Rumahweb Blog
banner artikel - Contoh Mind Mapping dengan Kreativitas Tinggi

Contoh Mind Mapping dengan Kreativitas Tinggi

Setelah memahami mind mapping secara umum, pada artikel kali kami akan memberikan contoh mind mapping. Dengan contoh ini, diharapkan Anda akan semakin paham tentang mind mapping sekaligus menginspirasi untuk mulai melakukan hal yang sama.

Mind mapping adalah teknik memetakan pikiran dengan cara mengolah atau menyusun informasi ke dalam bentuk grafis tertentu. Mind mapping akan mengoptimalkan kinerja otak, sehingga informasi yang telah dipetakan akan lebih mudah diingat dan dipahami.

Selain membantu memahami dan mengingat informasi, fungsi mind mapping adalah meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Selain itu, mind mapping juga membuat waktu lebih efisien serta meningkatkan ketelitian dalam menyusun dan mengolah informasi.

Mind mapping memiliki banyak jenis. Misalnya, tree map yang digunakan untuk mengkategorisasikan data. Bubble map untuk menjelaskan konsep sesederhana mungkin. Atau flow map yang digunakan untuk membuat rangkaian ide. Intinya, mind mapping dimulai dari sebuah topik utama, lalu dipecah menjadi data yang lebih detail.

Banyak contoh mind map yang bisa menjadi inspirasi, mulai dari yang bentuknya kreatif, simpel, hingga aesthetic. Anda bisa memanfaatkan berbagai model, grafis, hingga warna untuk menunjang pembuatan mind map kreatif. Pada artikel ini Rumahweb Indonesia memaparkan tentang contoh mind map yang menarik dan memiliki kreativitas tinggi!

Contoh Mind Mapping Aesthetic

Mind map dengan bentuk aesthetic ini bisa dibuat dengan berbagai aplikasi desain gratis seperti Canva. Contoh aesthetic di bawah ini menunjukkan penggunaan warna yang senada, serta desain cabang yang tidak monoton. Mind map ini tidak menggunakan font formal, yang menambah kesan aesthetic-nya.

Contoh - Sistem Pencernaan
sumber : pinterest.com

Contoh Mind Mapping Simpel

Jika Anda ingin fokus pada isi informasinya, mind map simpel adalah model yang cocok bagi Anda. Seperti contoh di bawah ini, tidak terlalu banyak warna yang digunakan. Selain itu, setiap cabang tidak memuat penjelasan, namun hanya kata kunci.

Mind Mapping simple
Sumber : pinterest.com

BACA JUGA : Tips Membuat Web Design yang Simple untuk Hasil yang Keren

Contoh Mind Mapping Kreatif

Bagi orang-orang dengan kreativitas tinggi, contoh berikut ini bisa menjadi pilihan. Tidak perlu aplikasi desain, mind mapping ini dibuat secara manual alias tulis tangan.

Meskipun dibuat manual, namun mind map tidak selalu berbentuk garis yang monoton. Anda bisa menggambar ranting bunga atau pohon untuk menjelaskan detail di setiap kategori informasi.

Contoh Mind Mapping Kreatif
source : stringandspace.com

Contoh Mind Mapping Unik

Ternyata, tak sedikit orang dengan kreativitas tinggi menghasilkan mind map yang unik. Penggunaan gambar, warna, dan penjelasan yang unik tentu dapat lebih menarik perhatian Meski penjelasannya terlihat beragam, tapi dengan desain yang unik, mind map ini terlihat keren dan tidak membingungkan.

Contoh Mind Mapping Unik
source : stringandspace.com

Contoh Mind Mapping Cantik

Contoh satu ini juga tak kalah kreatif. Alih-alih 2 dimensi, contoh berikut ini menggunakan 3 dimensi. Anda hanya perlu menempelkan kategori informasi pada sebuah bidang seperti kertas. Anda juga menambahkan ornamen sebagai penunjang penjelasan. Cantik, bukan?

Mind Mapp Cantik
source : pinterest.com

Contoh Mind Mapping Lucu

Contoh di bawah ini juga banyak disenangi, terutama ketika membahas informasi ringan. Anda bisa memainkan banyak warna agar mind map yang dibuat terlihat menarik. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gambar-gambar lucu, seperti kucing yang bersembunyi di balik bubble atau kotak penjelasan.

Mind Map Lucu
source : pinterest.com

Dari contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa kreativitas memang dibutuhkan dalam membuat mind map. Semakin kreatif Anda, semakin menarik pula mind map yang dibuat. Namun, Anda juga tetap bisa membuat mind map yang sederhana.

BACA JUGA: Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps

Dari berbagai contoh di atas, ada satu hal yang perlu Anda ingat. Mind mapping bertujuan untuk mengolah informasi agar mudah diingat dan dipahami. Jadi, apapun bentuk mind mapnya, pastikan Anda atau orang lain dapat memahaminya dengan mudah, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing