Rumahweb Blog
banner artikel - Bahasa Pemrograman Delphi Adalah

Delphi: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, hingga Contohnya

Pernahkah Anda mendengar tentang bahasa pemrograman Delphi? Delphi adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat aplikasi. Delphi menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa pemrograman Pascal. 

Biasanya, Delphi digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis desktop. Tetapi dalam perjalanannya. Delphi juga dapat digunakan untuk pengembangan lain, alias bersifat general purpose.

Sebagai contoh, Delphi dapat digunakan untuk membuat aplikasi Windows dan program berbasis jaringan server atau client. Selain itu, Delphi juga dapat digunakan untuk merancang sebuah program .Net.

Lalu, apa itu bahasa pemrograman Delphi, apa saja fungsi dan kelebihannya? Melalui artikel ini kami akan mengulas secara lengkap beserta contohnya untuk Anda. Simak selengkapnya!

Apa itu Delphi?

Delphi adalah bahasa pemrograman dengan visualisasi yang sama seperti VB atau Visual Basic. Delphi juga merupakan IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal serta lingkungan pengembangan software yang dipakai untuk mendesain suatu program.

Dalam dunia pemrograman, Delphi dikenal sebagai bahasa tingkat tinggi yang mendukung pemrograman berorientasi objek. Delphi memiliki kemampuan mengawinkan kode yang ditulis dalam bahasa assembly serta bahasa tingkat rendah lainnya. Hal ini  membuat Delphi mempunyai akses secara tidak langsung ke mesin hardware.

Bahasa pemrograman Delphi dengan basis kode yang cukup besar bisa dikompilasi serta dijalankan pada mesin bersumber daya terbatas. Pendek kata, Delphi memiliki kemampuan untuk mengkompilasi dengan sangat cepat.

Mengapa Harus Menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi?

Ada banyak pilihan bahasa pemrograman yang dapat digunakan, termasuk Delphi. Masing-masing bahasa pemrograman ini tentu dapat dipakai sesuai kebutuhan. Lalu, mengapa Anda perlu menggunakan bahasa pemrograman Delphi?

1. Keterbacaan Program

Dengan menggunakan Delphi, Anda tidak perlu menjalankannya secara terpisah setelah selesai merancang program. Hal ini karena Delphi secara otomatis membacanya sebagai program.

2. Adaptif

Anda tidak perlu lagi untuk menyesuaikan source code. Delphi membuat source code yang merupakan turunan dari Pascal membuat penyesuaian secara otomatis. 

3. Distribusi Mudah dan Compiler Cepat

Delphi adalah bahasa pemrograman yang memberikan kemudahan dalam mendistribusi serta mengatasi masalah yang berhubungan dengan versioning. Tak hanya itu, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, optimasi compiler Delphi juga lebih cepat.

4. Multi platform

Bahasa pemrograman Delphi adalah multi platform. Sehingga Anda bisa menjalankannya pada berbagai sistem operasi seperti iOS, Windows, Linux, dan bahkan Android. Aplikasi yang dihasilkan dapat bersifat portable, karena program ini bisa mengkompilasi.

BACA JUGA: Bahasa Pemrograman: Definisi, Fungsi, Macam, dan Contohnya

Kelebihan Delphi

Masing-masing bahasa pemrograman pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa kelebihan Delphi adalah sebagai berikut: 

1. Mudah Digunakan

Saat menggunakan Delphi untuk membuat perangkat lunak, Anda akan dimudahkan dalam membuat dialog, tabel, button, serta komponen-komponen lain yang diperlukan.

2. Ukuran Ringan

Jika Anda membuat program menggunakan Delphi, Anda dapat mengaturnya menjadi single executable alias portable. Dengan cara ini, ukuran program cenderung lebih kecil dibanding program yang harus dinstal dari file compressednya.

3. Fitur Unik

Saat menggunakan Delphi, Anda dapat menambahkan komponen VBX, yakni extension Visual Basic Scripting Edition atau VBScript. Selain Batch, VBScript adalah bahasa pemrograman dari Windows dengan fitur unik, mengeluarkan suara ketika Anda menyalakan PC pertama kali.

Jadi, dengan menggunakan Delphi, Anda pun bisa menggunakan fitur unik ini. Seru bukan?

4. Dapat Diakses di Berbagai Format

Borland Database Engine (BDE) adalah bagian Delphi yang berfungsi untuk mengakses file dengan format apapun. Akses ke programmer diberikan oleh BDE agar dapat mengakses semua jenis database yang ada. Misalnya seperti, Oracle, SQL Server, dan Sybase. 

Selain itu Delphi juga memberikan akses ke standar data source code seperti dBase, Microsoft Access, Paradox milik Corel, FoxBASE+. Tak hanya akses, Delphi juga menawarkan beragam tools dan contoh kode untuk file inti database.

Lebih lanjut, Anda juga bisa memperbarui perangkat lunak ke database connectivity yang baru, seperti FireDAC.

5. Komponen Delphi Didukung Vanyak Third Party Software

Visual Component  Library (VCL) adalah komponen Delphi yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Pascal. Fungsi VCL adalah sebagai komponen visual yang menyusun objek-objek yang ada pada worksheet, perangkat lunak pengolah data milik Microsoft Windows.

Keberadaan objek-objek ini berguna untuk mengubah data yang Anda inginkan. Data-data tersebut lalu disimpan dan tersusun dengan kode yang dibuat pada properti beserta fieldnya. 

Komponen Delphi berikutnya adalah FireMonkey. Dengan komponen ini, Anda dapat mendesain single user interface yang bisa digunakan di Mac OS dan Microsoft Windows. Selain itu, FireMonkey juga mendukung 2D dan 3D grafik models, dengan berbagai efek dan flexibility.

BACA JUGA: Apa Itu Javascript? Pengertian, Fungsi hingga Contohnya

Kekurangan Delphi

Semua kelebihan di atas bukan berarti bahwa Delphi adalah bahasa pemrograman tanpa cela. Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, Delphi juga memiliki kekurangan yang dapat menjadi bahan pertimbangan. Beberapa kekurangan Delphi adalah sebagai berikut:

1. Kompatibilitas Bahasa Buruk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Delphi adalah IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal. Dalam praktiknya, pemakaian bahasa Pascal ini membatasi akses ke platform dan library milik third party.

Hal ini dapat terjadi karena agar bisa digunakan, file-file headernya harus diterjemahkan terlebih dahulu ke bahasa Pascal.

2. Tidak Dapat Berjalan pada OS  yang Tidak Didukung

Saat membuat perangkat lunak, Anda perlu menentukan market OS yang akan dituju terlebih dahulu: Mac OS, Microsoft Windows, iOS, atau Android.

Setelah menentukan market yang dituju, kode-kode Delphi tidak dapat berjalan di sistem operasi lain. Jadi, diperlukan aplikasi alternatif yang bisa menjalankan kode-kode Delphi di OS lain, seperti:

  • Lazarus. Lazarus adalah sebuah cross platform IDE untuk membuat desain grafik rumit atau Rapid Application Development (RAD) berbasis Free Pascal.
  • Free Pascal, yakni sebuah compiler open source untuk bahasa Pascal yang dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, baik gadget komputer
  • GNU Pascal atau Pascal compiler. GNU Pascal tidak mempunyai limit serta membuat kode-kode yang telah disetting dengan cermat untuk semua sistem operasi. GNU Pascal ini dapat berjalan pada semua sistem operasi, seperti Mac OS X, Linux, Microsoft Windows, dan sebagainya.

3. Library dan Dokumentasi Platform Sulit Ditemukan di Pascal

Karena lebih banyak menggunakan bahasa pemrograman Python, C++, dan sebagainya, Anda akan kesulitan menemukan contoh library dan dokumentasi dari platform programmer lain dalam bahasa Pascal.

Contoh Penggunaan Bahasa Pemrograman Delphi

Ketika menggunakan bahasa pemrograman Delphi untuk membuat aplikasi, programmer dimudahkan dengan fitur drag and drop. Anda dapat memilih komponen yang akan dipakai, drag, dan drop di form yang telah disediakan. Mudah, bukan?

Namun, dalam beberapa kasus, Anda tetap harus menciptakan baris kode untuk aplikasinya.

Perhatikan contoh berikut:

Contoh Penggunaan Bahasa Pemrograman Delphi

Gambar di atas adalah contoh interface dari Delphi Community Edition. Versi ini dapat digunakan jika Anda hanya menggunakan Delphi untuk belajar atau membuat program sederhana.

Namun, jika Anda ingin membuat project dengan tujuan komersial, sebaiknya Anda membeli versi Pro. Mengingat, ada beberapa fitur yang tidak disediakan oleh versi Delphi Community Edition.

BACA JUGA: Pemrograman C++: Definisi, Cara Kerja, hingga Contohnya

Belajar Delphi Sederhana

Delphi adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diketik berdasarkan Object Pascal yang mendukung pemrograman berorientasi objek. Delphi juga dapat menggabungkan kode yang ditulis dalam bahasa assembly dan bahasa tingkat rendah lainnya. Karena ini, secara tidak langsung Delphi memiliki akses ke perangkat keras mesin.

Pada bagian ini, Rumahweb akan mengajak Anda untuk belajar menggunakan Delphi untuk project sederhana, yakni program untuk membuat bentuk diamond. Di bawah ini merupakan beberapa ketentuan program:

  1. Membuat judul program “Mencetak Diamond 1/2”.
  2. Membuat nama input dan keterangan dengan tulisan “Masukkan angka”.
  3. Membuat listbox yang fungsinya menampilkan hasil input.
  4. Membuat 3 button dengan tulisan “Check”, ”Clear”, ”Exit”.

Tampilan Form:

Tampilan Form Mencetak Diamond

Listing program berdasarkan objek:

  • Button Check
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

var a,b,c: integer;

bintang : string;

begin

bintang := ‘*’;

b := StrToInt (Edit1.Text);

for a:= 0 to b do

begin

ListBox1.Items.Add (bintang);

bintang := bintang + ‘*’;

end;

for a:= b downto 0 do

begin

bintang := ”;

for c:= 0 to a do

begin

bintang := bintang + ‘*’;

end;

ListBox1.Items.Add (bintang);

end;

end;
  • Button Clear
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);

begin

ListBox1.Clear;

Edit1.Clear;

end;
  • Button Exit
procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);

begin

Application.Terminate;

end;

end.

Berikut contoh output programnya:

Output program dalam mencetak diamond

Delphi adalah IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal serta lingkungan pengembangan software yang dipakai untuk mendesain suatu program. Demikian artikel Rumahweb Indonesia tentang pengertian Delphi, fungsi, kelebihan, hingga contohnya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.