Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Customer Value adalah - engertian dan Contohnya

Apa itu Customer Value? Pengertian dan Contohnya

Sebagai pelaku bisnis, sudah semestinya Anda memahami apa yang dimaksud dengan customer value. Singkatnya, customer value adalah semua manfaat yang dirasakan oleh pelanggan, baik yang tampak maupun tidak tampak.

Jika saat ini Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, maka Anda perlu memahami lebih jauh mengenai customer value, bagaimana cara mengukur customer value, tips mengembangkan customer value, hingga apa saja contoh customer value.

Customer value penting dipahami agar pelaku bisnis dapat merumuskan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Hal ini juga akan berdampak pada kesuksesan bisnis Anda. Simak penjelasan lengkap customer value dari Rumahweb Indonesia berikut ini!

Apa Itu Customer Value?

Customer value adalah nilai, manfaat, atau kepuasan yang dirasakan, atau diharapkan akan dirasakan, oleh pelanggan dari tindakan tertentu. Tindakan ini bisa berupa pembelian, pendaftaran, voting, atau kunjungan.

Pelanggan harus mengeluarkan “biaya” agar dapat merasakan manfaat atau kepuasan tersebut. Biaya yang dimaksud tidak hanya berupa uang, tetapi juga bisa berbentuk data atau waktu.

Customer value adalah perpaduan antara manfaat fungsional dan emosional. Ketika suatu produk dapat memunculkan dua manfaat tersebut secara maksimal, maka produk tersebut berpotensi menjadi produk sukses dan kuat di pasaran.

Apapun jenis usaha dan model bisnisnya, pelaku bisnis harus memahami konsep customer value, supaya dapat diterapkan pada produk yang diproduksi.

Customer value adalah aspek penting yang perlu dikembangkan oleh pelaku usaha. Hal ini karena customer value juga dapat memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk yang dibeli.

Semakin tinggi manfaat yang diperoleh pelanggan, maka akan semakin tinggi tingkat kepuasannya. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah manfaat yang diperoleh, semakin tidak puas pelanggan, dan kemungkinan besar mereka tidak akan kembali membeli produk Anda.

Baca juga artikel : Customer Lifetime Value: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Mengukur Customer Value

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengukur customer value. Salah satu rumus yang bisa digunakan untuk mengukur customer value adalah sebagai berikut:

Customer Value (CV) = Manfaat - Harga

Dari rumus tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin besar manfaat yang diraih konsumen dengan harga yang sama, maka akan semakin besar pula customer value-nya. Dengan demikian, Anda tidak harus melakukan perang harga, yang seringkali membuat keuntungan yang diperoleh menjadi lebih rendah.

Dengan rumus di atas, Anda dapat menaikkan nilai produk jika ingin menawarkan produk yang sama dengan kompetitor. Terlebih, jika kompetitor sudah dikenal luas di bidangnya dan memiliki reputasi tinggi di mata pelanggan maupun calon pelanggan.

Tips Mengembangkan Customer Value

Ada beberapa langkah yang dapat Anda praktikkan untuk mengembangkan customer value. Beberapa tips mengembangan customer value adalah:

1. Memaksimalkan Pelayanan

Meski terdengar klise, namun melakukan pelayanan terbaik untuk pelanggan bisa membantu mengembangkan customer value. Tanpa pelayanan yang berkualitas, produk dan strategi pemasaran yang sudah Anda rancang akan sia-sia.

Tunjukkan kepada konsumen bahwa uang yang telah mereka keluarkan untuk membeli produk Anda akan berbuah keuntungan yang maksimal.

2. Meminta Kritik dan Saran dari Pelanggan

Seberapa baik Anda menciptakan suatu produk, tanpa masukan dari konsumen? Anda tentu akan kesulitan dalam menemukan hal-hal yang memang dibutuhkan oleh konsumen tersebut.

Siapa lagi yang lebih tahu atas kebutuhan konsumen daripada konsumen itu sendiri? Dengan mendengarkan kebutuhan mereka, Anda akan memiliki bahan pertimbangan dalam memproduksi barang atau layanan yang tepat, sesuai target konsumen Anda. Hal ini juga akan memengaruhi customer value.

3. Membantu Target Konsumen Memahami Nilai-nilai dalam Produk Anda

Suatu produk, baik barang maupun jasa, tentu telah diciptakan melalui berbagai tahapan. Mulai dari penetapan visi misi dan tujuan, melihat celah di kompetisi pasar, hingga melihat kebutuhan konsumen.

Semua hal tersebut penting untuk diketahui oleh calon konsumen, untuk dapat membantu mereka mengetahui apa kelebihan produk Anda dibanding dengan produk dari kompetitor lain.

4. Menciptakan Keunikan Produk

Mampu menciptakan terobosan terbaru bukan akhir dari perjalanan sebuah bisnis. Saat Anda mampu menciptakan produk yang baru, para kompetitor pasti akan berlomba-lomba mencari celah agar dapat memenangkan persaingan dagang dengan Anda.

Oleh karena itu, cobalah untuk terus merancang ide baru yang nantinya bisa dikembangkan menjadi unique selling point (USP) dan nilai baru produk Anda, sebelum kompetitor mendahului. Biasanya, USP bisa didapatkan dengan mendengar masukan dari pelanggan.

5. Melakukan Branding

Customer value akan selalu beriringan dengan branding. Artinya, branding yang kuat akan membuat customer value meningkat.

Jika Anda berhasil melakukan branding dengan baik, besar kemungkinan pelanggan akan merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Hal ini juga akan menciptakan persepsi konsumen terhadap brand yang Anda bangun.

Contoh Customer Value

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, customer value adalah gabungan antara manfaat fungsional dan emosional yang dirasakan konsumen. Contoh customer value misalnya seperti yang banyak dirasakan para pengguna produk Apple, salah satunya iPhone.

Pengguna iPhone tidak hanya dapat merasakan manfaat dari iPhone sebagai ponsel. Mereka juga akan mendapat manfaat dari sisi emosional, misalnya perasaan bangga, ingin menunjukkan status ekonomi, dan lain sebagainya.

Berikut tadi penjelasan mengenai customer value dari Rumahweb. Sekali lagi, customer value adalah aspek penting yang perlu dipahami oleh setiap pelaku bisnis. Jadi, jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, pastikan Anda memahami dengan baik aspek ini, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents