dari pengertian, fungsi, hingga cara membuat folder baru di laptop atau komputer. Simak ulasan berikut!

Apa itu Folder, Sub Folder, dan File?

Folder adalah tempat untuk menyimpan berkas atau dokumen pada sebuah perangkat. Baik smartphone, laptop, atau komputer.

Selain folder, ada juga istilah sub folder dan file yang juga perlu Anda pahami. Sub folder adalah folder yang ada di dalam folder lain. Sedangkan file merupakan berkas atau dokumen yang berada di dalam folder maupun sub folder.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Perbedaan antara file dan folder adalah bahwa file merupakan unit dasar untuk menyimpan data, sedangkan folder adalah wadah untuk menyimpan file. File dapat disimpan di dalam folder untuk membantu pengguna mengatur dan mengelompokkan data dengan lebih teratur dan efisien.

Agar tidak membingungkan, mari menggunakan contoh berikut. 

1. Cara Membuat Folder

Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows. Jika Anda menekan shortcut Win+E, komputer akan membuka Windows Explorer. Klik kiri pada salah satu drive yang Anda miliki, misalnya local disk C atau data D.

Selanjutnya, klik kanan di bagian yang kosong > pilih opsi New > Folder. Anda bisa mengubah nama folder dengan cara  klik kanan pada folder yang ingin diubah > pilih opsi Rename > ketikkan nama folder yang diinginkan.

2. Cara Membuat Sub Folder

Selanjutnya, cara mudah membuat sub folder adalah dengan klik folder yang sudah Anda buat sebelumnya sebanyak dua kali, untuk membuka isi folder tersebut. Klik kanan pada bagian yang kosong > pilih opsi New > Folder.

Sama seperti folder yang dibuat sebelumnya. Anda juga bisa mengubah nama sub folder dengan cara  klik kanan pada sub folder yang ingin diubah namanya > pilih opsi Rename > isikan sesuai keinginan Anda.

3. Cara Membuat File di Dalam Folder

Selanjutnya, membuat file di dalam sub folder. Klik dua kali untuk membuka sub folder tersebut > klik kanan di bagian yang kosong > pilih opsi New > Text Document > isi nama dokumen sesuai keinginan. Anda juga dapat mengganti nama ini dengan cara klik kanan  pada file > pilih opsi Rename.

Sebagai informasi tambahan, Text Document dengan ekstensi .txt yang baru saja dibuat hanyalah satu dari sekian banyak jenis file yang bisa Anda tambahkan. File juga bisa memiliki bentuk atau jenis yang beragam, seperti gambar, dokumen, video, file presentasi, audio, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Webinar: Pengertian, Aplikasi dan Tema yang menarik

Fungsi Folder

Selain digunakan untuk menyimpan file, salah satu fungsi lain dari folder adalah untuk menyusun berbagai macam file agar lebih terorganisir dan rapi. Hal ini karena Anda dapat mengelompokkan berbagai jenis file secara teratur di dalam beberapa folder dan sub folder.

Sebagai contoh, Anda mengelompokkan file gambar dalam folder Foto, file dokumen pada folder Berkas, video dan audio pada folder Multimedia, dan lain sebagainya.

Semakin banyak file yang Anda simpan, maka akan semakin besar pula ukuran folder tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa kapasitas penyimpanan laptop atau komputer Anda masih cukup.

Untuk memeriksa kapasitas penyimpanan, Anda bisa klik kanan pada drive yang ingin diperiksa, misalnya local disk C atau data D > pilih opsi Properties. Di sana akan tertera informasi berupa kapasitas penyimpanan, misalnya berapa megabyte atau gigabyte data yang telah digunakan, dan berapa kapasitas yang masih kosong dan dapat digunakan.

Apabila local disk C atau data D Anda sudah hampir penuh, biasanya indikator akan menunjukkan warna merah. Jika demikian, Anda dapat melakukan inspeksi dan menghapus berbagai file di dalam folder yang kiranya sudah tidak terpakai lagi, agar Anda memiliki sedikit ruang bagi file berikutnya yang dirasa lebih penting. 

Semakin banyak memori yang dipakai berbanding lurus dengan potensi lemot pada laptop atau komputer. Selain banyaknya aplikasi yang terpasang, file yang disimpan dengan beragam folder adalah biang masalahnya. Untuk itu, Anda perlu melakukan bersih-bersih secara berkala agar kinerja laptop atau komputer tetap terjaga.

Cara Membuat Folder Baru di Laptop

Membuat folder adalah pekerjaan yang cukup mudah. Berikut cara membuat folder baru di laptop dengan sistem operasi Windows. 

  1. Tekan Win+E untuk membuka Windows Explorer
  2. Klik kiri pada salah satu drive,  local disk C, data D, atau yang lainnya. 
  3. Klik kanan pada bagian yang kosong > pilih opsi New > Folder
  4. Isikan nama folder. Anda juga dapat mengubah nama tersebut dengan  klik kanan pada folder > pilih opsi Rename > Isi dengan nama folder yang diinginkan.
  5. Selamat! folder telah berhasil dibuat.

Bagaimana? Membuat folder adalah pekerjaan yang cukup mudah bukan?

Cara Membuat Folder Baru di Google Drive

Membuat folder adalah aktivitas yang sangat mudah dilakukan. Langkah membuatnya di Google Drive pun hampir mirip dengan cara membuat folder di laptop atau komputer. Simak urutannya berikut ini!

  1. Akses Google Drive di browser Anda.
  2. Login ke Akun Google Anda.
  3. Klik tombol New > New Folder.
  4. Isikan nama folder klik > Create.
  5. Folder di Google Drive telah berhasil dibuat.

Di dalam Google Drive, Anda juga dapat menyimpan berbagai jenis file, mulai dari Google Dokumen, Spreadsheet, slide presentasi, formulir, gambar, video, PDF, file audio, dan lain sebagainya. Membuat folder adalah pekerjaan yang cukup mudah, bukan?

BACA JUGA: Ga Ribet! Begini Cara Menghapus Cache di Laptop

Cara Mengunci Folder di Laptop

Anda mungkin memiliki beberapa folder berisi data yang penting atau rahasia, yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengunci folder di laptop atau komputer.

Mengunci folder adalah aktivitas yang cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi bagi Anda pengguna Windows 10, yang memiliki fitur bawaan untuk mengunci folder. Sehingga Anda tidak perlu mengunduh dan memasang aplikasi pihak ketiga untuk melakukan aktivitas tersebut. Jadi, Anda cukup menguncinya dengan Folder Properties.

cara mengunci folder pakai enkripsi

Berikut ini urutan mengunci folder di laptop dengan sistem operasi Windows 10:

1. Klik kanan pada folder yang ingin dikunci.

2. Pilih Properties.

3. Tekan tombol Advanced.

folder adalah

4. Cari dan centang tulisan Encrypt Content to secure data > klik OK.

5. Pilih Apply changes for this folder, subfolders, and files.

cara mengunci folder di laptop

Selamat! Folder Anda telah dienkripsi serta aman dari pencurian.

Mengunci folder adalah pekerjaan yang tak kalah mudah dari membuat folder, bukan?

Cara Mengirim Folder Lewat Email dengan Mengompresnya

Tak hanya disimpan atau dikunci, Anda juga dapat mengompres dan mengirimkannya melalui email. Jika Anda pengguna Gmail, bersyukurlah karena terdapat fitur yang mendukung kompresi folder, seperti ZIP atau RAR. Jadi, Anda cukup mengompres isi folder, lalu melampirkannya di Gmail.

Berikut kami rangkum cara mengompres dan mengirim folder menggunakan Gmail:

1. Pilih folder di laptop atau komputer yang akan dikirim melalui email.

2. Klik kanan > pilih Compress and email

compress and email

3. Pilih format ZIP dan sesuaikan ukuran folder file. 

compress and rar

5. Setelah selesai dikompres, Anda dapat meneruskan lampiran file dan mengirim folder lewat email.

Gmail telah memblokir file yang dapat dieksekusi, seperti .exe, sehingga Anda tidak dapat mengirimkan file dengan ekstensi tersebut.

Selain itu, batas ukuran file yang terkompresi pada folder adalah kurang dari 25 MB. Jika ukuran file lebih dari batas yang ditentukan, sebaiknya Anda menggunakan Google Drive, karena layanan cloud storage pada Google Drive secara otomatis tersedia untuk semua pengguna Gmail.

Lalu, bagaimana cara mengirimkan file melalui Google Drive? Berikut ini urutan caranya:

1. Unggah file dalam folder yang berkapasitas lebih dari 25 MB ke Google Drive.

2. Klik titik tiga pada bagian kanan file tersebut.

3. Pilih Share.

cara mengirim folder lewat google drive

4. Masukkan alamat email orang-orang yang ingin Anda kirimkan.

5. Selamat! Folder Anda yang berkapasitas lebih dari 25 MB telah berhasil dikirimkan.

Cara Mengirim Folder Lewat WA

Sama seperti mengirim file melalui email, Jika Anda menggunakan WhatsApp untuk mengirim beberapa file, Anda harus menggabungkannya di dalam satu folder, kemudian mengompres file tersebut hingga berubah menjadi namafolder.ZIP.

Berikut urutan untuk mengirimkan folder lewat WA:

1. Masuk ke aplikasi RAR.

2. Temukan folder yang sudah dikompres yang akan dikirim.

3. Centang kotak di sebelah nama file.

4. Klik titik tiga di sudut kanan atas.

5. Pilih opsi menu Kirim.

6. Pilih WhatsApp

kirim file lewat WA

7. Pilih kontak penerima > klik Kirim.

8. Selamat! folder Anda telah berhasil dikirim.

BACA JUGA: Apa Itu Bookmarks? Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Gambar Folder

Folder adalah salah satu komponen penting yang dapat merapikan file di dalam laptop atau komputer. Di bawah ini merupakan gambar folder untuk memudahkan pemahaman Anda.

folder adalah

Kesimpulan

Folder adalah tempat untuk menyimpan berkas atau dokumen pada sebuah perangkat, baik smartphone, laptop, komputer, atau perangkat lainnya. Selain itu, ada juga istilah sub folder dan file yang juga perlu Anda pahami.

Sub folder adalah istilah untuk folder yang di dalamnya berisi folder, sedangkan file merupakan berkas atau dokumen yang berada di dalam folder maupun sub folder.

Fungsi folder adalah menyusun berbagai macam file agar lebih terorganisir dan rapi, karena selain berfungsi sebagai penyimpan file, folder juga dapat digunakan untuk mengelompokkan berbagai jenis file secara teratur.

Sebagai contoh, Anda dapat menyimpan file gambar di dalam folder Foto, file dokumen pada folder Berkas, video dan audio pada folder Multimedia, dan lain sebagainya.

Mengirim folder adalah pekerjaan yang mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya menggunakan berbagai medium, mulai dari email hingga WhatsApp.

Itulah artikel dari Rumahweb tentang pengertian, fungsi, hingga cara membuat folder baru di laptop atau komputer. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.