Rumahweb Blog
Banner - Apa itu DNS Leak adalah - Pengertian dan Cara Pencegahannya

Apa itu DNS Leak? Pengertian dan Cara Pencegahannya

Apa yang akan terjadi saat Anda sedang asik berselancar di Internet, dan tanpa disadari DNS Anda bocor? Penasaran, kan? Ayo cari tau apa itu DNS leak, pengertian. Hingga cara pencegahannya bersama Rumahweb Indonesia! 

Bagi sebagian orang, DNS bukan istilah yang asing. Namun, jika Anda belum mengetahui istilah ini, DNS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk merubah suatu alamat website ke dalam IP Address.

Saat mengakses suatu website, komputer Anda akan mencari tahu di mana letak server yang diakses, dan  kemudian tampil halaman website yang Anda tuju. Bagi sebagian orang, aktivitas ini adalah privacy yang tidak perlu diketahui orang lain. Untuk itu, perlu dilakukan pengamanan DNS. 

Simak artikel berikut jika Anda ingin mempelajari tentang Apa itu DNS lebih lanjut.

Apa itu DNS Leak?

DNS Leak, atau DNS yang bocor, dapat memberi dampak yang besar, khususnya bagi Anda yang ingin aktivitas online tidak dideteksi oleh siapa pun.

Pada dasarnya, pihak penyedia layanan internet, atau ISP (Internet Service Provider), dapat mengetahui semua aktivitas online Anda. Oleh karena itu, orang-orang yang menginginkan privacy, akan  menggunakan layanan VPN.

VPN merupakan solusi yang dapat digunakan jika ingin kerahasiaan aktivitas internet Anda lebih terjamin. Saat menggunakan VPN, pihak ISP hanya dapat mengetahui kalau akses Anda mengarah ke server VPN. Setelah itu, mereka tidak dapat mengetahui alamat website yang diakses.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Namun, terkadang dapat terjadi kebocoran DNS di VPN, atau yang sering disebut dengan DNS leak. Saat terjadi kebocoran ini, pihak ISP akan mengetahui log akses Anda, walaupun diakses menggunakan VPN. 

Mengapa DNS Leak Berbahaya

Saat terjadi kebocoran DNS, pihak ISP dapat mengetahui seluruh aktivitas online Anda. Hal ini menjadi berbahaya, apabila Anda tidak menggunakan layanan internet dari ISP yang terpercaya. Risiko terbesarnya, bisa saja data aktivitas online Anda diperjualbelikan. 

Selain risiko data yang diperjualbelikan, penjahat di dunia maya pun dapat memanfaatkan DNS leak ini. Mereka dapat menjadikan Anda target, kemudian mengirimkan email spoofing, malware, bahkan mereka juga dapat mencoba membobol akun Anda. 

Cara Pencegahan Dari DNS Leak

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penggunaan VPN tidak dapat menjamin akses Anda selalu aman dari kebocoran DNS. Berikut kami rangkum tiga tips yang dapat dilakukan agar DNS Anda terhindar dari kebocoran. 

1. Gunakan Layanan VPN Terpercaya

Pastikan layanan VPN yang Anda gunakan disediakan oleh provider yang terpercaya. Untuk memastikannya, Anda dapat mengecek review para pengguna provider tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat menanyakan jaminan layanan dengan mengontak customer support penyedia VPN tersebut.

2. Jangan Menggunakan DNS ISP

Selanjutnya, kami menyarankan Anda agar tidak menggunakan DNS dari ISP. Untuk melakukan perubahan DNS, Anda dapat mengikuti panduan pada artikel berikut:
Menggunakan DNS Google
Menggunakan DNS Cloudflare

Alternatif lainnya, Anda juga dapat menggunakan DNS dari VPN. Silakan menghubungi penyedia VPN yang digunakan untuk mengkonsultasikannya. 

3. Pastikan Tidak Terjadi Kebocoran DNS

Anda dapat menggunakan layanan seperti website https://www.dnsleaktest.com/ untuk memastikan tidak ada kebocoran DNS.

Caranya, kunjungi alamat website tersebut, Apabila hasilnya terdeteksi nama ISP yang Anda gunakan, maka dipastikan DNS Anda bocor. Namun, bila yang terdeteksi adalah IP VPN Anda, maka DNS Anda masih aman. 

Kesimpulan

DNS leak adalah suatu istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan kebocoran pada DNS. Kenapa DNS leak menjadi berbahaya? Karena aktivitas online yang Anda lakukan dapat diketahui oleh pihak ISP. 

DNS leak juga berbahaya, terlebih jika pekerjaan Anda membutuhkan kerahasiaan. Hal ini karena DNS leak dapat disalahgunakan oleh penjahat dunia maya. Menggunakan VPN yang dikelola oleh provider terpercaya dapat menjadi solusi terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Anggit Puguh

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb