Rumahweb Blog
Banner - Control Panel Hosting Adalah

Control Panel: Pengertian, Fungsi, hingga Contohnya

Dalam setiap pengembangan alat dan sistem, terdapat fitur kontrol yang berfungsi untuk mengatur atau menyesuaikan setiap komponen yang diperlukan. Control panel adalah fitur yang dapat membantu Anda dalam mengelola setiap layanan yang dimiliki, salah satu contohnya adalah control panel hosting.

Control panel hosting adalah aplikasi web yang digunakan untuk mengelola berbagai aspek dari hosting atau server secara grafis dan intuitif. Selain itu, control panel hosting memiliki interface yang mudah digunakan.

Interface ini dapat digunakan untuk mengatur konfigurasi server, manajemen file, database, hingga email. Control panel juga dapat digunakan untuk mengatur DNS, memantau sumber daya, dan masih banyak lagi.

Pada control panel sebuah aplikasi, secara penuh menerapkan sistem digital, bisa berbasis web, desktop atau aplikasi mobile tergantung pada kebutuhan sistemnya. Mari simak lebih lanjut artikel ini mengenai pengertian, fungsi, hingga contoh dari Control Panel!

Apa itu control panel?

Untuk mempermudah pengelolaan server, diperlukan aplikasi manajemen server dengan interface grafis bernama control panel. Secara umum, fitur utama control panel adalah sebagai file manager, manajemen database, DNS, dan email. Interface control panel dapat diakses secara online melalui web browser atau aplikasi desktop, jika ada.

Control panel hosting dapat dibagi menjadi dua tipe billing, yakni gratis dan berbayar. Tentu saja, control panel berbayar memiliki tambahan fitur yang lebih lengkap.

Salah satu control panel yang populer digunakan adalah cPanel. Control panel ini menawarkan fitur lengkap untuk mempermudah Anda dalam menjalankan dan mengelola hosting atau server website.

Secara khusus, control panel sangat dibutuhkan bagi kebanyakan orang karena selain memudahkan Anda seperti adanya tampilan GUI berbasis web, juga lebih praktis daripada Anda harus menjalankan suatu aktivitas hanya melalui command shell.

Fungsi control panel pada hosting

Control panel hosting memiliki berbagai menu dengan fungsi masing-masing. Mulai dari instalasi web, konfigurasi DNS Zone, dan masih banyak lagi. 

1. Mengelola Email

Fungsi pengelolaan email akan memudahkan Anda sebagai pemula. Jadi, Anda dapat membuat akun email baru menggunakan nama domain sendiri, tanpa harus menginstall mail servernya sendiri.

2. Pengelolaan Web

Web Management atau pengelolaan web juga membuat Anda dapat mengatur data web seperti melalui File Manager dan Domain. Bahkan, pemula pun bisa mengupload, edit dan update file website dengan mudah.

3. Pengelolaan Database

Pengelolaan database telah disediakan melalui menu phpMyAdmin dan MySQL Database. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah melakukan  import/export, membuat user dan password, hingga editing query database jika diperlukan.

4. One Click Installations

Singkatnya, One Click Installations membuat proses instalasi menjadi lebih cepat dan mudah. Jadi, Anda dapat menginstall langsung, tanpa harus mendownload resource aplikasi dan menguploadnya secara manual melalui File Manager.

Pada intinya, control panel berperan penting dalam sebuah layanan yang akan digunakan. Tanpa control panel, Anda sendiri tidak dapat mengoperasikan suatu sistem dengan optimal. 

Rumahweb menawarkan control panel pada semua layanan hosting. Untuk saat ini, Rumahweb hanya menggunakan cPanel sebagai control panel semua layanan hosting kami. Namun sebelumnya, kami sempat menggunakan Plesk Panel untuk layanan WordPress hosting. Karena beberapa alasan, kami memutuskan untuk menggunakan cPanel pada semua layanan hosting, termasuk WordPress Hosting yang baru.

Sedangkan pada layanan VPS KVM, Rumahweb menyediakan Virtualizor yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola layanan dengan fitur Start/Stop System, Reboot VPS, Rebuild, dan masih banyak lagi.

Contoh control panel hosting terbaik

Setelah mengetahui apa itu control panel beserta fungsinya, berikut Rumahweb telah merangkum beberapa contoh control panel hosting populer yang dapat menjadi referensi Anda!

cPanel

Contoh pertama control panel adalah cPanel, yang saat ini paling banyak digunakan oleh penyedia hosting di seluruh dunia. Ada banyak alasan mengapa cPanel menjadi control panel paling populer. Salah satunya karena cPanel memiliki fitur yang sangat lengkap.

BACA JUGA : cPanel vs Plesk. Mana Yang Lebih Baik?

Plesk

Pada dasarnya Plesk tidak memiliki banyak perbedaan dengan cPanel. Salah satu perbedaan paling menonjol terletak pada desain user interface Plesk yang cukup kompleks.

Plesk merupakan control panel hosting berbayar. Namun Anda masih dapat mencoba versi trialnya terlebih dahulu.

CyberPanel

CyberPanel adalah salah satu control panel berbasis open source yang memungkinkan siapapun berkontribusi dalam pengembangannya. Jadi, Anda dapat turut menemukan bugs, mendesain, hingga mengembangkan fitur di dalamnya.

CyberPanel menawarkan versi gratis dan berbayar. Meskipun demikian, versi gratis dari CyberPanel ini pun sudah sangat memadai.

DirectAdmin

Selain cPanel dan Plesk Panel, DirectAdmin adalah salah satu control panel berbasis Graphical User Interface (GUI) yang populer. DirectAdmin memiliki beberapa fitur standar, seperti fitur phpMyAdmin, SSL, SSH atau Terminal, Cron Jobs, hingga email.

Baca juga: DirectAdmin: Pengertian, Fitur, Kelebihan, dan Instalasinya 

VestaCP

VestaCP adalah control panel gratis yang bisa diinstal pada sistem operasi Linux dengan web server Apache atau Nginx. Control panel ini dapat berjalan dengan lancar pada server dengan spesifikasi minimal memori berkapasitas 512 MB dan storage 20 GB.

Virtualmin

Virtualmin adalah control panel dengan fitur lengkap yang dapat menjadi alternatif control panel berbayar, seperti cPanel dan Plesk.

Tidak terlalu berbeda dengan control lainnya, Virtualmin juga menyediakan versi gratis dengan lisensi GPL dan berbayar dengan series Professional. Virtualmin GPL memiliki lisensi open source dan bisa Anda gunakan dengan bebas tanpa membayar biaya lisensi, sedangkan Virtualmin Profesional lebih diuntungkan dari sisi prioritas support dan terdapat fitur-fitur tertentu juga yang bisa dimiliki ketika Anda menggunakan versi berbayarnya.

Baca juga: Control Panel VPS Gratis Yang Paling Populer – Rumahweb

Dari beberapa control panel hosting diatas apakah Anda sudah menentukan ingin menggunakan yang mana?

Control panel hosting di Rumahweb

Semua layanan hosting di Rumahweb saat ini menggunakan cPanel. Tidak hanya pada hosting, layanan email bisnis seperti Titan Mail, Alimail, Google Workspace, OX Mail hingga DirectMail juga dikelola melalui control panelnya. Anda akan diberikan akses khusus untuk mengelola email-email bisnis Anda.

Berikut adalah contoh tampilan control panel hosting di Rumahweb yaitu cPanel.

Selain control panel pada hosting, VPS, dan email bisnis, Rumahweb juga memiliki control panel utama yaitu Clientzone atau Member Area. Control panel ini dapat digunakan untuk melakukan pengaturan DNS Domain, domain protection, order domain atau hosting baru, hingga dapat melakukan deposit.

Berikut contoh tampilan control panel Clientzone Rumahweb.

Kesimpulan

Control panel hosting adalah alat bantu berbasis web yang membantu pengguna dalam mengelola hosting atau server dengan lebih mudah.

Pada control panel seperti cPanel, Plesk, dan lainnya, Anda dapat dengan mudah mengatur berbagai pengaturan seperti konfigurasi server, manajemen file, manajemen basis data, pengaturan DNS, manajemen email, pemantauan sumber daya, dan berbagai fitur lainnya.

Itulah artikel dari Rumahweb mengenai apa itu control panel, fungsi, contoh, hingga penjelasan control panel yang digunakan oleh Rumahweb. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Fredric Lesomar

banner Pop Up - Hosting 99K