Rumahweb Blog
Apa Itu Dark Web Pengertian, Cara Masuk, dan Bahayanya

Apa itu Dark Web? Pengertian, Cara Masuk dan Bahayanya

Apakah Anda pernah mendengar istilah dark web? Sederhananya, dark web adalah lapisan terdalam internet berisi informasi rahasia dan ilegal. Simak pembahasan lengkap tentang dark web bahaya, hingga cara masuknya berikut ini!

Web Visibility

Internet yang Anda akses setiap harinya, dapat dibagi menjadi tiga lapisan, yakni surface web, deep web, dan dark web.

1. Surface web

Surface web adalah lapisan teratas internet. Sebagian besar pengguna internet berada pada lapisan ini untuk melakukan aktivitas seperti browsing, memutar video di YouTube, menonton film, dan sebagainya.

Meskipun sebagian besar aktivitas internet terjadi pada lapisan ini, namun faktanya surface web hanya berisi 4-10% informasi yang disimpan Internet.

2. deep web.

Lapisan kedua adalah deep web. Lapisan ini terdiri atas sekitar 90% informasi yang ada di Internet. Biasanya deep web berupa server lokal internal suatu perusahaan, chat, laporan e-banking, catatan kesehatan, dan sebagainya, yang memang tidak bisa dibaca dan ditemukan oleh mesin pencari seperti Google.

3. dark web

Lapisan ketiga disebut dengan dark web. Lapisan inilah yang akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini. Singkatnya, dark web adalah bagian terkecil dari deep web dan merupakan lapisan terdalam internet.

Apa Itu Dark Web

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dark web adalah lapisan terdalam internet yang berisi informasi paling rahasia, sehingga untuk bisa mengaksesnya Anda harus menggunakan tools khusus.

Tidak hanya informasi rahasia, Anda juga bisa dengan mudah menemukan informasi ilegal seperti penjualan senjata api, narkoba, pornografi, hingga hasil pencurian data keuangan ataupun segala informasi berharga lainnya.

Meskipun dark web lebih banyak banyak menyimpan konten ilegal seperti yang sudah dijelaskan di atas, namun dark web bukanlah bagian dari internet yang ilegal. Pada awalnya, tujuan diciptakannya lapisan terdalam internet ini adalah untuk anonimitas penggunanya. 

Bahaya Dark Web

Salah satu pertanyaan yang banyak terlintas mengenai dark web adalah, apakah dark web berbahaya? Jawabannya adalah ya dan tidak.

Dark web akan berbahaya apabila diakses tanpa tujuan yang jelas, atau hanya sekedar iseng dan ingin mencoba. Risiko yang dapat terjadi ketika berada di dark web adalah munculnya serangan malware pada komputer.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat terancam masuk penjara jika sampai menyalahgunakan informasi yang didapat dari lapisan terdalam internet ini. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengambil file, download gambar atau video, serta melakukan transaksi apapun untuk menjaga keamanan.

Baca juga artikel : Cara Menjadi Hacker Untuk Kelas Pemula

Cara Masuk ke Dark Web

Sebagai lapisan terdalam di Internet, Anda tidak dapat dengan mudah mengunjungi dark web. Ada beberapa upaya yang harus dilakukan, salah satunya menggunakan browser khusus.

Anda tidak bisa menggunakan browser yang umum digunakan seperti Google Chrome, Safari, ataupun Mozilla Firefox. Salah satu browser yang direkomendasikan adalah TOR (the onion router). TOR merupakan browser yang dapat menjaga privasi pengguna, menyembunyikan alamat IP pengguna, dan melakukan upaya anonimitas lainnya.

Langkah untuk mengunjungi dark web adalah sebagai berikut:

  1. Install virtual box di komputer. Dalam virtual box tersebut, silakan install OS baru yang akan digunakan ketika mengunjungi dark web. Sebagian besar pengguna internet menyarankan OS Tails, yang merupakan pengembangan Linux, karena dikenal memiliki keamanan dan kerahasiaan yang baik.

    Pastikan tidak ada sharing file antara OS main komputer dengan OS di dalam virtual box. Hal ini adalah salah satu upaya pencegahan jika OS di virtual box terserang virus, maka tidak sampai merusak main OS komputer Anda. 
  2. Pastikan komputer Anda sudah menggunakan antivirus terupdate, sehingga menjamin keamanan dari serangan malware
  3. Tutup webcam menggunakan solasi, kertas, atau semacamnya, untuk mengantisipasi tindakan penyadapan yang mungkin menyerang Anda.
  4. Install browser TOR pada OS di dalam virtual box.
  5. Gunakan VPN untuk melindungi data pribadi Anda. 
  6. Pastikan Anda sudah merencanakan apa saja yang akan dilakukan di dark web. Misalnya, berkunjung ke salah satu situs yang sudah dijamin keamanannya, dan tidak berpindah ke situs yang lain. Hal ini adalah salah satu upaya untuk meminimalisir serangan malware dan hacker
  7. Bila sudah selesai, Anda dapat menghapus OS yang berada dalam virtual box tersebut. 

Penutup

Kesimpulannya, dark web adalah lapisan terdalam internet yang berisi informasi yang bersifat sangat rahasia. Untuk mengakses dark web memerlukan browser khusus seperti TOR dan perlu persiapan khusus supaya terhindar dari potensi serangan malware dan virus. 

Tingkat bahaya yang bisa terjadi di dark web tergantung masing-masing pengguna, seperti aktivitas yang dilakukan, seberapa besar pemahaman tentang Internet, dan langkah-langkah antisipasi yang dilakukan.

Sehubungan dengan keamanan, Rumahweb memiliki layanan Naga Cyber Defence, yang dapat membantu melindungi perangkat dari serangan virus, malware dan berbagai ancaman terbaru dengan respon lebih cepat dari antivirus biasa.

Demikianlah penjelasan kami tentang apa itu dark web, bahaya, hingga cara masuknya. Jangan lupa, gunakanlah semua informasi yang ada di internet dengan bijak!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Anggit Puguh