Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Itu End Of Life (EOL) Adalah

Apa Itu End Of Life (EOL) dan Solusi Terbaiknya

Pada produk makanan atau minuman kemasan, kita sering menemukan tanggal kedaluwarsa. Dalam dunia teknologi atau IT, konsep serupa dikenal sebagai EOL atau End Of Life. EOL adalah tahap akhir dalam siklus hidup perangkat IT, di mana perangkat tersebut tidak lagi mendapatkan dukungan atau pembaruan dari tim pengembang.

Apabila suatu perangkat sudah tidak mendapatkan dukungan, maka perangkat tersebut akan memasuki masa akhir hidup. Umumnya, perangkat masih bisa digunakan ketika sudah memasuki masa EOL, namun sudah tidak mendapatkan dukungan yang dapat memberikan celah kerentanan terutama di sisi keamanan. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu End Of Life (EOL) dan bagaimana solusi terbaiknya.

Apa itu End Of Life (EOL)?

EOL adalah singkatan dari End Of Life, dimana jika diartikan secara harfiah bermakna akhir masa hidup. Istilah EOL ini umumnya dijumpai pada bidang teknologi, baik itu pada perangkat, operating system, layanan dukungan dan lain sebagainya.

Setiap produsen di bidang teknologi khususnya bidang IT, pasti akan memiliki tanggal End Of Life masing-masing sesuai layanan yang mereka produksi. Apabila ketika suatu perangkat atau operating system memasuki masa End Of Life. Maka pihak produsen atau pengembang produk tersebut sudah tidak lagi memberikan update pembaharuan pada suatu perangkat tersebut. 

Update pembaharuan ini meliputi terkait update operating system ataupun perbaikan bug atau celah keamanan dari patch yang sudah direlease sebelumnya. Apabila perangkat yang sudah memasuki masa End Of Life masih tetap digunakan, maka celah keamanan akan semakin rentan terbuka lebar sehingga dapat menyebabkan potensi kebocoran keamanan pada perangkat yang digunakan tersebut.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Contoh EOL pada Device

Berikut adalah beberapa contoh perangkat atau layanan yang saat ini sudah berstatus EOL.

Windows 7

Merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dimana Windows 7 OS diluncurkan secara global pada tanggal 22 Oktober 2009. Dimana pada masanya, OS ini sangat banyak digunakan dan menjadi populer karena tampilan antar mukanya yang terbilang simpel.

Namun, OS tersebut akhirnya sudah tidak mendapatkan update dari Microsoft atau istilahnya sudah tidak dikembangkan lagi. Windows 7 OS sudah mulai pensiun pada 14 Januari 2020, dimana masa hidupnya sekitar 10 tahun. Alasan sudah dihentikan karena akan digantikan oleh penerusnya yaitu Windows 8 OS.

MacOS Catalina

Merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. di mana MacOS Catalina diluncurkan secara global pada tanggal 7 Oktober 2019.

Namun pada akhirnya, Apple Inc tidak meneruskan atau mendukung sistem operasi tersebut, sehingga MacOS Catalina mulai pensiun pada tanggal 30 November 2022. MacOS Catalina memiliki masa hidup sekitar 3-4 tahun dan digantikan penerusnya yaitu MacOS Big Sur.

Samsung Galaxy S6

Merupakan sebuah smartphone yang diluncurkan oleh perusahaan Samsung. Dimana smartphone tersebut mulai diluncurkan secara global sekitar bulan April 2015. Smartphone yang memiliki desain melengkung di bagian pinggiran tersebut, sayangnya sudah tidak mendapatkan update dukungan atau sudah memasuki masa EOL sekitar bulan November 2021.

Dari 3 contoh tersebut, setiap perangkat teknologi baik fisik maupun software atau operating sistem akan memiliki masa akhir hidupnya masing-masing. Untuk lamanya dukungan tergantung dengan perusahaan produsen tersebut, ada yang memberikan masa akhir hidup sekitar 10 tahun, ada yang memberikan masa akhir hidup 6 tahun dan bahkan ada juga yang hanya memberikan masa akhir hidup 2-3 tahun saja.

Solusi terbaiknya

Lalu, apa saja solusi terbaiknya jika masih menggunakan perangkat atau sistem operasi yang sudah memasuki masa akhir hidup atau EOL?

1. Mengetahui status EOL perangkat

Mengetahui status kapan suatu perangkat memasuki status EOL dapat membantu Anda dalam mempersiapkan penggunaan perangkat tersebut. Selain itu, Anda dapat mempersiapkan rencana kedepannya jika sudah memasuki masa EOL.

Umumnya, suatu produsen akan memberikan informasi kapan suatu barang produksi tersebut masih mendapatkan dukungan. Anda dapat mencari informasi tersebut melalui website resmi perangkat yang Anda gunakan.

 2. Beralih ke perangkat yang baru

Apabila Anda memprioritaskan keamanan data di dalam suatu perangkat yang Anda gunakan, beralih ke perangkat yang baru akan memberikan keuntungan keamanan yang lebih tinggi. Selain dari sisi keamanan, pastinya Anda akan dapat menikmati suatu fitur yang lebih baru dari perangkat Anda sebelumnya.

3. Menggunakan layanan dukungan tambahan

Layanan dukungan tambahan merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh sebuah produsen di bidang IT untuk memberikan dukungan keamanan tambahan terutama pada perangkat yang sudah berstatus EOL.

Contoh dari layanan ini adalah ESU (Extended Security Updates) yang disediakan oleh perusahaan Microsoft. Beberapa layanan ESU Microsoft seperti Windows Server 2008 R2, Windows 7 (Professional, Enterprise) dan Windows Server 2012/R2.

Layanan dukungan tambahan ini dapat membantu sementara ketika Anda mengumpulkan biaya untuk berpindah ke perangkat lebih baru.

4. Menggunakan virtualisasi atau cloud

Menggunakan virtualisasi atau cloud bisa Anda gunakan juga jika perangkat yang Anda gunakan memasuki masa EOL. Layanan virtualisasi atau cloud dapat memberikan lapisan keamanan tambahan pada data Anda, namun Anda perlu memiliki pengetahuan tambahan dalam bidang virtualisasi atau cloud. Selain itu biaya yang mahal serta hardware mumpuni perlu Anda pertimbangkan.

5. Tetap bertahan dengan menerima resiko (tidak disarankan)

Jika Anda ingin tetap bertahan untuk tetap menggunakan perangkat dengan status EOL. Anda harus sudah mengetahui resiko-resiko yang akan terjadi  khususnya di sisi keamanan. Selain itu, Anda juga harus menambahkan fasilitas tambahan seperti antivirus atau memasang firewall pada perangkat EOL yang masih Anda gunakan.

Kesimpulan

EOL (End of Life) adalah tahap akhir dalam siklus hidup perangkat atau perangkat lunak, di mana dukungan dan pembaruan dari pengembang dihentikan, sehingga perangkat tersebut menjadi rentan terhadap ancaman keamanan dan kinerja yang menurun.

Solusi terbaik untuk mengatasi EOL adalah segera beralih ke versi terbaru atau mengganti perangkat yang sudah usang dengan yang lebih modern, untuk memastikan keamanan dan kinerja optimal.

Demikianlah penjelasan Rumahweb tentang apa itu EOL dan solusi terbaiknya. Semoga dapat memberikan wawasan tambahan untuk Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dedicated Server

Risang Mahendra