Rumahweb Blog
Banner - Cara Merekam Layar Laptop

Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Ribet

Di era serba online saat ini, banyak interaksi yang mulai beralih ke dunia maya, beraktivitas di depan layar bukanlah hal yang asing lagi. Karena itu, Anda perlu tahu cara merekam layar laptop agar dapat mendokumentasikan bahkan membagikan aktivitas sehari-hari.

Saat ingin memberikan tutorial tertentu, melakukan stream game, atau bahkan untuk memenuhi tugas sekolah atau kuliah, merekam layar laptop tentu sangat bisa diandalkan. Hal ini dianggap lebih efisien dan mampu menghasilkan video yang lebih jelas untuk dibagikan.

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang tersedia untuk memudahkan Anda dalam merekam layar laptop. Apa saja aplikasinya?

Daftar Aplikasi yang Bisa Digunakan

Sebelum masuk ke pembahasan cara merekam layar laptop, tentu Anda perlu tahu aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan perekaman layar ini. Berikut kami rangkum lima aplikasi rekomendasi yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar laptop.

1. Filmora Screen

Cara Merekam Layar Laptop dengan Filmora Screen

Filmora Screen disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi untuk merekam layar PC yang terbaik, karena menawarkan fungsi beragam. Mulai dari menangkap aktivitas di layar komputer, kamera web, hingga audio.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk mengedit rekaman video yang sudah direkam. Sangat menarik, bukan?

2. Icecream Screen Recorder

Cara Merekam Layar Laptop dengan Icecream Screen Recorder

Aplikasi satu ini juga menjadi andalan, terutama bagi streamer yang ingin merekam layar PC atau laptop secara keseluruhan maupun bagian layar tertentu saja. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna Windows, Mac, serta Android.

Hal menarik lain dari aplikasi ini adalah adanya fitur shortcut seperti Stop, Pause, dan Record. Dengan begitu, proses merekam layar pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Ukuran Icecream Screen Recorder ini juga terbilang ringan, sehingga tidak akan membebani memori perangkat Anda.

3. OBS Studio

OBS Studio

Fitur screen recorder membuat aplikasi ini cukup populer. Layanan yang ditawarkan pun bisa diakses secara gratis. Tak hanya itu, hasil rekamannya memiliki kualitas yang tinggi, sehingga anda bisa mendapatkan file rekaman yang apik.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, OBS Studio juga bisa merekam area layar tertentu. Juga terdapat mixer audio sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih. Pengguna juga dapat mempelajari berbagai shortcut yang disediakan oleh OBS Studio. 

4. VLC Media Player

VLC Media Player

VLC Media Player selama ini dikenal sebagai aplikasi untuk memutar multimedia. Sebagian besar pengguna laptop atau PC, pasti memiliki aplikasi ini dan menggunakannya untuk menonton.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata VLC juga bisa dimanfaatkan untuk merekam layar laptop? Hal ini tentu sangat membantu, karena Anda tidak perlu lagi repot-repot mendownload aplikasi baru.

5. Free Cam

Free Cam

Dengan fitur editor video dan audio, aplikasi satu ini mampu menghasilkan rekaman layar yang optimal. Resolusi yang dihasilkan pun sangat tinggi. Tampilan antarmuka Free Cam juga sangat menarik dan mudah digunakan.

Selain gratis, aplikasi ini bebas dari iklan dan watermark yang biasanya dibubuhkan pada hasil rekaman layar. Fitur lain yang tak kalah menarik adalah Anda bisa langsung membagikan hasil rekaman layar ke YouTube.

Cara Merekam Layar Laptop

Cara merekam layar laptop tidaklah sulit, apalagi dengan bantuan aplikasi-aplikasi di atas. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memiliki salah satu dari aplikasi tersebut di PC atau laptop. Berikutnya, Anda bisa mengikuti cara merekam layar laptop sesuai dengan arahan dari aplikasi yang digunakan.

Kali ini, Rumahweb akan memberikan panduan cara merekam layar laptop di beberapa aplikasi. Silahkan disimak!

1. Free Cam

Cara merekam layar laptop menggunakan aplikasi ini cukup mudah, dengan fitur yang cukup lengkap. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Free Cam melalui tautan ini https://www.freescreenrecording.com lalu install di PC atau laptop.
  • Buka aplikasi.
  • Klik tombol New Recording untuk membuat rekaman baru.
  • Pilih bagian layar yang ingin direkam, bisa keseluruhan atau area tertentu saja.
  • Klik Start Recording untuk mulai merekam.
  • Klik Done untuk menyelesaikan rekaman.

2. VLC Media Player

Anda kemungkinan besar sudah memiliki aplikasi satu ini di laptop atau PC. Tapi jarang ada yang mengetahui fungsi lain dari aplikasi ini, yakni untuk merekam layar. Berikut cara merekam layar laptop menggunakan aplikasi VLC.

  • Buka aplikasi VLC.
  • Klik Media di pojok kiri atas.
  • Klik menu Open Capture Device > cari Capture Mode.
  • Klik Desktop.
  • Klik tanda panah ke bawah di samping menu tombol Play > pilih Convert.
  • Atur lokasi penyimpanan file rekaman.
  • Klik Start untuk mulai merekam.
  • Jika sudah selesai, klik Stop Recording.

Kehadiran aplikasi untuk merekam layar laptop seperti ini tentu akan sangat membantu Anda untuk mendokumentasikan dan membagikan aktivitas sehari-hari. Baca juga artikel cara merekam layar laptop di Windows dan Mac berikut!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing