Rumahweb Blog
Hayo Siapa yang Tahu Cloud itu Apa #1?

Hayo Siapa yang Tahu Cloud itu Apa #1?

Cloud Computing
Cloud – Apaan sih? Ciyus?

Sebagai hosting provider kami sering sekali mendapatkan pertanyaan :
“Apakah Rumahweb menyediakan cloud?” hmm .. susah dijawab
“Mas mas, bisa beli Cloud disini?” kayaknya nggak usah beli, ambil aja di langit
“Yuk kita nge-cloud dulu” ternyata si Pengki ngajakin ngerokok diluar
“Cloudnuwuuun … “ ealah, ternyata ada tamu
“Sono Cloud aja deh lu!” (sono kelaut aja deh lu! – red)

Jadi cloud itu apa?
Saya sendiri 2 tahun mengikuti seminar tentang cloud, lalu menjadi Certified Cloud Engineer baru ngerti cloud itu apa. Menjelaskan secara deskriptif juga masih susah.

Pakai PDKT Saja
Bukan dosen, bukan trainer, bukan pula kategori ahli, tapi kadang PDKT (baca: pendekatan – red) lebih manjur untuk menjelaskan sesuatu yang tidak bisa dilihat. Seperti halnya cinta … halah.
Jadi menurut saya pribadi (sekali lagi ini pengertian yang ada dikepala saya, terserah kepala orang lain :D), sebuah sistem bisa dikatakan cloud apabila :

  1. Off Premise
  2. Off-Premise itu artinya tidak ada perangkat di lokasi (premise) user, kecuali perangkat akses. Misalkan Anda ingin punya email, Anda tidak harus memiliki mail server sendiri yang dipasang di kantor.

  3. On Demand
  4. Mungkin lebih enak disebut serba instan. Mau punya website nggak usah beli server, diinstalin web server, lalu membuat website. Tinggal buat desainnya, lalu sewa domain dan hosting di Rumahweb, websitenya langsung bisa online 5 menit kemudian.
    Kembali ke konsep on demand, layanannya bisa digunakan secepatnya seketika Anda punya kebutuhan untuk menggunakannya.

Nah, udah mulai kelihatan gambarannya kan? Jadi cloud itu sebenarnya barang jadul (minimal kita sudah pakai sejak kenal internet), tapi namanya baru.

Cloud itu juga nggak mesti berbentuk layanan server virtual seperti yang dimiliki oleh Amazon AWS (EC2) atau Rackspace. Bahkan sesimpel email kita di Gmail-pun sudah bisa disebut cloud, atau layanan cloud untuk penyimpanan file seperti Dropbox dan lain-lain.

Masih penasaran? Tunggu tulisan berikutnya!

adminisasi