Rumahweb Blog
banner artikel - Arti CPU adalah - Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa Itu CPU? Arti, Fungsi, dan Cara Kerjanya

CPU adalah pusat kendali yang menjadi komponen penting di seti41% ap teknologi yang memerlukan proses I/O (Input-Output). CPU memiliki fungsi untuk memproses perintah agar dapat berjalan sesuai dengan tugasnya. Lalu, apa sebenarnya arti CPU?

Hampir semua unit yang memproses data dan kendali untuk dirinya atau perangkat lain memerlukan CPU. Dengan kata lain, CPU pasti ada di setiap perangkat cerdas, seperti smartphone, tablet, hingga PC.

Awalnya, CPU dibuat untuk menunjang kalkulator elektronik Busicom dan Intel tahun 1965, dengan dasar arsitektur Olivetti Programma 101.

Seiring berjalannya waktu, Busicom berinisiatif membuat processor sendiri yang terintegrasi dengan solid-state shift registers pada memori penyimpanannya. Hal ini dapat membuat harga processor lebih murah jika dibandingkan dengan arsitektur 101 yang menggunakan kabel magnetostriksi.

Model pertama CPU yang resmi lahir adalah model 4004, yang dikembangkan dan dirilis oleh Intel pada tahun 1971. CPU pertama ini adalah CPU jenis mikroprosesor yang  dapat mengeksekusi sekitar 92.000 instruksi per detik dengan 1x siklus, dengan instruksi 10.8 mikrodetik.

Dari penjelasan singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa CPU adalah salah satu komponen penting yang harus ada dalam sebuah perangkat, baik di smartphone hingga laptop/PC. Pada artikel ini, kami akan membahas arti CPU, fungsi, hingga cara kerjanya.

Arti CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit, yakni inti perangkat yang bertugas menerima instruksi dan mengelola data, seperti yang berasal dari ALU dan I/O. Semakin banyak dan cepat pekerjaan multitasking yang dikehendaki, semakin besar core dan cache yang dibutuhkan. Mengapa demikian?

Jumlah core pada CPU dapat memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Sederhananya, semakin banyaknya core, akan semakin andal perangkat yang Anda miliki. Di tahun 2022, salah satu CPU yang dinilai paling cepat adalah CPU Intel Core i9-12900K dengan 16 Core/inti processor

Dapat dibayangkan jika Anda menggunakan processor ini. Tentu semua proses yang berjalan di komputer akan menjadi lebih cepat, dan hampir tidak ada waktu tunggu hingga program benar-benar terbuka di layar komputer.

Fungsi dan Cara Kerja CPU

Tujuan dari setiap perangkat yang menggunakan CPU adalah untuk melakukan beberapa aktivitas pemrosesan data dengan lebih cepat dan lancar. Peran CPU adalah untuk melakukan fungsi mengambil, mendecode, dan menjalankan perintah program yang diminta pengguna.

Fungsi yang disebutkan sebelumnya pada CPU adalah siklus instruksi yang juga mencakup cara kerja CPU secara garis besar.

Berikut beberapa fungsi sekaligus cara kerja CPU secara garis besar:

1. Mengambil Perintah

Fungsi pertama dari CPU adalah mengambil instruksi dan memproses perintah yang biasanya berasal dari memory atau RAM. CPU memiliki area calculating program, yang berfungsi sebagai penanda. Area calculating program ini akan memberitahu processor untuk memulai memproses data hingga berakhirnya kalkulasi data.

2. Mendecode

Fungsi decode dalam CPU adalah proses pemecahan kode. Proses decoding memungkinkan CPU menentukan perintah mana yang harus dilakukan, agar CPU dapat mengetahui berapa banyak antrian yang perlu diambil, untuk kemudian mengeksekusi perintah tersebut. 

3. Menjalankan

Fungsi terakhir di CPU adalah proses eksekusi CPU dengan mengirimkan perintah yang diterjemahkan sebagai satu set sinyal kontrol ke komponen komputer yang sesuai.

Contohnya, CPU dapat melakukan perintah yang melibatkan ALU, atau aritmatika atau logika. Hal ini adalah satu-satunya tahap siklus instruksi yang berguna dari sudut pandang pengguna. 

Lalu apa itu ALU atau dikenal sebagai Unit Logika Aritmatika? ALU adalah sirkuit digital di dalam processor yang menangani operasi aritmatika dan logika dengan memuat data dari register input.

Setelah unit kontrol memberikan perintah kepada ALU tentang operasi apa yang harus dilakukan, ALU akan menyelesaikannya dengan menghubungkan beberapa transistor. Selanjutnya, ALU akan menyimpan hasilnya dalam register output/keluaran.

Unit kontrol kemudian akan memindahkan data ini ke memori. Agar berfungsi dengan baik, CPU bergantung pada memori, penyimpanan sekunder, dan data bus.

Artinya, cara kerja CPU dapat disederhanakan sebagai berikut: Data dan/atau perintah yang dimasukkan ke processing-devices, pertama kali diletakkan di RAM (melalui Input-storage). Perintah ditampung oleh Control Unit di Program-storage, sedangkan data ditampung di Working-storage.

Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, Control Unit akan mengambil perintah dari Program-storage untuk ditampung ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisi perintah tersebut ditampung di Program Counter

Di sisi lain, data akan diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register).

Jika berdasarkan perintah pengerjaan yang dilakukan adalah aritmatika dan logika, ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasarkan perintah yang ditetapkan. Hasilnya kemudian ditampung di Accumulator. 

Setelah hasil pengolahan selesai, Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.

Sedangkan jika pengerjaan selesai, Control Unit akan mengambil hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Selanjutnya hasil pengolahan akan ditampilkan dari output-storage ke output-devices.

CPU pada Hosting

Teknologi CPU pada Hosting sedikit berbeda dari CPU PC biasa yang sering Anda jumpai. Perbedaan utama yang akan Anda temui dari kedua jenis CPU adalah CPU CPU Hosting menggunakan standar CPU Server.

CPU Hosting memiliki standar minimal 16 core yang menjamin kelancaran user dalam mengakses dan mengelola data di dalamnya. Core di CPU ini dapat dipecah menjadi beberapa bagian kecil untuk dijadikan virtual server. Jumlah core yang dialokasikan oleh provider hosting dapat bervariasi, tergantung paket layanan.

Rumahweb menggunakan CPU termutakhir dan andal untuk menjamin kelancaran akses pelanggan dalam mengelola website tanpa khawatir akan potensi error.

Anda dapat menentukan pilihan paket hosting sesuai CPU yang dibutuhkan pada layanan shared hosting. Jika Anda ingin jaminan performa yang lebih baik, kami menyarankan ANda untuk menggunakan layanan cloud hosting.

Kesimpulan

CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit, yang merupakan komponen penting pada perangkat pintar seperti PC, smartphone, bahkan server hosting tempat Anda mengelola website.

CPU memiliki beberapa fungsi, seperti mengambil perintah, mendecode perintah hingga menjalankan perintah sesuai dengan program yang dijalankan.

Itulah artikel dari Rumahweb mengenai arti CPU, fungsi, dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Fredric Lesomar

banner Pop Up - Hosting 99K