Rumahweb Blog
Banner - DirectAdmin Adalah

DirectAdmin: Pengertian, Fitur, Kelebihan, dan Instalasinya

Ada beragam control panel yang dapat digunakan untuk mengelola layanan VPS atau hosting. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. DirectAdmin adalah salah satu layanan control panel gratis yang dapat Anda coba. 

DirectAdmin adalah control panel berbasis web (web-based) yang dapat menjadi alternatif terbaik bagi pengguna VPS yang tidak familiar dengan management CLI (Command Line Interface) melalui SSH.

Dapat dikatakan bahwa penggunaan control panel dipengaruhi oleh kebiasaan Anda dalam mengelola website. Jika sudah terbiasa mengelola melalui console SSH, kadang Anda akan mengabaikan control panel web karena beberapa faktor tambahan, seperti resource.

Apa itu DirectAdmin?

DirectAdmin adalah salah satu control panel hosting atau VPS berbasis Graphical User Interface (GUI) yang populer, selain cPanel dan Plesk Panel. DirectAdmin memiliki beberapa fitur standar yang dimiliki oleh beberapa control panel lainnya. Seperti fitur phpMyAdmin, SSL, SSH atau Terminal, Cron Jobs, hingga email.

Sedangkan untuk kebutuhan resource, DirectAdmin tidak membutuhkan konfigurasi atau dependencies agar dapat berjalan. Jadi, control panel ini cocok digunakan untuk VPS berspesifikasi low end.

BACA JUGA : VPS Panel vs Tanpa Panel – Mana Pilihan Terbaik?

Fungsi DirectAdmin

Salah satu fungsi DirectAdmin adalah sebagai control panel VPS atau hosting. Ada beberapa fitur yang dapat Anda gunakan di dalamnya, seperti pembuatan akun website, akun email, dan masih banyak lagi.

DirectAdmin memiliki beberapa bagian penting yang dapat mempermudah Anda yang sering menggunakan console SSH. Misal, setting DNS yang menghubungkan beberapa fungsi dan fiturnya. 

Fitur DirectAdmin

DirectAdmin adalah control panel web hosting yang dapat menyederhanakan pengelolaan server website. DirectAdmin memiliki beberapa fitur yang dirancang untuk membuat manajemen server dan hosting menjadi lebih efisien.

Beberapa fitur penting DirectAdmin adalah sebagai berikut:

  1. Buat/Modif Akun Admin dan Reseller

Akun default Admin DirectAdmin dapat membuat reseller atau akun admin lainnya dengan sangat mudah.

  1. Paket Reseller

Admin dapat membuat jenis paket untuk digunakan oleh reseller, seperti pembuatan akun dan daftar fitur yang bisa digunakan.

  1. Melihat Semua User

DirectAdmin memastikan Admin dapat melihat semua user yang telah terdaftar di sistem.

  1. DNS Administrator.

Fitur DNS memungkinkan admin untuk membuat, mengedit, atau menghapus record DNS di server.

  1. IP Manager

Pada menu ini, admin dapat mengelola IP address pada server. Admin juga dapat mengalokasikan IP address ke reseller melalui menu ini.

  1. Mail Queue

Mail Queue adalah tool untuk melihat proses email yang sedang berlangsung. Melalui menu ini, Anda dapat memonitor dan mengambil keputusan yang diperlukan.

  1. DNS Clustering

Fitur ini dapat membantu admin melakukan pengecekan data DNS antar server yang sedang berlangsung. Fitur pada menu ini hanya berfungsi jika Anda memiliki lebih dari satu server yang menggunakan DirectAdmin, dan ingin menghubungkannya satu sama lain.

Selain ketujuh fitur menarik di atas, sebenarnya masih ada berbagai fitur lain yang dapat Anda nikmati setelah menginstall DirectAdmin. 

Kelebihan dan Kekurangan DirectAdmin

Setelah mengetahui tentang apa itu DirectAdmin hingga fiturnya, Rumahweb juga telah merangkum kelebihan dan kekurangan control panel ini. Satu hal yang perlu diingat, kelebihan dan kekurangan DirectAdmin dapat berubah seiring waktu, karena pengembangan perangkat lunak, pembaruan, dan perbaikan yang terus-menerus dilakukan. 

Kelebihan DirectAdmin

  1. Tampilan yang Menarik

DirectAdmin menawarkan tampilan yang bersih dan intuitif, sehingga memudahkan pengguna dalam mempelajarinya. Bahkan, Anda yang masih pemula pun dapat mempelajari dan menggunakan DirectAdmin dengan cukup mudah. 

  1. Biaya Langganan yang Terjangkau

DirectAdmin adalah control panel dengan dua pilihan lisensi, gratis dan berbayar. Bahkan, harga lisensi yang ditawarkan pun masih relatif murah, yakni mulai dari $5, atau sekitar Rp78.000

  1. Dukungan Teknis Terintegrasi

DirectAdmin mempunyai fitur yang memungkinkan pengguna dari control panel berkomunikasi melalui sistem ticketing terintegrasi. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan dukungan teknis langsung dari DirectAdmin untuk menyelesaikan kendala terkait fungsi DirectAdmin.

  1. Automatic Crash Recovery

Salah satu fitur unggulan DirectAdmin adalah monitor terhadap stabilitas layanan. Apabila ada service yang down, sistem akan otomatis menjalankan service tersebut untuk tahap awal.

Jika terjadi kegagalan services, sistem pun akan secara otomatis mengirimkan notifikasi ke admin server.

  1. Akun Reseller

DirectAdmin memiliki level user reseller yang dapat membuat akun hosting sendiri untuk kemudian “dijual” kembali kepada end user.

Kekurangan DirectAdmin

Selain kelebihan, DirectAdmin juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib Anda pahami agar tidak merasa salah pilih setelah menggunakannya. Apa saja?

  1. Komunitas Pengguna

Meskipun memiliki dukungan teknis yang terintegrasi, sayangnya dukungan komunitas DirectAdmin masih cukup kecil. Apalagi jika dibandingkan dengan control panel hosting lain yang lebih populer, seperti cPanel.

Alternatifnya, Anda dapat mengandalkan forum terbuka untuk tanya jawab yang lebih informatif. 

  1. Stabilitas Pembaruan 

DirectAdmin menawarkan pembaruan atau update yang yang belum terjadwal dengan jelas. Anda wajib memantau pembaruan tiap minggunya untuk memastikan versi build yang Anda gunakan sudah up to date.

  1. Fitur Terbatas pada Versi Gratis

Meskipun menawarkan berbagai fitur andalan yang menarik, Anda tidak dapat menggunakan semua fitur itu pada DirectAdmin versi gratis. Dengan kata lain, Anda harus upgrade ke versi berbayar jika ingin menggunakan lebih banyak fitur yang ditawarkan.

BACA JUGA : VPS Windows vs Linux, Manakah yang Terbaik untuk Saya?

Cara Install DirectAdmin di VPS

Untuk melakukan instalasi DirectAdmin, pastikan VPS Anda sudah memenuhi kriteria minimal berikut ini:

  • Sistem operasi Cloudlinux 7.8, Centos(7,8,9), Almalinux & Rocky Linux (8,9), Debian (10,11,12), Ubuntu (18.04, 20.04, 22.04)
  • Processor 1GB
  • RAM 2 GB
  • Penyimpanan 10 GB 
  • Akses root ke VPS
  • Kode Lisensi DirectAdmin ( untuk versi berbayar)

Instalasi DirectAdmin dapat dilakukan melalui console SSH VPS. Setelah memastikan semua persyaratan terpenuhi, simak proses instalasi DirectAdmin pada panduan berikut: Cara Install DirectAdmin di VPS Ubuntu

Kesimpulan

DirectAdmin adalah salah satu control panel hosting yang dirancang untuk memudahkan administrator dalam mengelola VPS. Selain fiturnya yang cukup lengkap, DirectAdmin juga dilengkapi dengan user interface yang menarik, sehingga memudahkan administrator pemula untuk mengelola web hosting Anda.

Jadi, DirectAdmin adalah control panel hosting gratis dengan berbagai fitur menarik yang mungkin cocok untuk dicoba. Itulah artikel dari Rumahweb Indonesia tentang apa itu DirectAdmin. Tertarik mencobanya?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Fredric Lesomar